10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia, Cek Disini!

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia, Cek Disini!
info gambar utama

Tahun ajaran baru menjadi momen tepat untuk mencari informasi terkait kampus favorit. Salah satunya adalah informasi terkait universitas swasta terbaik di Indonesia. Informasi ini akan sangat berguna bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di universitas swasta.

Bicara mengenai universitas swasta terbaik di Indonesia, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi berdasarkan data dari lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelly Symonds (QS). Lembaga ini telah melakukan pemeringkatan terhadap 687 kampus top di wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Indikator Pemeringkatan Universitas Terbaik

Foto: David Mark/ Pixabay

Tentunya dalam pemeringkatan universitas terbaik ada beberapa indikator yang digunakan. Berikut ini indikator yang digunakan Quacquarelly Symonds (QS) untuk menentukan peringkat universitas terbaik.

1. Reputasi akademik kampus

Indikator pertama yaitu reputasi akademik kampus sebesar 30 persen. Bagian pertama ini akan dinilai menggunakan data survei yang berasal dari global akademi yang dilakukan oleh QuacquarellySymonds (QS).

2. Reputasi pemberi kerja kampus

Indikator yang kedua ini diberikan sebesar 20 persen dan penilaian dilakukan oleh pemberi kerja lulusan. Mereka diminta untuk mengidentifikasi universitas yang dianggap menghasilkan lulusan terbaik.

Hasil survei tersebut kemudian digunakan untuk menginformasikan sejumlah proyek penelitian QS lainnya. Di antaranya adalah pentingnya peluang kerja dan prospek kerja bagi pelamar dan lulus universitas.

3. Rasio fakultas atau rasio mahasiswa tiap kampus

Pada indikator ini, nilai yang diberikan sebesar 10 persen. Indikator ketiga ini akan menilai rasio anggota staf akademik penuh waktu yang dipekerjakan per siswa yang terdaftar. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang banyak waktu kontak dan dukungan akademik yang diharapkan dapat diterima mahasiswa di kampus tersebut.

4. Jaringan penelitian internasional tiap kampus

Indikator ini memiliki nilai 10 persen. Indikator ini akan menilai tingkat keterbukaan internasional dalam hal kolaborasi penelitian untuk setiap lembaga yang akan dievaluasi. Indikator ini dihitung dengan Indeks Margalef yang digunakan dalam ilmu lingkungan.

5. Kutipan per makalah dan makalah per fakultas suatu kampus

Kedua indikator ini masing-masing diberikan nilai sebesar 10 persen dan 5 persen. Keduanya pun dinilai menggunakan data yang berasal dari database publikasi penelitian dan kutipan Scopus.

6. Staf dengan gelar PhD di suatu kampus

Indikator yang bernilai 10 persen ini melengkapi indikator rasio fakultas atau mahasiswa yang bertujuan memberikan ukuran proksi dari komitmen institusi terhadap pengajaran berkualitas tinggi.

7. Proporsi siswa pertukaran masuk dan keluar

Kedua indikator terakhir ini masing-masing bernilai 2,5 persen. Indikator ini tidak digunakan dalam pemeringkatan global, namun menawarkan wawasan tambahan tentang adanya aktivitas internasional di universitas wilayah Asia.

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Pemeringkatan yang dilakukan oleh Quacquarelly Symonds (QS) pada tahun 2022 menghasilkan 34 universitas negeri maupun universitas swasta terbaik di Indonesia. Melansir dari situs QS Top Universities (Sabtu, 4/11 ) berikut daftar universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2022

  1. Binus University, Jakarta (peringkat 220)
  2. Telkom University, Bandung (peringkat 401-450)
  3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta (peringkat 451-500)
  4. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (peringkat 451-500)
  5. Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta (peringkat 451-500)
  6. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (501-550)
  7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Yogyakarta (peringkat 601-650)
  8. Universitas Katolik Parahyangan, Bandung (peringkat 601-650)
  9. Universitas Muhammadiyah, Surakarta (peringkat 601-650)
  10. Universitas Pelita Harapan, Tangerang (peringkat 601-650)

Itulah universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi dalam mencari kampus impian. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu seluk-beluk terkait kampus tujuan agar dapat memilih kampus yang tepat.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini