Ngarai Beji Guwang, Wisata Adventure Tersembunyi Di Bali

Ngarai Beji Guwang, Wisata Adventure Tersembunyi Di Bali
info gambar utama

Beji Guwang, sebuah ngarai sempit di aliran Sungai Guwang memberikan sebuah pengalaman adventure yang menantang. Destinasi wisata ini terletak di aliran Sungai Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, yang kurang lebih 14 km dari Denpasar.

Canyon atau ngarai ini terbentuk secara alami oleh pengikisan aliran Sungai Guwang serta letusan Gunung Agung berabad silam, dan hasil dari erosi ini menyebabkan sebuah cekungan unik dengan bentuk yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dan bagi kamu yang tertarik dengan petualangan yang menantang dan tidak biasa, mungkin kamu harus mengunjungi destinasi wisata ini.

Nah, sebelum mengunjungi Ngarai Beju Guwang, berikut Kawan GNFI rangkum tips dan ulasan singkat mengenai destinasi wisata alam ini.

Daya Tarik Ngarai Beji Guwang

Pura dan ukiran di Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

Ngarai Beji Guwang berada di Desa Guwang yang terkenal dengan pemahat patungnya. Salah satu hasil pahatan pemahat Desa Guwang seperti Patung Garuda Wisnu di pertigaan beji dan Patung Kebo Iwa di Pura Lumbung. Dan untuk arti nama dari Beji Guwang sendiri berasal dari kata “Beji” yang artinya pancuran air suci, yang berarti Pancuran Air Suci di Desa Guwang. Hal tersebut dikarenakan Sungai Guwang disucikan oleh penduduk sekitar dan airnya biasa digunakan saat kegiatan keagamaan.

Dan saat kamu mengunjungi destinasi wisata ini, kamu akan melewati Pura Dalem Guwang yang menjadi pintu masuk menuju tempat wisata ini. Lalu kamu akan menuruni tangga menuju sungai dengan bebatuan besar serta akar-akar menjuntai dari pepohonan. Kamu perlu menyusuri sungai ini dan melompat antar batu-batu, karena beberapa spot di sungai ini yang cukup dalam. Jadi diharapkan kamu menyiapkan tubuh yang prima sebelum memulai trekking di ngarai ini.

Daya tarik Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

Perjalanan dari pintu masuk hingga ke titik spot utama ngarai ini sekitar 700 meter dan jika kamu tidak kuat melanjutkannya hingga finish point, kamu bisa cukup bermain air di awal pintu masuk atau berfoto di pertengahan ngarai ini.

Lalu untuk kamu yang berhasil mencapai “Finish Point”, kamu akan disuguhi dengan pemandangan tebing setinggi 30 meter dan sungai bening berwarna kebiruan dengan ornamen batu kali hitam kecoklatan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Ketika sampai di Ngarai Beji Guwang ini kamu bisa melakukan aktivitas seperti.

1. Bermain air dan berenang di beberapa spot sungai

Bermain air dan berenang di Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

2. Berfoto dengan latar belakang ngarai.

Ngarai Beji Guwang di Bali menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

3. Bermeditasi.

Bermeditasi di Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

4. Mengikuti kegiatan peribadatan Pura Dalem Guwang.

Beribadah di Pura Dalem Guwang di Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

Fasilitas dan Rute Lokasi

Rute dan lokasi Ngarai Beji Guwang Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menantang

Ngarai Beji Guwang yang tersembunyi ini telah dikelola dengan baik oleh warga setempat, sehingga terdapat fasilitas parkir, toilet, dan disediakan jasa guide untuk memandu kamu mengeksplor Ngarai Beji Guwang ini serta memberi petunjuk selama berada di lokasi.

Karena selain sebagai pemandu jalan agar kamu tidak tersesat atau mengurangi kemungkinan kecelakaan, guide ini juga akan membantu kamu membawa barang bawaan dan memberikan petunjuk dari peraturan ketika berada di tempat suci ini.

Untuk menuju tempat wisata ini, kamu perlu melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Desa Ketewel dan Guwang. Lalu ketika melintasi Jalan Guwang kamu hanya perlu memerhatikan patung garuda yang berada di pinggir jalan dan 750 meter dari patung tersebut, kamu akan menemukan Pura Dalem Guwang. Dan kamu hanya perlu menuruni anak tangga hingga ke dasar lembah yang menjadi lokasi wisata Ngarai Beji Guwang ini.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini