Tipe-tipe Gaya Kerja di Kantor, Kamu Tipe yang Mana?

Tipe-tipe Gaya Kerja di Kantor, Kamu Tipe yang Mana?
info gambar utama

Sudah menjadi hal biasa jika kita selalu menemukan beragam karakteristik seseorang dengan sifat dan kepribadian yang berbeda-beda di dunia kerja. Tapi ternyata, nggak hanya sifat dan kepribadian saja loh yang bisa membangun karakter seseorang. Tipe gaya pekerja bagi setiap karyawan juga bisa berpengaruh pada hasil kinerja dan karakter profesionalitasnya selama berkarir.

Menurut seorang penulis dan pakar manajemen bisnis, Patrick Lencioni, ada beberapa tipe gaya pekerja yang kerap ditemui pada setiap karyawan. Siapa tau salah satunya menjadi gaya bekerja mu selama ini nih, Goodmates.

1. Si Pekerja Aktif

Ilustrasi si pekerja aktif
Ilustrasi si pekerja aktif | Pexels.com/GustavoFring

Tipe karyawan yang aktif biasanya masuk dalam kategori Wonderer. Tipe ini biasanya suka mencari inspirasi terlebih dulu sebelum memulai pekerjaan. Mereka juga cenderung selalu berpikiran optimis dan pintar mencari peluang dalam setiap pekerjaannya.

Melakukan kegiatan yang aktif seperti berjalan-jalan ataupun berinteraksi dengan rekan kerja menjadi gaya yang disukai tipe ini saat tengah mencari inspirasi.

2. Si “Penemu”

Ilustrasi si
Ilustrasi si "penemu" | Pexels.com/RODNAEProductions

Sesuai julukannya, karyawan ini punya karakteristik gaya bekerja inventor. Mereka terbiasa menciptakan ide-ide baru yang fresh dan up to date. Jadi jangan heran ya kalau tipe karyawan seperti ini akan terlihat lebih menyukai hal-hal kreatif yang membuatnya lebih produktif.

Tipe inventor ini tidak menyukai kegiatan yang banyak berdiam diri. Mereka juga dikenal punya inisiatif yang tinggi dengan langsung mengambil tindakan dalam setiap kesempatan. Selain itu, tipe inventor akan menjadi rekan yang tepat untuk si wonderer karena bisa meneruskan ide dalam menciptakan suatu karya.

3. Si Pemikir Kritis

Ilustrasi si pemikir kritis
Ilustrasi si pemikir kritis | Pexels.com/YanKrukov

Tipe ini biasanya ada pada tipe pekerja discerner yang memiliki pemikiran kritis dan insting yang baik. Dengan cara berpikirnya yang realistis, tipe ini akan selalu berusaha mengembangkan setiap pekerjaannya hingga maksimal. Si pemikir kritis ini tentu sangat dibutuhkan para kaum inventor dalam melihat sisi-sisi lain suatu pekerjaan yang dirasa masih kurang.

4. Si Moodbooster

Ilustrasi si moodbooster
info gambar

Karyawan dengan gaya bekerja tipe galvanizer akan selalu menjadi kesayangan para rekan kerjanya, karena ia selalu punya keceriaan dalam setiap kehadirannya. Sayangnya, tipe ini akan sulit bekerja sendirian dan lebih menyukai bekerja dalam kelompok dan berdiskusi satu sama lain.

Tipe galvanizer juga dikenal sangat humble bagi para rekan kerjanya, dan nggak segan merangkul siapapun di lingkungan tempatnya bekerja.

5. Si Introvert

Ilustrasi si introvert
Ilustrasi si introvert | Pexels.com/PavelDanilyuk

Punya rekan kerja yang suka menutup diri? Mungkin dia termasuk dalam tipe bekerja enablernih, Goodmates. Mereka cenderung sangat teliti dan perhatian pada detail sekecil apapun dalam setiap pekerjaannya.

Salah satu keahlian si enabler ini adalah kemampuannya dalam perencanaan yang matang. Ia juga dikenal gigih dalam setiap pencapaian kerja sesuai target yang diinginkan.

6. Si Workaholic

Ilustrasi si workaholic
info gambar

Tipe bekerja tenacious biasanya kerap dianggap sebagai pekerja yang workaholic dan punya karakteristik kaku. Ia akan terus menekuni pekerjaannya hingga sesempurna mungkin menurut penilaiannya. Hmm, padahal terus menerus bekerja tanpa kenal waktu juga nggak baik loh, Goodmates. Kita juga harus mengenal Work-Life Balance, kan?

Nah, dari beberapa jenis gaya bekerja tadi, tipe manakah yang paling cocok dengan karakter bekerja Goodmates saat di kantor?

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini