Lima Aktivitas Seru di Pulau Lihaga, Surga Tersembunyi di Likupang

Lima Aktivitas Seru di Pulau Lihaga, Surga Tersembunyi di Likupang
info gambar utama

Likupang yang masuk dalam daftar 10 Destinasi Pariwisata Prioritas menjadikannya sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara ini memiliki luas total wilayah sekitar 200 hektare dan menawarkan wisata bahari yang indah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan kalau Likupang memiliki biodiversity terbaik di dunia karena dilintasi oleh bentangan Wallace. Oleh karena itu, pengembangan destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif di Likupang, akan mengedepankan konsep berkelanjutan dengan melibatkan peran masyarakat setempat.

“Kemenparekraf akan meningkatkan potensi-potensi wisata di Likupang melalui kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Hal tersebut guna menciptakan lapangan kerja baru bagi 65.300 tenaga kerja,” imbuh Sandiaga.

Salah satu permata Pariwisata di Likupang adalah Pulau Lihaga yang mendapat julukan surga tersembunyi di Sulawesi Utara. Pulau Lihaga ini berada di wilayah Gangga Satu, Likupang Barat.

Pulau Lihaga menjadi permata tersembunyi di Likupang karena keindahan alam khususnya panorama bawah lainnya. Tak hanya itu, di pulau ini Kawan GNFI juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru, lho.

Namun sebelum membahas aktivitas-aktivitas seru tersebut jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan bersama bintang tamu spesial secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikut juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya!

Kemudian ikuti juga Stitch Challenge yang diselenggarakan di akun Tiktok @pesonaindonesia dengan cara upload video dan kasih tahu 3 tips jadi wisatawan baik versi kamu, lalu mention akun Tiktok @pesonaindonesia, sertakan hashtag wajib #JadiWisatawanBaik dan #HariPariwisataDunia pada caption. Kamu berkesempatan meraih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut ini adalah rangkaian aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Lihaga, Likupang.

1. Menikmati Cantiknya Terumbu Karang dengan Snorkeling

 Pulau Lihaga, Likupang (Dok: Arai Amelya @araiamelya)
info gambar

Terletak di paling utara Pulau Sulawesi membuat pesona bawah laut Pulau Lihaga tak bisa diabaikan. Dengan air lautnya yang jernih, aneka terumbu karang dan ikan laut berwarna-warni cantik bisa kamu nikmati dari permukaan air.

Untuk menikmati eksotisme dalam laut, snorkeling bisa menjadi pilihan. Tak perlu cemas, perairan di sekitar Pulau Lihaga mempunyai ombak yang cukup tenang sehingga para pemula tetap bisa snorkeling dengan nyaman.

Anda akan merasa tetap aman selama snorkeling karena tersedia paket lengkap dengan guide profesional yang akan mendampingi. Berangkat dari Pelabuhan Serai, para pemandu akan memberikan briefing singkat mengenai tata cara dan penggunaan alat snorkeling sehingga wisatawan bisa tenang menyelam di lautan.

2. Diving dan Menikmati Cantiknya Biota Bawah Laut

 Pulau Lihaga, Likupang (Dok: Arai Amelya @araiamelya)
info gambar

Jika dirasa snorkeling kurang menantang, maka diving bisa jadi aktivitas seru berikutnya yang dapat kamu lakukan di Pulau Lihaga. Untuk melakukan aktivitas ini, kamu harus memiliki lisensi khusus karena diving adalah olahraga air yang hanya bisa dilakukan oleh profesional.

Kendati belum sepopuler Bunaken, keindahan bawah laut Pulau Lihaga jelas bisa memikat siapapun yang datang, keragaman biota laut pun sangat variatif mulai dari genus karang montipora, bintang laut aneka warna, siput laut, cumi-cumi, ikan tuna, ikan cakalang, ikan moris, ikan mandarin, sampai ikan giru atau ikan badut.

3. Naik Kano di Permukaan Ombak yang Tenang

Pulau Lihaga, Likupang (Dok: Arai Amelya @araiamelya)
info gambar

Jika kamu tak ingin menyelam ke dalam laut tapi tetap ingin menikmati perairan biru di Pulau Lihaga, maka mendayung kano adalah pilihan yang tepat. Dengan total luas 6 hektare dan ombak permukaan yang relatif tenang di tepi pantai, mendayung kano akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tak perlu merasa takut untuk naik kano di Pulau Lihaga karena pengelola menyediakan instruktur berpengalaman yang akan mengawasi pengunjung saat mendayung kano atau permainan air lainnya.

Hanya saja aneka permainan air seperti kano, banana boat, hingga floating inflatable ini tidak setiap hari bisa kamu jumpai. Pilihan permainan air ini hanya akan beroperasi ketika Pulau Lihaga tengah ramai dikunjungi wisatawan, misalnya saat masa liburan panjang atau akhir pekan.

4. Berburu Sunset dan Sunrise

 Pulau Lihaga, Likupang (Dok: Arai Amelya @araiamelya)
info gambar

Puas bermain air dan menikmati pesona bawah laut Likupang, maka bersantai sambil menanti matahari terbenam menjadi aktivitas seru selanjutnya. Di pulau cantik ini, pijaran kuning emas matahari saat senja akan menjadi pengalaman liburan yang mengesankan. Memotret momen golden hour di Pulau Lihaga menjadi salah satu hal yang sangat diburu wisatawan untuk diunggah di media sosial.

Tak hanya sunset, momen matahari terbit juga bisa kamu dapatkan di Pulau Lihaga. Ada sebuah dermaga di Pulau Lihaga yang menjadi spot terbaik bagi para penggemar fotografi landscape untuk mengabadikan momen sunrise.

5. Camping atau Menginap di Homestay Unik

Homestay di Pulau Lihaga (Dok: Arai Amelya @araiamelya)
info gambar

Pilihan aktivitas seru terakhir yang bisa dilakukan di Pulau Lihaga adalah camping atau berkemah di sekeliling pulau. Meskipun merupakan pulau tidak berpenghuni. Pulau Lihaga sangat layak dijadikan spot camping bersama teman atau keluarga. Namun jika tak membawa peralatan camping, kamu bisa memilih untuk menginap di homestay unik berbentuk bangunan kayu.

Kamu bisa tetap merasa nyaman bermalam di Pulau Lihaga karena pulau ini memiliki fasilitas toilet bersih dengan air bisa digunakan secara gratis. Lalu bila lapar dan haus, kamu tak perlu cemas, karena banyak penjual yang menjajakan dagangannya di pulau ini.

Itulah beberapa aktivitas seru yang bisa Kawan GNFI lakukan saat liburan di Pulau Lihaga, Likupang, Sulawesi Utara. Pastikan Kawan GNFI sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, Tik Tok @pesonaindonesia, Youtube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini