Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange

Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange
info gambar utama

GoodMates mungkin sudah tidak asing lagi dengan Doctor Strange, film pahlawan super Amerika dan bagian dari Marvel Cinematic Universe. Siapa sangka, ada satu aktor keturunan Indonesia yang terlibat di dalam film tersebut. Ia bernama Raden Topo Wresniwiro, pemeran karakter Master Hamir.

Raden Topo merupakan aktor keturunan Indonesia yang berkebangsaan Inggris. Ia diketahui lahir di Semarang, Jawa Tengah. Sejak muda, ia sudah pindah ke London dan menetap di sana hingga kini. Namun, menurut beberapa sumber, Raden Topo juga pernah tinggal di Yogyakarta dan Jakarta.

Baca Juga: Makin Go Internasional, Reog Ponorogo Tampil di Belgia

Dari akun LinkedIn-nya, Raden Topo memiliki gelar sarjana Pendidikan Matematika dan pascasarjana di bidang Molecular Science.  Ia mendirikan Topo Tutorials sejak tahun 2009 dan bekerja sebagai guru privat matematika, studi bisnis, karate, dan ESOL (English for Speakers of Other Languages).

Sosok Raden Topo kembali menjadi perbincangan setelah kemunculannya di film Doctor Strange 2:Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sebetulnya, ini bukan kemunculan perdana Raden Topo dalam Marvel Cinematic Universe. Keterlibatannya bermula saat ia memerankan karakter yang sama di film pertama Doctor Strange tahun 2016 lalu.

Baca Juga: Diana Putri, Desainer Indonesia di Balik Comeback Terbaru BLACKPINK

Master Hamir, karakter yang diperankan Raden Topo, dikisahkan sebagai anggota Master of Mystic Arts yang tinggal di sebuah kuil bernama Kamar-Taj. Kuil tersebut merupakan tempat Stephen Strange (Benedict Cumberbatch), karakter utama Doctor Strange, menyembuhkan tangannya sekaligus belajar sihir. 

Strange sempat mengira bahwa Master Hamir adalah Ancient One  (Tilda Swinton). Padahal, Hamir sejatinya hanya diminta oleh Ancient One untuk menunjukkan kebolehan sihirnya di hadapan Strange. Hamir memiliki peran yang cukup penting dalam film ini, terbukti dengan kemunculan kembali karakter tersebut dalam sequel Doctor Strange yang tayang di Indonesia pada bulan Mei 2022.

Baca Juga: Fakta Seputar Ticket to Paradise, Film Hollywood dengan Latar Bali

Karier Raden Topo di dunia film bisa dikatakan cukup cemerlang. Ia juga pernah muncul di beberapa judul film terkenal lainnya. Raden Topo muncul sebagai cameo dalam film Star Wars: The Force Awakens (2015) dan memerankan karakter Ubert Quaril. 

Selain itu, ia juga bermain di Maleficent: Mistress of Evil (2019) sebagai karakter Tundra Spiritual Fey. Sebelumnya, Raden Topo mendapat peran sebagai penasihat spiritual di film 47 Ronin (2013). Filmografi Raden Topo ini menambah catatan panjang keterlibatan orang Indonesia dalam karya sinema dunia. 

Referensi: CNN Indonesia | insertlive.com | Prambors

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini