7 Rekomendasi Air Terjun Terindah Di Jawa Tengah

7 Rekomendasi Air Terjun Terindah Di Jawa Tengah
info gambar utama

Akhir pekan atau hari libur nasional memang menjadi kesempatan terbaik untuk bewisata dan sesekali menghirup udara bebas setelah menghabiskan waktu seminggu penuh untuk bekerja atau belajar. Terkadang pula kita bingung ketika ingin memilih destinasi wisata yang ingin kita kunjungi pada masa libur yang singkat tersebut. Oleh karena itu, untuk kamu yang menyukai wisata alam dan berada di sekitaran Provinsi Jawa Tengah. Berikut adalah 7 air terjun terindah di Jawa Tengah yang cocok kamu kunjungi untuk berwisata alam.

1. Air Terjun Bengkawah, Kabupaten Pemalang

Rekomendasi wisata alam Air Terjun Bengkawah Pemalang terindah Jawa Tengah

Air Terjun Bengkawah berasal dari kata “Bengkahan Tengah Sawah”, karena untuk mencapai lokasinya kamu perlu melintasi area persawahan dan hutan. Air Terjun Bengkawah memiliki 3 aliran air yang sangat deras dan melebar dengan air yang jernih serta menyegarkan.

Selain bentuk air terjunnya yang megah, di sepanjang perjalanan dan sekeliling area air terjun kamu akan menemukan suasana hutan yang masih asri karena air terjun ini masih dalam kawasan cagar alam sehingga kelestariannya masih terjaga. Untuk lokasi Air Terjun Bengkawah ini berada di Jl. Sikasur Simpur, Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Lawe Benowo, Kabupaten Semarang

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Lawe Benowo Semarang terindah Jawa Tengah

Air Terjun Lawe Benowo sebenarnya adalah dua air terjun yang berbeda tetapi pada satu kawasan yang sama. Air Terjun Lawe memiliki ketinggian 30 meter dengan debit air yang deras dan berada pada sebuah lembah, sedangkan Air Terjun Benowo memiliki ketinggian 40 meter dan terletak pada sebuah tebing tinggi.

Untuk menuju ke kawasan Air Terjun Lawe Benowo ini kamu akan melintasi kawasan hutan dan cagar alam yang masih asri dengan pemandangan dari ketinggian, serta jika beruntung kamu bisa melihat kawanan Lutung yang berayunan di kawasan hutan ini. Lokasi dari Air Terjun Lawe Benowo berada di Desa Kalisidi, Kec. Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

3. Air Terjun Sewu, Kabupaten Kendal

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Sewu Kendal terindah Jawa Tengah

Air Terjun Sewu merupakan objek wisata unggulan Kendal yang sekaligus air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian total mencapai 80 meter dengan bentuk yang berundah-undak. Air Terjun Sewu memiliki 3 undakan dengan masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Air terjun yang berada di ketinggian 650 Mdpl ini menyajikan pemandangan hutan pinus yang indah dan pada saat tertentu dapat terlihat pelangi yang muncul dari air terjun yang menambah keindahan Air Terjun Sewu ini.

Untuk mencapai kawasan wisata Air Terjun Sewu ini, kamu perlu menempuh jalur hutan pinus yang berkelok-kelok dan perkebunan warga yang menyegarkan mata dan sejuk. Selain itu, air terjun ini juga mudah diakses dengan kendaraan bermotor karena jalannya yang mulus dan tidak jauh dari jalan raya. Lokasi Air Terjun Sewu berada di Desa Curugsewu, Kec. Patean, Kabupaten Kendal.

4. Air Terjun Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Grojogan Sewu Karanganyar terindah Jawa Tengah

Air Terjun Grojogan Sewu terletak pada lereng Gunung Lawu sebelah timur dari Kota Karanganyar. Air Terjun Grojogan Sewu sendiri memiliki arti air terjun seribu yang berasal dari jumlah anak tangga menuju kawasan air terjun ini yang lebih dari seribu anak tangga dan ada juga yang mengatakan berasal dari derasnya air yang mengalir Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini berada pada kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu yang dihuni oleh sekelompok monyet-monyet yang siap menyambut kamu ketika menginjakkan kaki di kawasan air terjun ini.

Selain menikmati keindahan air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang di kolam renang yang dingin dan menyegarkan atau ber-outbond ria menggunakan flying fox. Untuk lokasi dari Air Terjun Grojogan Sewu berada di Jl. Raya Tawangmangu, Desa Sepanjang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

5. Air Terjun Jenggala, Kabupaten Banyumas

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Jenggala Banyumas terindah Jawa Tengah

Air Terjun Jenggala adalah air terjun yang menjadi pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu di kaki Gunung Slamet. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter yang terbagi menjadi 3 bagian pada ketinggian yang sama. Untuk kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini, kamu akan disuguhi pemandangan 3 aliran air yang deras dan sebuah spot berbentuk yang besar pada tengah area air terjun. Selain itu Air Terjun Jenggala ini menyajikan pemandangan perkebunan warga setempat dan Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan.

Untuk menuju kawasan Air Terjun Jenggala, kamu perlu menyusuri jalan setapak sekitar 800 meter atau menggunakan jasa ojek hingga ke kawasan air terjun. Dan untuk lokasi air terjun ini berada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas.

6. Air Terjun Telu, Kabupaten Banyumas

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Telu Banyumas terindah Jawa Tengah

Air Terjun Telu berasal dari tiga aliran air terjun yang berada pada area yang sama. Air terjun yang berlokasi di Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas ini memiliki ketinggian 8 meter dengan satu aliran air terjun yang sangat deras dan dua lainnya tidak begitu deras.

Selain bermain air dan menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Telu, kamu juga bisa mengunjungi Sendang Bidadari yang berada di sekitaran kawasan air terjun ini. Pada area sendang ini, kamu bisa berenang serta bermain air dengan udara yang segar dan air yang jernih. Kawasan Air Terjun Telu yang dekat dengan area hutan juga menjadi daya tarik tersendiri oleh kehadiran burung-burung eksotis dan jika kamu beruntung bisa bertemu dengan hewan-hewan hutan seperti musang, monyet, dan landak.

7. Air Terjun Sikopel, Kabupaten Banjarnegara

Rekomendasi wisata alam Air Terjun atau Curug Sikopel Banjarnegara terindah Jawa Tengah

Air Terjun Sikopel yang berada di Desa Babadan, Kec. Pagentan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Banjarnegara karena panorama alam sejuk dan indah yang disajikannya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan kedalaman 10 meter dengan letak diantara lereng bebatuan yang terjal.

Selain itu, Air Terjun Sikopel memiliki keunikan yaitu adanya sebuah goa dibalik air terjun ini yang konon terdapat tikus putih yang dianggap keramat oleh warga setempat. Nama dari Air Terjun Sikopel berasal dari peristiwa Bupati Kolopaking yang mendapatkan kopel kuda atau tali pengendali kuda saat bersemedi pada goa di balik air terjun ini. Daya tarik lain dari Air Terjun Sikopel ini adalah adanya mitos warga sekitar yang mempercayai bahwa air dari Air Terjun Sikopel dapat membuat awet muda apabila dibasuh ke muka atau badan.

Itulah rekomendasi 7 air terjun terindah rekomendasi dari GNFI yang bisa kamu kunjungi di Jawa Tengah. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya untuk menjadi referensi liburan di akhir pekan nanti ya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini