Kamu Fresh Graduate? Udah Punya 3 Hard Skill Ini?

Kamu Fresh Graduate? Udah Punya 3 Hard Skill Ini?
info gambar utama

Lulus dari jenjang kuliah tentu menjadi fase terakhir yang dinanti-nantikan. Betul apabila ini bukanlah akhir, tetapi baru permulaan untuk menghadapi fase selanjutnya. Menjadi fresh graduate pun tak semudah itu.

Fresh graduate merupakan sebutan bagi kamu yang sudah lulus sarjana dan akan melanjutkan untuk mencari pekerjaan. Jika semasa kuliah GoodMates betul-betul aktif kegiatan, seperti magang dan kepanitiaan atau bahkan sudah pernah bekerja sambil kuliah dulu, maka dapat dikatakan presentase kamu untuk mendapatkan pekerjaan lebih tinggi.

Aktif kegiatan selama kuliah pun belum tentu menjamin seratus persen kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan. Hanya saja karena kamu sudah memiliki pengalaman itu jadi CV (curriculum vitae) kamu dapat terlihat baik dimata HR (Human Resources).

Akan tetapi, kamu yang termasuk tak aktif pun tak perlu risau karena segalanya memang sudah diatur. Namun, kalau kamu tidak berusaha tentu tak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan begitu, pastikan diri kamu kembali apakah sudah memiliki tiga hard skill ini?

  1. Mampu Dalam Operasional Microsoft Office

Pertama dan paling utama, tiap perusahaan perlu karyawan yang pandai dalam operasional microsoft office, seperti word maupun excel. Perangkat dalam microsoft office memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Segala pembuatan dan pengolahan data-data yang ada perlu menggunakan microsoft office.

Terutama excel, kamu perlu mencatat, memformat, dan menghitung data secara rapi, akurat, dan cepat. Rumus-rumus yang ada di excel berguna untuk mempercepat perhitungan statistika sehingga tak perlu memakan waktu lama.

  1. Kemampuan Menulis

Menyambung dari kemampuan pertama, tak afdol jika kamu sudah cakap menggunakan microsoft office, maka kemampuan dalam menulis pun harus tepat. Dalam pembuatan laporan, proposal, data, dan semacamnya, writing skill menjadi skill yang tak boleh kamu sepelekan.

Mungkin sudah terdengar mudah, tetapi kamu perlu tahu bagaimana cara membuat rangkuman atau laporan yang tepat. Jadi, mulai asah lagi kemampuan menulis kamu, ya, GoodMates!

  1. Fasih Berbahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya

Last but not least, seperti yang sudah kamu tahu, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua setelah Indonesia yang harus kamu pelajari. Ketika kamu fasih berbahasa Inggris, tentunya jangkauan perusahaan yang dapat kamu masuk mencapai internasional.

United Nations, misalnya, jika PBB menjadi tempat pekerjaan impianmu, maka jangan sepelekan bahasa Inggris. Bahasa asing lainnya, mandarin, misalnya juga perlu kamu pelajari karena sebagian besar perusahaan asing di Indonesia pun di dominasi perusahaan China, sehingga kalau kamu fasih berbahasa Mandarin tentu menjadi nilai tambahan untuk CV kamu.

Itu dia ketiga hard skill yang harus kamu, terutama fresh graduate punya. Jangan pernah menunda-nunda waktu karena waktu berjalan dengan cepat dan hanya akan berakhir sia-sia saja kalau kamu tak memanfaatkannya dengan baik.

Bagaimanapun juga masa kuliah harus kamu isi dengan kegiatan lain selain kegiatan aktif pembelajaran karena kamu perlu untuk merasakan segala pengalaman luar biasa diluar sana yang tak akan pernah kamu sesali.

Justru bertindak pasif selama kuliah hanya akan membuat kamu menyesal karena tak melakukan hal-hal yang seharusnya kamu lakukan selama berstatus menjadi mahasiswa. Kegiatan apapun yang kamu lakukan sekarang menjadi penentu saat kamu berstatus sebagai fresh graduate.

Jadilah seorang fresh graduate yang sudah siap bertempur dalam derasnya persaingan diluar sana dengan memiliki banyak soft skill maupun hard skill, seperti ketiga hard skill diatas.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini