Hutan Mangrove Wonorejo, Oase Hijau di Tengah Kota Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo, Oase Hijau di Tengah Kota Surabaya
info gambar utama

Surga hijau seluas 200 hektar ini terletak di Kecamatan Rungkut yang berada pesisir wilayah timur Kota Surabaya. Hutan wisata ini pada awalnya dibuat untuk mencegah abrasi di wilayah Timur Kota Surabaya yang kemudian dibuka untuk umum sebagai wisata rekreasi dan edukasi alam bagi masyarakat Surabaya.

Hutan Wisata Mangrove Wonorejo yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi di Surabaya
info gambar

Kawasan Konservasi Alam di Hutan Wisata Mangrove Wonorejo

Mangrove Wonorejo yang memiliki status sebagai hutan wisata ini ditanami berbagai macam tanaman bakau dan dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Surabaya. Sehingga hutan wisata ini sangat terjaga kelestariannya dan kamu bisa belajar banyak tentang tanaman mangrove dan memahami pentingnya kawasan mangrove atau bakau disini.

Selain disajikan pemandangan pesisir pantainya yang indah, jika beruntung kamu juga dapat menemui fauna yang menghuni kawasan hutan ini lho!

Burung-Burung Laut di Kawasan Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya
info gambar

Kucing Bakau di Kawasan Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya
info gambar

Monyet Ekor Panjang di Kawasan Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya
info gambar

Mulai dari berbagai macam jenis ikan, biawak, burung-burung laut, dan monyet ekor panjang. Bahkan pada bulan-bulan tertentu, kawasan mangrove ini menjadi tempat persinggahan bagi kawanan burung migrasi. Kawanan burung yang mencapai 44 spesies ini berasal dari benua Australia yang menuju Eropa. Dan menurut catatan dari BKSDA Surabaya terdapat 83 spesies burung, 7 spesies primata dan 53 spesies serangga yang tinggal di kawasan Mangrove Wonorejo Surabaya ini.

Fasilitas yang Ada di Hutan Wisata Mangrove Wonorejo

 Untuk mencapai kawasan wisata Mangrove Wonorejo, kamu perlu menaiki kapal terlebih dahulu dari area loket.
info gambar

Fasilitas yang ada pada Hutan Wisata Mangrove Wonorejo tergolong lengkap dengan fasilitas umum yang cukup memadai, seperti mushola, toilet umum, dan juga area parkir untuk kendaraan pribadi. Kawasan ini juga tersedia kios makanan dan minuman khas Surabaya yang patut dicoba sembari berwisata kesini.

Fasilitas Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya GoodNews From Indonesia
info gambar

Terdapat juga toko souvenir dari UMKM lokal yang menjual berbagai kerajinan yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Selain itu ada juga fasilitas lainnya seperti kolam pancing, pendopo untuk beristirahat, jogging track, hingga sewa perahu untuk berkeliling area kawasan mangrove ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Kawasan Mangrove Wonorejo

Lokasi Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya
info gambar

Lokasi hutan wisata ini berada di Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya. Lokasinya yang berada di tengah kota membuatnya sangat mudah untuk dikunjungi baik menggunakan kendaraan pribadi atau dengan moda transportasi umum.

Untuk jam operasionalnya, kawasan Hutan Wisata Mangrove Wonorejo ini bisa kamu kunjungi setiap hari dari jam 08.00 - 16.00 WIB.

Untuk harga tiket masuk, biasanya wisatawan hanya akan dikenakan tarif untuk parkir dan tiket sewa kapal penyebrangan. Biaya sewa kapal penyeberangan ke kawasan Hutan Wisata Mangrove Wonorejo sebesar Rp. 25 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 15 ribu untuk anak anak.

Dan selama menyeberang menggunakan kapal, kamu disajikan pemandangan hutan mangrove yang lebat serta kicauan burung disepanjang sungai.

Pemandangan Hutan Wisata Wonorejo yang hijau dan asri
info gambar

Nah, itulah informasi singkat mengenai Hutan Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung kesana. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ketika berkunjung ke Surabaya ya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini