Sejarah Bakso, Varian Gorengnya Pernah Dinobatkan Jadi “Meatballs” Terenak Dunia

Sejarah Bakso, Varian Gorengnya Pernah Dinobatkan Jadi “Meatballs” Terenak Dunia
info gambar utama

Pada Juni 2022 lalu, TasteAtlas.com, salah satu platform kuliner terpercaya dunia pernah memberikan rating 4.6 dari 10 untuk bakso goreng asal Indonesia. Bakso goreng otomatis dinobatkan jadi kuliner “meatball” terlezat di dunia dibandingkan dengan bakso versi negara lainnya.

Disandingkan dengan bakso goreng Indonesia, ada qofte ferguara, bakso asal Rumania dan keftedakia dari Yunani. Keduanya diberikan rating 4.5 dari 10.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Meski “mengalahkan” varian aslinya, yang mana bukan digoreng, bakso goreng pada dasarnya tetap menjadi makanan khas Indonesia-China. Dari sini saja terlihat, varian Indonesia juga mendapat nilai kelezatan paling unggul dibandingkan bakso dari asalnya, yaitu dari China.

Salah satu yang menjadi alasan varian goreng menjadi yang terlezat adalah karena konsistensi bakso yang seharusnya terasa kenyal dari aslinya, menjadi pembeda dan ciri khas bakso dari variasi Asia lainnya.

Bakso sendiri memiliki sejarah panjang dan cukup terkenal, tidak hanya di Nusantara, tapi juga di dunia. Namun bakso dipercaya pertama kali bermula di masa akhir Dinasti Ming pada abad ke-17 Masehi. Mengutip Tirto dari Theepochtimes, alkisah ada seorang bernama Meng Bo yang tinggal di Fuzho, China.

Melihat ibunya yang renta dengan giginya yang tak mampu lagi mengunyah, Meng Bo memutar otak untuk menyiasati penyajian makanan dari daging yang lembut agar bisa dimakan oleh ibunya. Meng Bo pun teringat dengan mochi yang dibuat dari ketan dan ditumbuk sampai halus. Terpikirkanlah, “Bagaimana kalau teknik itu dilakukan pada olahan daging?”

Singkat cerita kisah Meng Bo dan resep baksonya tersebar luas, bahkan sampai ke Nusantara yang dibawa oleh kaum imigran dari China. Tadinya bakso dalam bahasa Hokkien adalah nama untuk daging giling dari kepala daging babi. Namun seiring berkembangnya penyebaran agama Islam, bakso pun dibuat dari berbagai olahan daging dari sapi, ayam, ikan, bahkan udang.

Meski dipercaya berasal dari China, namun “meatball” ala Indonesia ini juga kemungkinan telah dipengaruhi oleh Belanda karena sebagai peninggal jejak penjajah terlama di Nusantara. Belanda dan beberapa negara Eropa juga kala itu punya hidangan meatball yang biasanya disajikan juga dengan mie dan kuah kental. Sebut saja ini yang kita kenal dengan sebutan hidangan pasta.

Hal itu yang dipercaya memengaruhi hidangan bakso di Indonesia yang kerap disajikan dengan mie kuning. Hingga pada era modern, sudah banyak jenis bakso diciptakan atas inovasi manusia sesuai ciri khas dan daerahnya masing-masing.

Hidangan bakso seperti apa yang jadi favoritmu? Setujukah kamu bakso goreng masih jadi hidangan ternikmat di dunia?

Sumber: TasteAtlas.com, Tirto.id, Seasia.co

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini