Ada 4 Makanan Indonesia dalam Daftar Street Food Terbaik Asia

Ada 4 Makanan Indonesia dalam Daftar Street Food Terbaik Asia
info gambar utama

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman budayanya, termasuk budaya kuliner. Berbagai jenis makanan dengan bahan, rasa, dan tampilan yang berbeda-beda dapat ditemui dari Sabang sampai Merauke.

Kelezatan makanan Indonesia pun tidak perlu diragukan lagi. Ini bukan sekadar klaim dari orang Indonesia sendiri, namun masyarakat mancanegara pun mengakuinya.

Sudah beberapa kali kelezatan makanan Indonesia mendapat pengakuan dari luar negeri. Misalnya, CNN pernah memasukkan 3 makanan Indonesia ke dalam daftar World's 50 best foods 2017. Kemudian pada 2021, CNN kembali menyertakan rendang ke dalam daftar tersebut yang diperbarui pada 2021.

Di tahun 2022 ini, CNN lagi-lagi membuat daftar makanan terlezat dan makanan Indonesia ada di dalamnya. Kali ini, CNN merilis daftar 50 street food terbaik di Asia dan ada empat makanan Indonesia di dalam daftar tersebut.

Apa saja makanan tersebut?

Pertama adalah gado-gado. Masyarakat Indonesia tentu akrab dengan makanan dari sayuran rebus yang disajikan dengan saus kacang satu ini.

Gado-gado

Gado-gado biasa ditemukan mulai dari lapak pinggir jalan hingga di restoran. Biasanya, gado-gado disantap sebagai menu makan siang.

CNN menyebut gado-gado sebagai makanan yang “sehat dan hangat, menyatukan kebun sayuran dan bahan-bahan lezat dalam saus kacang yang kental.”

Makanan kedua adalah getuk. Makanan ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya. Di Jawa, terdapat bermacam-macam jenis getuk mulai dari getuk goreng, getuk kurung, dan getuk lindri.

Getuk disebut hadir sejak era kolonial Jepang. Seperti dilansir Tribunnewswiki.com, getuk bermula dari situasi di mana masyarakat Indonesia sulit mendapatkan beras akibat krisis. Untuk menyiasatinya, diolahlah singkong menjadi getuk untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Kemudian yang ketiga adalah kerak telor. Makanan Betawi ini biasanya dapat ditemukan dalam acara atau perayaan tertentu, misalnya saat gelaran tahunan Jakarta Fair.

Jika Anda tidak mau menunggu perayaan, makanan ini juga sebetulnya bisa ditemui kapanpun. Ada tempat-tempat di mana penjual kerak telor biasa berjualan, seperti di kawasan Kota Tua Jakarta.

Makanan ini berbahan dasar telur dan ketan yang dicampur dengan bumbu. Selain lezat, makanan ini juga unik karena proses pembuatannya dilakukan dengan membalik wajan tanpa menjatuhkan adonan kerak telornya.

Makanan nomor empat yakni rujak. Salad buah dengan saus pedas ini sebetulnya bukan hanya menjadi makanan khas Indonesia, namun juga negara tetangga. Ya, rujak juga ada di Malaysia dan Singapura dengan nama rojak.

Perpaduan rasa asam dan manis buah dengan pedasnya saus memberikan sensasi yang unik. Tidak heran jika makanan ini dianggap sebagai salah satu street food terbaik.



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini