Introvert Sulit Bersosialisasi di Lingkungan Kerja? Tak Akan Terjadi, Kalau Kamu lakukan Hal Ini!

Introvert Sulit Bersosialisasi di Lingkungan Kerja? Tak Akan Terjadi, Kalau Kamu lakukan Hal Ini!
info gambar utama

Menjadi seorang pekerja, tidak hanya dihadapkan dengan berbagai pekerjaan yang menumpuk, bersosialisasi dengan rekan kerja juga menjadi hal yang harus bisa dihadapi para pekerja. Hal ini mungkin mudah dilakukan bagi seseorang yang extrovert, namun berbeda ceritanya dengan mereka yang memiliki karakter introvert. Pemalu dan sulit melakukan sosialisasi, apalagi di lingkungan baru.

Sifat pemalu yang dimiliki oleh sosok introvert ini bisa saja mempengaruhi urusan pekerjaan. Salah satunya adalah ketika melakukan koordinasi dengan tim atau divisi lain yang terkait dengan bidang kerja masing-masing, atau termasuk juga saat berurusan dengan klien.

Namun bagi kamu sosok introvert, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengubah karaktermu untuk menjadi sosok yang extrovert. Berikut adalah tips memudahkan sosok introvert menjadi lebih mudah dalam bersosialisasi :

  1. Amati Lingkungan Kerja
Ilustrasi amati lingkungan kerja
Ilustrasi amati lingkungan kerja | Pexels.com/RobertoHund

Hal ini biasanya sebagai tahap awal yang bisa dilakukan oleh sosok introvert. Mencoba untuk mengamati lingkungan kerja, apakah kondusif atau tidak untuk memulai sosialisasi dan interaksi. Alasannya, sosok introvert tidak ingin mengganggu lawan bicara dan tidak ingin gagal dalam melakukan interaksi.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu latar belakang rekan kerjamu, seperti hobi, makanan, film, musik kesukaan mereka, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa menjadi tema awal saat memulai pembicaraan untuk menemukan koneksi perbincangan.

  1. Membaca Buku Tentang Motivasi atau Self Development
Ilustrasi membaca buku tentang motivasi atau self development
Ilustrasi membaca buku tentang motivasi atau self development | Pexels.com/BudgeronBach

Jika kamu sulit untuk menerapkan hal-hal yang berhubungan langsung dengan lingkungan baru atau berkaitan dengan orang banyak, kamu bisa membaca buku tentang motivasi atau self development untuk mengetahui kasus-kasus serupa dan bisa menemukan solusi secara bertahap.

Kamu membutuhkan waktu step by step untuk memulai komunikasi dan cara penyampaian agar tidak terkesan membosankan. Kuncinya adalah membuat dirimu nyaman terlebih dahulu. Jika sudah nyaman, maka obrolan bisa dimulai dan mengalir begitu saja tanpa disadari.

  1. Menyapa Rekan Terlebih Dahulu
Ilustrasi menyapa rekan terlebih dahulu
Ilustrasi menyapa rekan terlebih dahulu | Pexels.com/AminaFilkins

Meski terkadang sulit dilakukan, tapi kamu harus bisa melawan rasa gengsi dan malu untuk menyapa. Terapkan prinsip “sapa dulu” tanpa harus memikirkan bagaimana respon mereka nanti. Karena, dengan kamu menyapa duluan, hal itu memberikan kesan bahwa kamu adalah sosok yang humble dan sopan. Terlihat ada usaha untuk berinteraksi dengan lingkungan kerja dan bukan menjadi sosok yang seolah tidak peduli, itu sangat baik bukan?

Seperti yang dilansir dalam laman Enterpreneur yang menjelaskan bahwa dengan menyapa dan mengucapkan sapaan “hai” atau selamat pagi akan membuka jalur komunikasi dan memulai pertemanan dengan rekan kerja di kantor.

  1. Mengawali dengan Obrolan Kecil
Ilustrasi mengawali dengan obrolan kecil
Ilustrasi mengawali dengan obrolan kecil | Pexels.com/TimaMiroshnichenko

Selain sapaan, kamu juga bisa mengawalinya dengan beberapa obrolan kecil. Bahkan bisa dibilang topik receh. Hufftpost juga menjelaskan bahwa hal mudah yang bisa dilakukan oleh sosok introvert di lingkungan kerja adalah dengan membuka diri melalui sebuah obrolan kecil pada rekan kerja.

Sebagai contoh, kamu bisa melakukan basa-basi dengan obrolan menu makan siang hari ini, kemudian beralih ke menu-menu jajanan yang enak/rekomendasi. Mulai dari obrolan tersebut pasti bisa mengalir dengan sendirinya.

  1. Jadi Diri Sendiri
Ilustrasi jadi diri sendiri
info gambar

Sebagai sosok introvert yang begitu tertutup dan pemalu, kamu tidak perlu sibuk untuk mengubah dirimu menjadi sosok yang berbeda untuk bisa ‘dilihat’ oleh rekanmu jika pada akhirnya hal itu malah membuat dirimu tidak nyaman.

Memang cukup membingungkan untuk menentukan sikap dalam menjalin pertemanan sebagai sosok introvert. Sebaiknya kamu tetap menjadi dirimu sendiri dalam memulai interaksi pada rekan kerjamu. Hal ini seringkali dilupakan oleh beberapa sosok introvert yang mencoba untuk Mengawali pertemanan.

Gimana nih Goodmates, apakah beberapa cara tersebut kiranya bisa kamu terapkan di kantor? Atau kamu sudah melakukan hal yang sama dengan beberapa cara tersebut? Yuk, share pengalaman kamu sebagai sosok introvert di lingkungan kerjamu!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Referensi: glints.com | suara.com | enterpreneur.com | huffpost.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini