Cokelat di Indonesia: Buah Surga yang Rasanya Digemari dan Produksinya Tinggi

Cokelat di Indonesia: Buah Surga yang Rasanya Digemari dan Produksinya Tinggi
info gambar utama

Dari sekian banyak camilan yang beredar dan digemari masyarakat Indonesia, ternyata sebagian besarnya memiliki rasa cokelat.

Fakta tentang dominannya rasa cokelat dalam camilan yang beredar di Indonesia ini dikemukakan oleh Managing Director Barry Callebaut Indonesia Ciptadi Sukono. Camilan dengan rasa cokelat lebih banyak ketimbang rasa lain seperti keju dan vanila.

"Cokelat masih mendominasi rasa camilan di Indonesia. Cokelat lebih dominan di Indonesia, bahkan dark chocolate," ujar Ciptadi Sukono seperti dilansir Antaranews.

Sementara cokelat ada di urutan pertama rasa camilan yang paling banyak ditemui, keju adalah rasa camilan terpopuler kedua. Kemudian rasa camilan paling banyak ketiga adalah vanila.

Aneka camilan dengan rasa cokelat memang sangat mudah ditemui di mana-mana. Dari pasar hingga toko ritel besar, camilan rasa cokelat selalu tersedia. Aneka jajanan tradisional hingga modern pun lazim memiliki rasa cokelat.

Menariknya, ternyata cokelat dulunya adalah makanan mewah yang lekat dengan citra kelas atas. Ini jelas jauh berbeda dengan di masa kini di mana makanan dan minuman rasa cokelat bisa dijangkau semua kalangan.

Kini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menyajikan produk cokelat yang ditujukan untuk berbagai kalangan. Perusahaan Barry Callebaut yang dipimpin oleh Ciptadi Sungkono sendiri adalah salah satu produsen produk cokelat yang berusaha memenuhi kebutuhan cokelat bagi masyarakat tersebut. Diutarakan Ciptadi Sungkono, menyediakan cokelat yang terjangkau namun enak adalah tantangan bagi perusahaan seperti Barry Callebaut.

"Jaman dulu orang menganggap cokelat adalah makanan surga, karena dulu cuma ada cokelat premium jadi harganya mahal. Barry Callebaut menyediakan produk kakao untuk kelas bawah hingga premium, perusahaan-perusahaan ini harus pandai mengolahnya jadi apa yang diinginkan masyarakat dengan harga murah tapi rasanya tetap enak dan enggak seret di lidah," kata Ciptadi Sungkono.

Cerita Asal Mula SilverQueen, Cokelat Batangan Populer Asal Garut

Produksi dan Konsumsi Cokelat Indonesia

Jika camilan dengan rasa cokelat begitu banyak di Indonesia. Sebenarnya seberapa tinggi tingkat produksi dan konsumsi cokelatnya sendiri?

Cokelat merupakan produk yang dihasilkan dari buah kakao. Indonesia dengan iklim tropisnya adalah salah satu negara tempat di mana kakao biasa dibudidayakan.

Indonesia adalah negara produsen kakao papan atas dunia. Berdasarkan data World Atlas pada 2020, Indonesia memproduksi kakao sebesar 739,483 ton.

Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai produsen kakao terbesar ketiga dunia. Indonesia hanya kalah dari Pantai Gading dan Ghana.

Kendati produksinya besar, ternyata konsumsi cokelat orang Indonesia termasuk rendah. Antaranews yang mengutip data Euromonitor pada Juli 2021 melaporkan bahwa tingkat konsumsi cokelat Indonesia hanya 0,3 kg atau 300 gr per orang.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini