10 Makanan Legend Khas Salatiga Yang Wajib Kamu Coba

10 Makanan Legend Khas Salatiga Yang Wajib Kamu Coba
info gambar utama

Mungkin kamu mengenal Salatiga sebagai kota yang kamu lewati ketika dalam perjalan dari Kota Semarang ke Kota Solo ataupun Jogja atau kamu lebih mengenal tentang gerbang tolnya yang indah dengan pemandangan Gunung Merbabunya?

Nah selain itu ternyata kota kecil nan indah ini memiliki banyak makanan khas yang bisa kamu coba lho ketika melewati kota ini. Berikut Kawan GNFI rangkum makanan legend khas Salatiga yang wajib kamu cobain ketika berkunjung ke kota ini.

1. Bubur Sambal Tumpang Koyor Banjaran

Bubur Sambal Tumpang Koyor Banjaran Makanan atau Kuliner Legend Khas Kota Salatiga

Bubur sambal tumpang koyor adalah bubur yang disiram dengan kuah sambal tumpang yang terbuat dari fermentasi tempe atau tempe bosok dan disajikan dengan sayur mangut atau koyor tulang muda. Makanan legend khas Salatiga ini terkenal dengan tumpang koyornya yang nikmat dan gurih serta dagingnya yang lembut. Selain itu kamu juga bisa memesan rolade goreng dan bubur ketan kelapa yang disiram dengan gula merah.

Oh ya buat lokasinya ada di dalam gang Jalan Hasanudin, Desa Mangunsari, Kecamatan Sidomukti. Dan tips aja buat kamu untuk kesini pagi-pagi ya karena biasanya diatas jam 10 sudah habis.

2. Gecok Kambing Kalibening

Gecok Kambing Kalibening makanan legend khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Gecok kambing adalah olahan daging kambing dengan kuah santan serta aneka rempah dan kelapa sangrai. Tampilannya seperti tong seng kambing tetapi dengan sedikit sayuran. Untuk rasanya didominasi manis dan gurih dari daging kambingnya serta kelapa sangrai.

Selain itu disini kamu juga bisa memesan tahu campur dan rica-rica bebeknya yang porsi jumbo. Dan untuk lokasinya ada di Jalan Raden Patah, Kalibening, Kecamatan Tingkir.

3. Pecel Keong Mbak Toen

Pecel Keong Mbak Toen makanan legend khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Makanan khas yang satu ini sama seperti pecel pada umumnya, tetapi perbedaannya ada pada penggunaan keong yang disiram dengan bumbu pecel yang nikmat. Sebelum disiram dengan bumbu pecel, keong atau bekicot ini dioseng pedas dengan aneka rempah serta disajikan dengan bumbu pecel yang pedas (atau bisa dipilih sesuai selera). Selain itu kamu juga bisa memesan pecel belut dan belut goreng tepungnya yang sama nikmatnya.

Untuk lokasinya ada di Jalan Raya Muncul, Rowoboni, Kecamatan Banyubiru. Oh ya tempatnya juga dekat dengan Wisata Pemandian Muncul jadi kamu perlu siap-siap dengan keramaian ya kalau datang ke sini di hari libur.

4. Soto Ayam Esto

Soto Ayam Esto, Soto ayam unik dengan karak dan kuah karinya yang menjadi makanan legend khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Soto ayam sejak tahun 1940 ini tentunya berbeda dengan soto pada umumnya. Soto Ayam Esto disajikan dalam bentuk soto ayam santan dengan rasa seperti kari ayam lalu disajikan dengan tauge, daging ayam, dan kerupuk karak nasi yang gurih, hangat, dan segar.

Disini juga tersedia pelengkap soto seperti gimbal udang, sate-satean, gorengan, serta tahu baso dan diminum bersama es teh segar, wahh.

Untuk lokasinya ada Jalan Langensuko No. 4, Kecamatan Sidorejo. Dan kalau bisa datang kesini sebelum jam 11 agar tidak kehabisan sotonya ya.

5. Wedang Ronde dan Sekoteng Jago

Wedang Ronde dan Sekoteng Jago yang menjadi makanan legend malam khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Wedang ronde legend satu ini sudah terkenal banget sih di Salatiga. Bagi kamu yang belum tahu, wedang ronde adalah tepung berasa berisi gula merah atau kacang yang dibentuk bulatan seperti mochi dengan tambahan kolang kaling dan kacang tanah dalam kuah air jahe yang hangat. Selain itu disini juga ada sekoteng yang berisi kacang hijau, kacang tanah, dan roti tawar dalam kuah jahe dan gula merah.

Untuk menu disini sangat lengkap dari makanan berat seperti mie kopyok, batagor, hingga cemilan lainnya. Dan lokasinya ada di area Pasar Raya Salatiga di Jalan Jenderal Sudirman No. 9, Kecamatan Tingkir.

6. Enting-Enting Gepuk

Enting enting gepuk, cemilan kacang yang menjadi Oleh oleh khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Enting-enting gepuk adalah makanan ringan yang bertekstur kering terbuat dari olahan kacang tanah dan gula memberikan perpaduan rasa manis, gurih, dan renyah yang berasal dari Salatiga. Cemilan ini menggunakan kacang tanah yang ditumbuk atau digepuk sehingga dinamakan Enting-enting Gepuk. Olahan kacang legend sejak 1929 ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh karena sifatnya yang tahan lama.

Cemilan khas Salatiga ini bisa kamu temui dengan mudah di setiap toko oleh-oleh di Salatiga dan buat merk yang paling legend atau penemu enting gepuk ini adalah merk Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng dan 2 Hoolo dengan logo Klenteng Hok Tiek Bio.

7. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh, olahan sate daging sapi yang menjadi makanan legend khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Kalau kamu penyuka sate sapi, kamu perlu berkunjung ke Ruko Pasaraya, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tingkir untuk mencicipi Sate Sapi Suruh khas Salatiga ini.

Perbedaan sate Sapi Suruh dengan sate lainnya ada pada bumbu kacangnya yang tidak ditumbuk halus, sehingga masih ada tekstur kacangnya serta sate ini tidak disediakan cabe rawit dan bawang merah yang biasanya diiris tipis pada sate sapi.

Buat kamu yang mau mencicipi makanan khas Salatiga yang sudah berdiri sejak tahun 1987 kamu perlu mengunjunginya saat pagi hari sekitar jam 10 pagi, karena sate ini sangat ramai pada jam makan siang dan malam hari.

8. Rumah Makan Es Cobra

Minuman Es Cobra dan Es Kencana yang menjadi minuman legend khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Rumah makan es dengan nama unik ini bukan dari ular kobra betulan kok. Rumah makan es cobra terkenal dengan minuman es segarnya yang beraneka ragam seperti es cobra, es kencana, es sarang burung, dan es roti yang unik dan patut kamu coba. Tetapi minuman paling legend disini adalah es cobra dan es kencananya yang terdiri dari buah-buahan segar seperti kelapa muda, pepaya, nanas, kolang kaling, leci dengan tambahan buah Lo Han Kuo dan cendol yang disiram kuah santan dan susu coklat yang dingin.

Selain minuman esnya, kamu juga bisa memesan nasi liwet, nasi langgi, dan ayam gorengnya untuk makan siang. Lokasinya ada di Jalan Kalipengging No. 4C, Kecamatan Tingkir.

9. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek, Gethuk singkong yang menjadi Oleh oleh khas Salatiga yang cocok untuk kamu coba

Jawa tengah memang terkenal dengan olahan gethuk singkongnya, salah satunya Gethuk Kethek khas Salatiga ini.

Gethuk ini berbahan dasar singkong rebus yang ditumbuk halus dengan gula dan parutan kelapa sehingga memiliki tekstur yang lembut dan manis ketika mencicipi cemilan khas satu ini.

Kamu dapat mengunjungi Gethuk Kethek ini di Jalan Argotunggal No.9, Kecamatan Argomulyo. Oh ya untuk asal nama Ketheknya yang berarti Monyet ini dahulu didapatkan karena didepan toko gethuk ini dipelihara monyet sehingga didapatkanlah nama Gethuk Kethek.

10. Warung Gudeg Koyor & Ikan Kutuk Bu Djono

Gudeg Koyor dan Ikan Kutuk Makanan atau Kuliner Legend Khas Kota Salatiga

Warung makan yang berada di Jalan Semarang - Surakarta, Kecamatan Sidomukti ini cocok bagi kamu untuk bersantap siang dalam perjalanan ke Kota Solo dari Semarang. Warung makan ini menyediakan aneka makanan seperti gudeg koyor, ayam kampung dan bebek goreng, nasi kumpang dan lain-lain. Tetapi kamu perlu mencoba gudeg koyornya bersama dengan ikan kutuknya yang sedap.

Gudeg koyor sendiri adalah gudeg dengan tambahan urat atau otot sapi yang berada di sekitar tulang punggung yang dimasak dengan kuah kari yang manis dan gurih serta sambal krecek. Dan untuk ikan kutuknya sendiri adalah ikan gabus yang dimasak dengan kuah kuning khas gulai yang pedas dan gurih.



Dan itulah makanan khas legend khas Salatiga yang perlu kamu coba ketika berkunjung atau melewati kota ini. Jangan lupa simpan ke bucket list kamu ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini