Perkokoh Hubungan, Indonesia Mantap Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Perkokoh Hubungan, Indonesia Mantap Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB
info gambar utama

Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina untuk meraih kedudukan sebagai anggota penuh PBB. Komitmen itu disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko widodo (Jokowi) kala menjamu kunjungan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa barat, Senin pagi (24/10/2022). Momen tersebut tentu kian memperkokoh hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin selama 33 tahun ini.

"Indonesia secara konsisten terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dan saya berharap kunjungan yang mulia dapat semakin memperkokoh hubungan yang sudah baik ini," tutur Jokowi.

Selain dukungan tadi, dalam pertemuan itu, Jokowi turut menyampaikan kesediaan Indonesia untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan serta pembangunan kapasitas, seperti otoritas obat dan makanan independen. Hal tersebut ditegaskan dengan telah ditandatanganinya sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian hibah bantuan.

"Ke depan, pemberian bantuan pengembangan kapasitas akan terus kita lakukan antara lain untuk UMKM, e-commerce, dan penanganan bencana," ujar dia.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa sokongan bantuan tak datang dari pemerintah saja. Tapi, masyarakat sipil pun banyak yang terlibat meringankan beban Palestina, di antaranya: Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang kini tengah mendirikan rumah sakit di kota Hebron, Palestina.

"Selain itu juga Indonesia (sedang) dalam proses penyaluran bantuan kepada Palestina melalui UNRWA (The United Nations Relief and Works Agency) dan ICRC (International Committee of the Red Cross)," ujar dia.

Jokowi menambahkan, bentuk bantuan lainnya yakni pemberian fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia. Prosedur yang sama untuk produk-produk lain pun akan menyusul. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka persiapan Palestina yang merdeka.

“Indonesia berharap kerja sama ekonomi dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang," ungkapnya.

Pasukan Penjaga Perdamaian PBB dan Peran Indonesia di Dalamnya

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini