Menjatuhkan Orang Lain Demi Kesuksesan Itu Gak Keren! Coba Lakukan Cara Ini!

Menjatuhkan Orang Lain Demi Kesuksesan Itu Gak Keren! Coba Lakukan Cara Ini!
info gambar utama

Goodmates, menjadi sukses bukan berarti kamu bisa melukai hati atau menjatuhkan orang lain. Tidak pernah dibenarkan jika kamu mencapai sebuah keberhasilan melalui jalan pintas dengan cara yang tidak baik. Mengapa tidak, jika kamu bisa meraih kesuksesan dengan cara yang benar? Pasti akan terasa sangat memuaskan bukan?

Banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari meningkatkan kualitas diri hingga meningkatkan kuantitas pekerjaan yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan atau diri sendiri. Berikut adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih kesuksesan tanpa menjatuhkan atau menyakiti orang lain. Please read carefully!

  1. Lakukan Cara Paling Realistis
Ilustrasi lakukan cara paling realistis
info gambar

Ketika kamu memiliki target kesuksesan, sejatinya kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mencapainya. Tentu saja cara yang dilakukan harus yang paling realistis. Misalnya, di usia 35 tahun kamu ingin memiliki bisnis sendiri di industri Food & Beverages. Ketika sudah memiliki target, kamu bisa membuat rencana setiap tahunnya yang bisa kamu jalani secara konsisten, salah satunya adalah menyisihkan sekian persen gaji untuk membangun usahamu.

Mulai membuat rencana dan menabung untuk modal usaha tersebut adalah hal yang realistis untuk dilakukan, atau jika kamu memiliki kesulitan dalam hal modal, kamu bisa membuat konsepnya terlebih dahulu sembari mencari investor. Kamu bisa memilih cara apapun yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri, serta target yang akan dicapai.

  1. Giprah, Gigih dan Pantang Menyerah
Ilustrasi giprah, gigih dan pantang menyerah
Ilustrasi giprah, gigih dan pantang menyerah | Pexels.com/KindelMedia

Hal yang paling terasa ketika meraih kesuksesan sebenarnya bukanlah hasilnya, melainkan proses yang dijalani. Setiap manusia yang sedang berusaha dalam meraih kesuksesan, tentu saja memiliki jalan yang berbeda-beda. Ada yang mulus dan cepat, ada yang mulus tapi lama, ada yang menghadapi kerikil dan berbuah manis, hingga mendapatkan kegagalan. Namun, hal tersebut sejatinya tergantung dengan apa yang kita hadapi dan bagaimana kita menghadapinya.

Untuk itu, perjalanan menuju kesuksesan dibutuhkan kesabaran yang penuh dan kegigihan dalam mencapai target. Karena, akan ada saja hal-hal yang tak terduga. Hal paling pahit yang didapatkan adalah ketika terjatuh dan gagal. Untuk itu, kegigihan dan sikap pantang menyerah diperlukan agar dapat menerima keadaan apapun dengan penuh rasa sabar.

  1. Siapkan Rencana Kedua
Ilustrasi siapkan rencana kedua
info gambar

“Manusia hanya bisa berencana, selebihnya biar Tuhan yang berkehendak.” Kalimat tersebut seolah mengingatkan kita pada kemungkinan terburuk yang bisa saja kita hadapi. Sematang apapun rencana dan target kesuksesan yang telah kita buat, jika Tuhan memiliki kehendak lain, maka terjadilah. Namun, sejatinya hal ini tergantung pada sejauhmana tingkat kesabaranmu dan kegigihanmu dalam mencapai kesuksesan tersebut.

Dalam hidup, kegagalan adalah hal yang biasa. Sebenarnya hanya ada dua pilihan di dalam hidup, yakni sukses atau gagal. Ketika sukses, berarti kamu akan diberi tanggungjawab penuh untuk bisa mengelola dan mengembangkannya agar lebih sukses. Namun ketika gagal, artinya kamu harus buat rencana kedua untuk memulainya lagi atau mencari kesuksesan lainnya. Perlu diingat ya Goodmates bahwa peluang kesuksesan selalu ada dan bisa dimiliki oleh siapapun, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Ingin meraihnya atau tidak.

  1. Tahu Batasan
Ilustrasi tahu batasan
Ilustrasi tahu batasan | Pexels.com/Thirdman

Ketika di luar sana ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, bukan berarti kamu bisa menerapkan semua cara, apalagi cara cepat yang bisa menjatuhkan dan menginjak orang lain. Kita tidak bisa menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan. Sebuah riset yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley penulis buku ‘Millionaire Mind’ di Amerika, menyebutkan bahwa kejujuran merupakan faktor paling penting dari sepuluh faktor yang menentukan kesuksesan seorang individu. Betapa pentingnya kejujuran untuk meraih kesuksesan agar kita bisa mendapatkan kepercayaan dan kesempatan untuk bisa berkembang.

  1. Kreatif dan Inovatif
Ilustrasi kreatif dan inovatif
Ilustrasi kreatif dan inovatif | Pexels.com/GustavoFring

Kamu bisa menggunakan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Dua hal ini jauh lebih mengesankan dan bisa menjadi refleksi untuk mengembangkan diri. Misalnya, bisa dilakukan melalui ide atau gagasan, metode maupun produk yang dihasilkan. Cara kreatif dan inovatif ini begitu luas dan tidak terbatas. Kamu bisa menggunakan imajinasi dan pikiran liarmu untuk membuat ide atau gagasan. Namun, perlu diperhatikan dan pastikan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

Ide dan gagasan yang muncul bisa menjadi sebuah pembaruan, bahkan mungkin belum pernah dilakukan oleh siapapun, sehingga inilah yang disebut sebuah kreatifitas. Hal ini sangat mungkin dilakukan oleh siapa saja, apalagi dengan adanya kemajuan teknologi. Hanya saja bagaimana kita bisa menyikapi dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Jika memang kamu memiliki cita-cita untuk menjadi sukses, maka kejarlah. Tidak ada yang salah dalam mengejar dan meraih mimpi, namun kita tidak perlu mendorong dan menjatuhkan orang lain demi mendapatkan kesuksesan tersebut. Have a good day, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini