Fokus Membaca Sambil Puasa Gadget Bersama Komunitas Kumpul Baca

Fokus Membaca Sambil Puasa Gadget Bersama Komunitas Kumpul Baca
info gambar utama

Kawan, apakah kamu termasuk salah satu orang yang gemar membaca? Maka beruntunglah kamu karena dapat dikatakan Indonesia memiliki komunitas buku atau baca yang cukup banyak. Sudah pernah tergabung?

Membaca jadi hobi yang cukup digemari banyak kalangan. Berbagai genre, kalimat maupun quote yang selalu penulis sisipkan selalu berhasil membuat Kawan jatuh cinta bukan. Melihat banyaknya penggemar buku ini membuat Komunitas Kumpul Baca terbentuk.

Kumpul Baca merupakan komunitas membaca yang akan mengajak Kawan untuk menyisihkan waktu selama satu jam untuk membaca buku. Segala genre buku dapat Kawan bawa untuk mengikuti komunitas ini.

Ayu, Dissa, Iko, dan Haries selaku founder dan co-founder Kumpul Baca mulanya adalah teman satu komunitas dan ternyata ke empatnya memiliki ketertarikan yang sama dalam hal membaca dan young empowerment.

“Arti namanya literally ngumpul untuk baca buku. Pilih itu karena cukup mudah diucapkan dan diingat,” Ujar Ayu selaku co-founder Kumpul Baca. Dalam kegiatannya, Kumpul Baca hadir secara offline di Jakarta.

Pandemi yang berlangsung dua tahun silam ikut berdampak pada orang-orang yang ikut dalam kegiatan Kumpul Baca. “Rata-rata masih belum seramai dulu sebelum pandemi. Paling banyak yang ikut 20-an, paling sedikit Cuma tiga di luar panitia,” Ungkap Ayu.

Lokasi pertemuan Kumpul Baca akan dibagikan informasinya melalui Instagram @kumpulbaca. Agenda Kumpul Baca diadakan tiap hari minggu pukul 16.00 - 18.00 WIB. Kawan yang memiliki waktu luang di hari minggu langsung saja ikut kegiatan Kumpul Baca.

Agenda yang akan Kawan dapatkan nanti, berupa satu jam pertama untuk fokus membaca buku yang dibawa dan satu jam setelahnya masuk pada sesi perkenalan dan diskusi. Diskusi ini dapat berupa berbagi tips membaca, tips atasi kesulitan menyisihkan waktu untuk membaca, dan masih banyak lagi.

Nah, jadi makin asyik dan produktif, bukan? Daripada bermalas-malasan dengan gadget di rumah, alangkah lebih baiknya Kawan bergabung pada komunitas yang sesuai dengan hobi masing-masing. Kalau Kawan hobi membaca, tentu Kumpul Baca jadi komunitas yang tepat.

Selesai membaca, langsung mendapatkan teman baru juga. Terlebih lagi bertemu teman-teman baru dengan kegemaran yang sama pastinya jadi kesenangan tersendiri untuk habiskan waktu weekend. Dalam sesi diskusi pun Kawan tak perlu malu-malu.

Mayoritas menganggap ketika berkumpul untuk membaca lebih senang hanya sekadar membaca saja. Padahal, berdiskusi setelah membaca pun akan memberikan manfaat lebih juga untuk Kawan agar makin tahu hal-hal seputar membaca atau buku bacaan yang siapa tahu Kawan punya selera yang sama dengan Kawan barunya.

Uniknya, Komunitas Kumpul Baca mendukung gerakan puasa gadget, artinya Kawan yang ingin datang ketika pertemuan disarankan tidak membaca buku melalui kindle, laptop, ipad, dan tablet atau dalam artian buku yang dibaca nantinya berupa e-book.

Pastikan Kawan membawa buku cetak karena bagaimanapun membaca buku yang dicetak memiliki sensasi tersendiri. Selain itu, Ayu dan kawan-kawan percaya ketika membaca melalui gadget akan berdampak pada kesehatan mata yang menurun dan cepat merasa lelah.

Kawan yang hobi membaca buku, tetapi sulit lepas dari gadget, bergabung dalam kegiatan Komunitas Kumpul Baca tentu akan bantu kamu lepas dari adiktif gadget!

Ayu pun berharap makin banyak yang tahu Kumpul Baca dan ikut dalam kegiatannya untuk sama-sama menikmati kegiatan membaca bersama di Kumpul Baca serta dapat melakukan kolaborasi dengan banyak pihak lain.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini