Sudah “Ratusan” Kali Lamar Kerja, Tapi Belum Diterima? Apa Penyebabnya?

Sudah “Ratusan” Kali Lamar Kerja, Tapi Belum Diterima? Apa Penyebabnya?
info gambar utama

Goodmates, tak dapat dipungkiri bahwa sangatlah tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Alasannya bukan hanya soal persaingan, melainkan juga kondisi perekonomian di Indonesia yang sedang dibangun kembali pasca pandemi selama lebih dari 2 tahun. Inilah yang menjadi sebab utama dari sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini.

Namun tak hanya itu, masih banyak hal lainnya yang meenyebabkan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Kira-kira apa saja sih yang menyebabkan kamu tak kunjung mendapatkan pekerjaan? Padahal, kamu sudah mencoba melamar kerja dan interview dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Kami telah menelaah beberapa alasan yang kerap terjadi sebagai berikut.

  1. Tidak Ada Pengalaman Kerja
Ilustrasi tidak ada pengalaman kerja
info gambar

Hal ini adalah alasan yang paling realistis dari mengapa perusahaan tidak menerima kamu sebagai karyawannya. Setiap perusahaan memiliki persyaratan tertentu, bukan berarti tanpa pengalaman tidak bisa bekerja. Namun, ada beberapa perusahaan yang mengutamakan pengalaman kerja karena dibutuhkannya skill yang sudah terasah untuk bisa meningkatkan performance perusahaan.

Setinggi apapun nilai IPK-mu, jika perusahaan mengutamakan persyaratan kerja, kamu tidak akan bisa apa-apa. Dalam hal ini, bukan berarti nilai IPK tidak penting, tapi sebagai pembuktian atas prestasi tersebut haruslah jelas dan realistis.

2. Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Ilustrasi tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan
info gambar

Seringkali kita lupa dengan poin satu ini. Tidak sedikit para pelamar yang asal melamar pekerjaan tanpa melihat dan memenuhi persyaratan yang diminta. Memang hal tersebut terlihat sebagai usaha, namun kamu juga harus realistis. Karena perusahaan sudah menentukan dan memperhitungkan kandidat yang dibutuhkan sesuai yang diinginkan perusahaan, maka kamu juga harus bisa mengerti dan memahami apa saja kualifikasi yang mereka butuhkan.

Sebenarnya kamu memang bisa apply pekerjaan apapun yang diinginkan. Namun jika situasinya diwajibkan dari bidang atau latar pendidikan tertentu, lebih baik pikirkan matang-matang sebelum berakhir sia-sia. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap bagaimana profesionalitas kerjamu dalam menjalankan tugas sesuai dengan prosedur yang diberikan perusahaan.

3. Kurang Networking

Ilustrasi kurang networking
Ilustrasi kurang networking | Pexels.com/Thirdman

Ketika melamar pekerjaan, tidak hanya dilihat skill yang dimiliki saja. Pengalaman dalam membangun relasi/networking kerja juga sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, perusahaan juga akan melihat seberapa banyak networking yang kamu miliki. Semakin banyak networking yang dimiliki, maka semakin menandakan bahwa kamu mumpuni dalam berjejaring atau membangun hubungan dengan banyak pihak.

Melalui hal ini, Goodmates bisa diyakini sebagai sosok yang memiliki dedikasi untuk perusahaan melalui referensi dari networking-mu. Tentu saja ini akan menjadi penilaian positif dan hal yang baik bagi tim HRD untuk kepentingan karirmu.

4. Pendirian yang Lemah

Ilustrasi pendirian yang lemah
Ilustrasi pendirian yang lemah | Pexels.com/LizaSummer

Hati-hati dengan yang satu ini. Biasanya mudah sekali terlihat saat proses interview berlangsung melalui gestur tubuh dan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Dalam setiap proses interview, perusahaan pasti selalu mencari karyawan yang memiliki pendirian teguh dan tegas, supaya bisa menentukan arah dalam mengambil setiap keputusan dengan cara bijak.

Melalui gestur yang ditunjukkan, HRD dapat melihat siap atau tidaknya calon karyawan dalam menghadapi proses Interview. Selain itu, penguasaan bidang yang akan dilamar juga menjadi poin lainnya sebagai acuan pihak HRD untuk menerima si pelamar. Jika kamu tidak mempersiapkan dan mencari tahu, maka akan kesulitan bagimu untuk menjawabnya. Penting nih!

5. Sulit Berkomunikasi dan Bertindak Kooperatif

Ilustrasi sulit berkomunikasi dan bertindak kooperatif
Ilustrasi sulit berkomunikasi dan bertindak kooperatif | Pexels.com/EdmondDantes

Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam menjaga hubungan dengan berbagai pihak. Apabila dalam proses interview kamu tidak bisa membangun komunikasi yang baik, maka kemungkinan besar hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu tidak diterima kerja. Karena, perusahaan akan memilih kandidat yang komunikatif dan memiliki dedikasi tinggi untuk perusahaan juga dalam membangun komunikasi yang baik.

Setelah di telaah, pertanyaan yang sempat terlintas di kepalamu mulai terjawab satu-persatu. Sulitnya diterima kerja memiliki beberapa faktor tertentu, seperti yang telah dibahas dalam poin-poin di atas. Dari situ, kamu bisa membenahi diri, apakah yakin tidak ada yang terlewatkan dalam proses interview yang kamu lakukan? Semuanya, hanya kamu yang bisa menjawab. Jangan lupa untuk share artikel ini, untuk memberi manfaat kepada teman-teman disekitarmu, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini