Penting Gak Sih Pengalaman Kerja untuk Perkembangan Karirmu?

Penting Gak Sih Pengalaman Kerja untuk Perkembangan Karirmu?
info gambar utama

Goodmates, saat mencari info lowongan pekerjaan tentu kita sering dihadapkan dengan kualifikasi “wajib memiliki pengalaman kerja” atau “memiliki pengalaman kerja diutamakan”. Meskipun sebenarnya banyak perusahaan mempersilahkan fresh graduate untuk melamar, namun calon pelamar yang memiliki pengalaman kerja biasanya punya nilai tambah.

Hal ini tentu menjadi dilema tersendiri bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja. Namun Goodmates tidak perlu khawatir akan hal ini, sebab rupanya pengalaman magang atau internship bisa menjadi alternatif pengalaman kerja yang dapat kamu cantumkan di CurriculumVitae.

Memang seberapa penting sih pengaruh pengalaman kerja seseorang terhadap kemajuan karirnya di perusahaan? Simak beberapa alasan berikut ya, Goodmates.

  1. Lebih Paham Bidang Pekerjaan yang Diambil
Ilustrasi lebih paham bidang pekerjaan yang diambil
info gambar

Seseorang yang memiliki pengalaman kerja, dinilai lebih bisa mengetahui bidang pekerjaan yang akan diambilnya. Sedikit banyak ia akan tau seperti apa pekerjaan yang akan dijalani, lengkap dengan ritme pekerjaan serta hal yang harus dilakukan ataupun tidak.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu bersusah payah mengajarkan pekerja tersebut dari nol dan menganggap kamu bisa lebih menyesuaikan diri pada perusahaan daripada calon pekerja yang belum memiliki pengalaman.

  1. Punya Soft Skill Terlatih yang Dibutuhkan Perusahaan
Ilustrasi soft skill terlatih yang dibutuhkan perusahaan
Ilustrasi soft skill terlatih yang dibutuhkan perusahaan | Pexels.com/ThisIsEngineering

Pengalaman kerja yang sudah didapat tentunya akan berpengaruh pada tingkat soft skill seseorang. Berbeda dengan pekerja yang baru menginjakkan kaki di suatu bidang pekerjaan, seseorang yang sudah memiliki pengalaman kerja biasanya soft skill­nya lebih terasahdan ituyang dibutuhkan perusahaan.

Soft skill yang dimiliki oleh seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja, diantaranya mampu bekerjasama dalam tim, handal dalam hal negosiasi, public speaking-nya bagus, bisa berfikir kreatif, hingga bagaimana gaya bersikap yang profesional saat bekerja.

  1. Pembuktian Kompetensi Diri
Ilustrasi pembuktian kompetensi diri
Ilustrasi pembuktian kompetensi diri | Pexels.com/YanKrukov

Punya latar belakang pendidikan yang baik dengan nilai sempurna, nyatanya bukan menjadi poin utama yang dilihat perusahaan. Melalui pengalaman kerja yang pernah dijalani, biasanya seorang pekerja akan dianggap punya pengetahuan lebih, keterampilan di atas rata-rata, serta sikap profesional yang kompeten terhadap suatu perusahaan.

  1. Loyalitas & Komitmen Dipertaruhkan
Ilustrasi loyalitas dan komitmen dipertaruhkan
info gambar

Durasi pengalaman kerja yang dimiliki dengan latar belakang pendidikan yang sesuai bidang pekerjaan, sudah tentu akan jadi pertimbangan perusahaan melihat seberapa besar komitmenmu terhadap suatu pekerjaan. Pengalaman kerja yang terhitung lama juga menjadi tolak ukur loyalitas seseorang sejauh mana ia menekuni pekerjaan yang digeluti.

  1. Kemampuan Memecahkan Masalah Sudah Teruji
Ilustrasi kemampuan memecahkan masalah sudah teruji
Ilustrasi kemampuan memecahkan masalah sudah teruji | Pexels.com/AnnaShvets

Kalau kamu sudah terbiasa bekerja di suatu bidang tertentu, biasanya kamu akan dihadapi berbagai masalah yang nggak jauh beda dengan pengalaman kerja yang didapat sebelumnya. Dengan begitu, secara tidak sadar kamu akan terlatih dalam menemukan solusi yang tepat serta mendapat kepercayaan penuh dalam memecahkan suatu kasus yang sedang terjadi. Kemampuan ini tentu akan membuatmu lebih unggul dibandingkan rekan yang belum memiliki pengalaman kerja.

Dengan beberapa penjelasan tadi, semoga bisa membuka sudut pandangmu lebih luas seputar manfaat pengalaman kerja bagi perkembangan karirmu ya, Goodmates. Jadilah pekerja yang berkualitas dengan segudang pengalaman yang bisa meningkatkan karirmu di masa depan. Semangat!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini