Menikmati Kesunyian Dan Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali

Menikmati Kesunyian Dan Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali
info gambar utama

Pesona wisata alam Pulau Dewata Bali memang tidak pernah ada habisnya. Selain pesona pantainya seperti Kuta, Sanur, dan Pandawa, Bali juga menyimpan banyak tempat yang menawarkan keindahan serta pesona alam baru yang perlu kamu eksplor.

Salah satunya adalah Air Terjun Leke-Leke, air terjun indah dari Bali yang memberikan pesona ketenangan dan keanggunan khas Pulau Dewata ini.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Air Terjun Leke-Leke Bali yang cocok untuk self healing kamu!

Air Terjun Indah Di Tengah Hutan

Air Terjun Leke Leke di Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

Air Terjun Leke-Leke mungkin tidak seterkenal Air Terjun Sekumpul, Gitgit, atau Tegenungan yang biasa kamu dengar. Tetapi air terjun ini tetap memberikan pesona damai dan kesejukan udara dari pepohonan di sekitaran Air Terjun Leke-Leke ini. Sehingga air terjun ini sangat cocok bagi kamu untuk mengisi energi dari padatnya kehidupan perkotaan dan take a break dari overthinking kamu.

Air terjun yang dikenal dengan nama Kipuan Kebo ini dahulu dipergunakan sebagai tempat mandi dan minum kerbau. Lalu berganti nama menjadi Air Terjun Leke-Leke yang berasal dari lokasi air terjun ini yang sukar ditemui dan akses jalannya yang berliku-liku, sehingga oleh warga sekitar diberi nama Leke-Leke.

Air Terjun Leke Leke di Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan memiliki tinggi 32 meter

Dan saat kamu mengunjungi Air Terjun Leke-Leke, kamu akan dihadapkan dengan pemandangan air terjun setinggi 32 meter diantara rimbunnya pepohonan. Air Terjun Leke-Leke juga diapit oleh tebing tinggi, sehingga menimbulkan suasana terisolasi dari dunia luar. Tempat dari jatuhnya Air Terjun Leke-Leke juga menimbulkan sebuah cerukan yang terlihat seperti goa dan menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini. Air dari air terjun ini pun sangat jernih dan dingin karena berada di kawasan Gunung Sanghyang.

Di sekitaran Air Terjun Leke-Leke juga terdapat sebuah genah atau tempat untuk melukat atau meruwat berbentuk dua buah pancuran yang disediakan bagi warga sekitar untuk ritual melukat.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan dan Spot Foto

Ketika berkunjung ke Air Terjun Leke-Leke kamu dapat melakukan aktivitas seperti berenang serta bermain air di sekitaran air terjun ini, karena debit airnya yang tidak terlalu kencang.

Selain itu kamu dapat berswa foto dengan latarbelakang air terjun ini serta kamu bisa hanya duduk dan bermeditasi sembari menghirup dan merasakan indahnya alam Air Terjun Leke-Leke.

Dan bagi kamu yang tertarik untuk mengabadikan indahnya air terjun ini di feeds Instagram kamu, berikut adalah salah satu spot yang bisa kamu eksplor.

1. Berfoto Berdiri Menggunakan Latar Belakang Air Terjun Leke-Leke

1 Spot foto menarik di Air Terjun Leke Leke di Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

2. Berfoto Bersama Pasangan

1 Spot foto menarik di Air Terjun Leke Leke di Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

3. Berenang Di Air Terjun Leke-Leke

Rute menuju Air Terjun Leke Leke Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

Biaya Tiket Masuk dan Rute Lokasi

Rute menuju Air Terjun Leke Leke Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

Air Terjun Leke-Leke terletak di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Air terjun ini berada di jalur Denpasar-Singaraja dan jika kamu dari arah Kota Denpasar, kamu perlu menempuh jarak sekitar 50 km serta searah dengan objek wisata Danau Beratan Bedugul

Untuk mengakses air terjun ini kamu akan melewati kawasan pedesaan serta perkebunan warga. Dan setelah sampai di tempat parkir kendaraan, kamu perlu melanjutkan lagi dengan berjalan kaki melewati jalan setapak warga dan membayar tiket seharga Rp. 25.000/orang dan kamu akan dipandu warga setempat untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Jembatan Bambu menuju Air Terjun Leke Leke Bali yang sunyi dan indah di tengah hutan Tabanan

Lalu kamu akan melakukan perjalanan trekking ringan selama 20 menit dengan pemandangan hutan di sepanjang jalan menuju air terjun ini. Kamu juga akan melewati sungai dengan 2 jembatan bambu yang dibuat oleh warga sebelum kamu akan mencapai air terjun ini.

Air Terjun Leke-Leke juga dianggap sebagai kawasan suci oleh warga setempat, sehingga kamu diharapkan tetap menjaga etika, kesopanan, dan perkataan saat mengunjungi destinasi wisata ini. Serta ada larangan bagi wanita yang sedang menstruasi ataupun sedang mengalami kesebelan (waktu berduka karena keluarga meninggal) untuk mengunjungi kawasan Air Terjun Leke-Leke.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Air Terjun Leke-Leke di Bali ini. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan destinasi wisata di Bali yang ingin kamu kunjungi.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini