Hobi Baca Buku Bahasa Inggris, Tapi Cepat Lelah Memahami? Tenang Saja!

Hobi Baca Buku Bahasa Inggris, Tapi Cepat Lelah Memahami? Tenang Saja!
info gambar utama

Membaca menjadi hobi jutaan orang diluar sana. Buku berbahasa Inggris terlihat menarik untuk di ulik isi keseluruhannya. Namun, yang menjadi masalah tentang bagaimana, ya, cara mudah untuk memahami isi bacaan yang berbahasa Inggris?

Meskipun Indonesia tergolong pada urutan rendah atas minat membaca, tetapi patut kamu banggakan kalau sudah relatif banyak komunitas yang memiliki tujuan utama untuk membantu meningkatkan kegemaran membaca.

Buku-buku seperti novel, komik, majalah, dan semacamnya begitu menarik. Terutama jika kamu sambil mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui peningkatkan kosa kata, maka membaca buku berbahasa Inggris menjadi langkah utama.

Baca Juga:

Namun, kerap di landa kebosanan yang mendalam untuk memahami apa yang ingin penulis sampaikan melalui bahasa asing ini. Nah, berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan agar tidak cepat lelah dalam memahami buku berbahasa Inggris.

  1. Fokus, fokus, dan fokus

Ketika membaca buku yang bukan menjadi bahasa pertama kamu, maka tingkat kesulitan akan jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, cara klasik ini harus benar-benar kamu terapkan. Pastikan saat berusaha untuk memahami isi bacaan, kamu harus dalam keadaan fokus dan tidak terganggu apapun.

Dalam posisi membaca yang fokus, tingkat pemahaman kalimat demi kalimat yang tertulis justru membuat kamu bersemangat, sehingga ketika menemukan kosa kata baru, kamu langsung bergerak untuk memahami maupun mencari artinya dalam kamus. GoodMates, perasaan lelah akan terus muncul saat kamu sudah terganggu dengan hal lain dan tentu tidak dalam keadaan fokus.

  1. Konsisten Hingga Akhir

Siapa yang masih memiliki buku berbahasa Inggris, tetapi tidak kembali kamu lanjut karena sudah lelah memahaminya? Jangan-jangan kamu, ya. Kalau sudah begitu, kamu harus menggabungkan antara fokus dan konsisten.

Membaca memang perlu waktu. Namun, ketika apa yang kamu baca menarik pasti akan cepat selesai. Begitu pula buku bahasa Inggris yang walaupun lebih memakan waktu lama, tetapi kamu harus konsisten untuk menyelesaikannya. Jika tidak konsisten, maka akan makin lama kamu tahu ending seperti apa yang ingin penulis beri.

Baca Juga:
  1. Siapkan Kamus

Tentunya dalam suatu bacaan pasti akan ditemui kosa kata yang asing bagi kamu. Dengan begitu, kamu harus menyiapkan kamus entah dalam bentuk digital maupun tidak. Akan tetapi, ingat, jika menyiapkan kamus dalam hand phone, pastikan untuk tidak membuka aplikasi lain yang akan mengganggu kamu dalam menyelesaikan bacaan.

Ketika kamu menuliskan berbagai kosa kata baru, sebaiknya kamu tulis dalam catatan sebagai pengingat dan satu per satu dapat memahami kalimat yang ada. Selain itu, kamu dapat mengaktifkan mode focus pada handphone agar tidak ada socialmedia yang terbuka supaya fokus tetap terjaga.

  1. Buat Target

Sudah melakukan ketiga cara diatas? Cara terakhir ini juga harus kamu lakukan. Buatlah sebuat target untuk membaca berapa halaman dalam satu hari. Anggap saja kamu memutuskan untuk membaca lima halaman dalam sehari. Kamu pun harus dapat memenuhi target yang sudah dibuat.

Dengan membaca sesuai kemauan diri, Kamu cenderung tak akan mudah lelah dalam memahami dan menyelesaikannya tiap-tiap kalimat. Justru jika kamu memaksakan diri sehari membaca satu bab, misalnya. Akan cenderung mudah lelah untuk memahami isi, terutama itu berbahasa Inggris.

Baca Juga:

Nah, GoodMates, untuk dapat memahami suatu buku, terutama menggunakan bahasa Inggris, kamu tidak perlu berambisi keras untuk cepat-cepat menyelesaikannya, tetapi tidak dalam keadaan yang paham akan isi bacaan.

Sebaliknya, kamu harus lebih mementingkan keadaan diri. Jika kamu sudah lelah untuk membaca, maka berhentilah, lanjutkan kembali esok hari. Akan tetapi, ketika kamu termasuk dalam seseorang yang mudah lelah dalam memahami bacaan bahasa Inggris, ikuti empat tips diatas, ya!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini