Boss dan Leader Sama Gak Sih? Apa Saja Perbedaannya?

Boss dan Leader Sama Gak Sih? Apa Saja Perbedaannya?
info gambar utama

Goodmates, Boss dan Leader mungkin terdengar sama. Namun pada dasarnya, kedua posisi tersebut sangatlah berbeda. Posisi Boss dan Leader memang berada di atas staff atau karyawan. Jika dilihat dari karakteristiknya, keduanya memiliki makna yang berbeda. Lantas, aspek apa aja sih yang membedakan keduanya?

Menurut My Great Learning, Boss memiliki tanggung jawab yang besar terhadap sebuah organisasi besar. Boss memiliki peranan dalam memegang kendali atas bawahannya dan memberikan perintah atau penugasan pada mereka. Biasanya, istilah boss ini berlaku untuk pemilik, pimpinan perusahaan, atau level tertinggi di sebuah perusahaan.

Lalu, bagaimana dengan leader? Bukankah leader juga memimpin sebuah organisasi? Secara umum, kita bisa mengartikan leader sebagai seseorang yang memiliki power untuk memengaruhi dan mengarahkan suatu kelompok atau tim dengan memberikan contoh, sehingga orang bisa termotivasi untuk merealisasikannya.

Seorang leader dipilih karena dipercaya untuk memimpin suatu kelompok atau tim berdasarkan pengalaman mereka atau track record mereka dalam memberikan instruksi dan bisa memengaruhi timnya. Apa saja perbedaan boss dengan leader secara umum? Berikut ulasannya!

  1. Boss Memerintah, Leader Memotivasi
Ilustrasi boss memerintah, leader memotivasi
Ilustrasi boss memerintah, leader memotivasi | Pexels.com/PavelDanilyuk

Seorang boss lebih dominan memerintah karyawannya dengan memberikan sejumlah tugas untuk mengeksekusinya. Mereka memilih berperan di balik layar, daripada terlibat dalam proses untuk mencapai tujuan.

Berbeda halnya dengan seorang leader yang justru terlibat langsung dalam proses kerja dengan memberikan beberapa contoh nyata, dan mengajak serta memotivasi para karyawannya.

  1. Boss Berorientasi Pada Hasil, Leader Mementingkan Proses
Ilustrasi boss berorientasi pada hasil, leader mementingkan proses
Ilustrasi boss berorientasi pada hasil, leader mementingkan proses | Pexels.com/PavelDanilyuk

Bagi seorang boss, hal terpenting adalah output yang menguntungkan. Bagaimana pun caranya, sesulit apapun itu harus tetap dijalani untuk mencapai tujuan. Sedangkan, seorang leader mengacu pada proses yang dijalani oleh timnya. Leader menjadi pemimpin yang mencoba mengenali cara dan kendala yang dihadapi. Tak hanya itu, tentu saja leader akan menemukan solusinya.

  1. Boss Mengontrol Karyawan, Leader Memercayai Karyawan
Ilustrasi boss mengontrol karyawan, leader memercayai karyawan
Ilustrasi boss mengontrol karyawan, leader memercayai karyawan | Pexels.com/RODNAEProductions

Seorang boss cenderung untuk mengontrol para karyawannya demi memenuhi perintah dan aturannya. Hal ini tentu saja dapat merusak kreativitas dan produktivitas para karyawan. Sedangkan, karyawan membutuhkan self dan skilldevelopment di bidangnya.

Beda halnya dengan sosok leader yang memimpin timnya, hingga terlibat dalam menjalani proses. Tak hanya itu, seorang leader juga memberikan motivasi kepada para karyawannya agar tetap semangat dalam menjalani proses dan terus melakukan improvement.

  1. Boss Mengharapkan Kehebatan Karyawan, Leader Mengajarkan Karyawan
Ilustrasi boss mengharapkan kehebatan karyawan, leader mengajarkan karyawan
Ilustrasi boss mengharapkan kehebatan karyawan, leader mengajarkan karyawan | Pexels.com/PavelDanilyuk

Tak jarang boss mengandalkan karyawannya yang paling menonjol. Karena, menurut mereka tak perlu untuk bersusah payah mencari dan mengajarkan karyawannya dari nol untuk bisa menyelesaikan tugas dan perintahnya.

Lain halnya dengan seorang leader yang rela untuk mengajarkan karyawannya dari nol. Asalkan karyawan tersebut mau bersungguh-sungguh belajar hal baru, seorang leader tidak akan pelit ilmu untuk dibagikan.

  1. Boss Mempertahankan Aturan Tetap, Leader Memulai Gagasan Baru
Ilustrasi boss mempertahankan aturan tetap, leader memulai gagasan baru
Ilustrasi boss mempertahankan aturan tetap, leader memulai gagasan baru | Pexels.com/PavelDanilyuk

Karakteristik satu ini tak jarang dijumpai di beberapa perusahaan, bahwa seorang boss tetap mempertahankan aturan yang sudah ditetapkan dan tak ingin adanya inovasi atau gagasan baru.

Menjadi seorang leader tidak bisa tutup mulut dan membatasi pikiran. Oleh sebab itu, sosok leader ini biasanya sangat menyukai dan mendorong karyawannya untuk membuat gagasan baru dengan tujuan improvement perusahaan, serta melatih kreativitas para karyawan dalam memecahkan masalah.

Melalui sumber yang membicarakan tentang perbedaan boss dan leader ini bisa menjadi fokus kamu dalam menentukan dan mencapai kesuksesan. Nah, kira-kira kamu pilih mana nih, guys? Boss atau Leader?

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Referensi: mygreatleraning.com | ekrut.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini