Belajar Alam Seru Di Museum Nasional Sejarah Alam Nasional Bogor

Belajar Alam Seru Di Museum Nasional Sejarah Alam Nasional Bogor
info gambar utama

Kota Bogor merupakan kota dengan berbagai macam destinasi wisata. Tidak heran jika kota ini menjadi banyak incaran wisatawan. Selain terkenal dengan kulinernya, Bogor juga dikenal dengan destinasi wisata alam yang beragam. Bicara mengenai alam, terdapat museum yang menyajikan edukasi mengenai tumbuh-tumbuhan di Indonesia yaitu Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret kerangka Ikan Paus pada Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia yang biasa disingkat menjadi “MUNASAIN” merupakan museum yang menampilkan keanekaragaman jenis flora dan fauna Indonesia. Museum ini merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia yang digagas oleh mantan Kepala LIPI, Prof. Dr. Sarwono Prawiroatmodjo dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1982 oleh Menristek Prof. Dr. Ing. B.J.Habibie di masa jabatannya. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia menawarkan edukasi terkait etnobotani, biogeografi, taksonomi, dan geologi dari koleksi flora dan fauna yang ada di museum ini.

Potret Bunga Raflesia arnoldii pada Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Kamu pasti sering mendengar bunga Rafflesia arnoldii kan?

Nah, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini memiliki edukasi lengkap terkait jenis-jenis tanaman langka di Indonesia, serta ratusan rempah-rempah di Indonesia seperti kencur, kunyit, jahe dan masih banyak lagi. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga membahas keanekaragaman Indonesia dari mulai Sabang sampai Merauke seperti mainan anak-anak, alat musik, pakaian tradisional, dan lainnya.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisikan awal mula perkembangan penelitian hayati, kekayaan alam Indonesia, dan orang-orang yang berjasa mengarsip kekayaan alam di Indonesia Indonesia. Lalu pada lantai kedua menampilkan informasi mengenai kearifan lokal masyarakat Indonesia dan pengetahun dari masa ke masa terhadap pemanfaatan keanekaragaman hayati.

Potret sudut interaktif pada Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga dikemas dengan visual interaktif dan modern sehingga para pengunjung tidak akan cepat merasa bosan lama-lama berada di dalam museum. Seperti namanya yaitu Museum Sejarah Alam Indonesia, museum ini juga menampilkan binatang asli yang sudah dikeraskan dan diawetkan seperti harimau Sumatra, penyu, tupai, dan macan pohon.

Tidak hanya berhubungan dengan flora dan fauna di Indonesia, museum ini menyajikan hal-hal yang sangat berdampingan dengan masyarakat Indonesia seperti adanya area permainan anak-anak. Area ini menyajikan permainan-permainan jaman dulu saat kita masih anak-anak, area ini membuat kesan nostalgia pada pengunjung lokal. Tidak hanya ini, bagian menarik dari museum ini juga menampilkan suasana Bogor dari masa ke masa. Kerajinan masyarakat Indonesia juga dapat ditemui di museum ini seperti tikar, keranjang, penutup kepala dan masih banyak lagi.

Fasilitas Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret sudut interaktif dan informatif pada Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Saat mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia kamu tidak perlu khawatir jika tersesat, karena di setiap sudut museum dan pintu masuk selalu ada informasi tata letak dan ruangan yang ada. Untuk fasilitas umumnya, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia tergolong lengkap dengan perpustakaan, ruang multimeda, tempat istirahat, toilet, mushola dan tempat parkir yang luas.

Potret sudut interaktif dan estetik pada Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Spot foto di museum ini juga bisa ditemui di hampir seluruh sudut museum karena desain museum ini yang modern dan estetik. Museum ini sudah dikemas semenarik mungkin untuk membuat kenyamanan pengunjung, sehingga ketika kamu berkunjung ke museum ini tidak akan ada kesan kuno sebagaimana kamu pikirkan tentang museum.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret depan Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Jika kamu berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja per orangnya. Harga yang terjangkau dengan edukasi menarik yang ditawarkan museum ini. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan hanya perlu membayar sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Museum ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dan dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Dan untuk kalian yang ingin belajar mengenai sejarah alam di Indonesia secara langsung tempat ini sangat cocok untuk mendapatkan edukasi yang beragam tanpa harus membaca buku. Yuk berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia !

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini