Bercengkerama Dengan Monyet Di Sangeh Monkey Forest Bali

Bercengkerama Dengan Monyet Di Sangeh Monkey Forest Bali
info gambar utama

Bali merupakan kota yang terkenal dengan banyak pilihan destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya destinasi pantainya yang indah dan menarik, Bali juga memiliki destinasi wisata alam yang tersembunyi dan tentunya tak kalah menarik salah satunya adalah Sangeh Monkey Forest yang terletak di Jalan Brahmana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Sangeh Monkey Forest merupakan destinasi wisata alam yang dirintis pada 1 Januari 1969. Tempat ini merupakan hutan pala sangeh yang dihuni oleh kera abu-abu ekor panjang yang jumlahnya lebih dari 600 ekor. Masyarakat sekitar meyakini bahwa keadaan mereka dianggap sebagai jelmaan Prajurit Putri yang dirubah bentuknya menjadi monyet-monyet. Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar menjadikannya sebagai daerah suci. Masyarakat sekitar juga tidak berani untuk mengganggu mereka karena mereka dianggap kera suci sakral yang membawa berkah.

Wisata alam monyet, hijau, dan pepohonan di Sangeh Monkey Forest Bali

Bagi kalian yang suka bercengkerama dengan hewan, obyek wisata ini merupakan pilihan yang tepat. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan para monyet seperti memberi makan ataupun hanya sekedar berfoto bersama. Tapi harus selalu diingat kalian juga harus waspada terhadap barang bawaan seperti topi, gelang, tas dan aksesoris lainnya karena dapat mempengaruhi perhatian para monyet. Untuk mencapai lokasi, kalian dapat menggunakan kendaraan angkutan umum dari terminal Wangaya Denpasar ke jurusan Petang. Jarak yang ditempuh kira-kira 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Berfoto dengan patung Kumbhakarna, wisata alam hijau, dan pepohonan di Sangeh Monkey Forest Bali

Dikenal sebagai obyek wisata terkenal sekaligus tempat suci bagi masyarakat setempat, Sangeh Monkey Forest memiliki area suci bagi masyarakat Bali berupa dua buah pura yang berada di tengah-tengah hutan yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari. Terdapat juga peraturan bahwa wisatawan yang sedang datang bulan atau menstruasi maupun salah satu anggota keluarganya ada yang meninggal diharapkan tidak memasuki kawasan Pura.

Spot Foto Menarik Di Sangeh Monkey Forest

Berfoto dengan monyet, wisata alam hijau, dan pepohonan di Sangeh Monkey Forest Bali

Rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke tempat wisata tanpa mengabadikan momen yang ada. Di Sangeh Monkey Forest kamu dapat menjelajahi banyak spot foto unik dan estetik. Setiap sudut daerah obyek wisata ini memiliki kesan estetika yang dapat dijadikan sebagai spot foto yang instagrammable.

Pura dalem agung, wisata alam hijau, dan pepohonan di Sangeh Monkey Forest Bali

Mulai dari pintu masuk gapura hingga jalan setapak yang diiringi pohon yang menjulang tinggi dapat dijadikan sebagai spot foto. Tidak jarang area tersebut dijadikan sebagai tempat foto prewedding bagi masyarakat setempat dan wisatawan. Sangeh Monkey Forest juga menyediakan paket pemotretan mulai dari Rp 200.000 - Rp 500.000.

Fasilitas Dan Jam Operasional Di Sangeh Monkey Forest

Fasilitas dan jam operasional wisata alam monyet di Sangeh Monkey Forest Bali

Sangeh Monkey Forest menyediakan kenyamanan untuk para pengunjung dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi, tempat parkir yang luas, pos jaga keamanan, sampai jasa pelayanan foto dan pemandu wisata selama berwisata di Sangeh Monkey Forest ini. Wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas Bali di tempat penjualan souvenir di sekitar area Sangeh Monkey Forest.

Untuk menikmati keindahan dan kesejukan Sangeh Monkey Forest sekaligus bercengkerama dengan para monyet, wisatawan hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk orang dewasa serta tarif parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Sangeh Monkey Forest dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.30 hingga 18.00 WITA. Dan untuk waktu terbaik berkunjung disarankan pada pagi hari dan sore hari karena udaranya yang masih sejuk dan belum ramai dengan wisatawan.

Nah, itulah informasi singkat mengenai Sangeh Monkey Forest Bali yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung kesana. Semoga artikel ini bisa membantu memilih destinasi wisata kamu ketika berkunjung di Bali ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini