Pengilon Edupark, Wisata Keluarga Terbaru yang Sedang Hits di Temanggung

Pengilon Edupark, Wisata Keluarga Terbaru yang Sedang Hits di Temanggung
info gambar utama

Pengilon Edupark Temanggung merupakan wisata alam sekaligus eduwisata yang menyediakan berbagai kegiatan seru yang membuat para pengunjung lebih mencintai alam. Obyek wisata unggulan Jawa Tengah (Jateng) ini tepatnya berlokasi di Desa Pengilon, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jateng. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata keluarga yang menyenangkan sekaligus dapat mengedukasi buah hati tercinta, Pengilon Edupark bisa menjadi pilihan.

Daya Tarik Pengilon Edupark Temanggung

Pengilon Edupark mengusung konsep wisata edukasi dengan pemandangan alam yang indah dan modern. Begitu masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana asri, udara bersih, sejuk, dan segar, serta pemandangan alamnya yang mempesona. Tak heran karena taman rekreasi keluarga ini berdiri di lahan dengan luas sekitar 5,8 hingga 6 hektare di sekitar kaki gunung Sumbing yang diapit beberapa gunung seperti Sindoro, Merapi, Merbabu, Prau, dan gunung lainnya.

Daya tarik Pengilon Edupark lainnya adalah dibangunnya beberapa spot foto dan dekorasi untuk swafoto. Sarana ini kemungkinan menarget kawula muda yang menyukai aktivitas fotografi baik dari kalangan amatir maupun profesional.

Tak jauh dari tempat ini juga ada kebun kelengkeng yang luasnya mencapai 1,5 hektare. Melansir dari Antaranews, setidaknya telah ada 450 pohon kelengkeng yang bisa berbuah dalam jangka waktu setahun sehingga bisa menarik pengunjung untuk mengikuti wisata petik kelengkeng jenis new cristal.

Selain itu kawasan wisata ini juga menggandeng pihak masyarakat lokai untuk menghidupkan perekonomian di sekitar lokasi. Di antara obyek-obyek wisata di Pengilon adalah area untuk camping, campervan, glamping, dan sentra kuliner.

pengilon edupark malam hari

Suasana malam di Pengilon Edupark Temanggung @Instagram/pengilonedupark

Dilansir Suara Merdeka, setidaknya dalam jangka waktu ke depan, sentra kuliner dengan makanan dan minuman yang ditawarkan di area sekitar Pengilon akan lebih dikembangkan untuk menarik wisatawan. Pengelolaan ini melibatkan BUMDes dan masyarakat setempat.

Memang sekilas jika dilihat, suasana di Pengilon Edupark tak hanya indah saat pagi maupun senja, pesona malam dari taman wisata ini juga tak kalah elok. Pemandangan malam jadi lebih indah dengan banyaknya lampu yang menghiasi. Jika wisata kuliner turut berkembang di lokasi ini, kemungkinan obyek wisata ini semakin dikenal dan berpotensi menjadi unggulan bagi pariwisata khususnya di Jateng.

Fasilitas Pengilon Edupark Temanggung

gunung sumbing

Salah satu fasilitas di Pengilon Edupark, kolam renang dengan view Gunung Sumbing @Instagram/1drajat_

Wisata ini masih relatif baru dan belum 100% sempurna. Pohon-pohon yang ada di kawasan ini juga masih kecil. Pun begitu, wisata ini telah berhasil memikat para wisatawan dengan daya tarik yang dimilikinya. Apalagi fasilitas di taman wisata ini cukup lengkap, di antaranya:

  • Mini zoo
  • glamping park dan tenda
  • camping ground
  • All Terrains vehicles (ATV)
  • Kolam renang
  • Kebun kelengkeng
  • restoran 2 lantai yang menyediakan fasilitas live karaoke
  • cottage
  • restauran dan cafe
  • homestay
  • parkir luas
  • taman bersih
  • spot foto instagenic
  • mushola
  • toilet
  • gazebo
  • tempat duduk untuk bersantai, dll.

Jam Operasional

Jam buka taman wisata Pengilon ini dimulai pukul 10.00 hingga 20.30 setiap harinya.

Rute Pengilon Edupark Temanggung

pengilon edupark

Tak ada salahnya berlibur di Pengilon untuk relaksasi dari penatnya hidup @Instagram/pengilonedupark2

Pengilon Edupark berada di Sawah, Pengilon, Kec. Bulu, Temanggung, Jawa Tengah. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 9 km dari alun-alun kota Temanggung dan dapat ditempuh kurang lebih selama 20 menit.

Untuk menuju tempat wisata ini Anda bisa lewat alun-alun kota Temanggung kemudian masuk ke Jl. Gatot Subroto. Ikuti terus jalannya sampai ke Temanggung - Bulu. Setelah melewati puskesmas Bulu yang ada di kiri jalan, nantinya akan ada pertigaan, selanjutnya belok kiri ke arah Desa Pengilon. Kemudian Anda hanya perlu lurus terus sampai menemukan papan penunjuk arah Pengilon Edupark.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini