Garang Asem, Kuliner Ayam Asam Pedas Asal Jawa Tengah

Garang Asem, Kuliner Ayam Asam Pedas Asal Jawa Tengah
info gambar utama

Jika berbicara mengenai kuliner Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang terkenal di tiap daerahnya masing - masing yang rasanya dijamin bikin nagih. Salah satunya yaitu kuliner Jawa Tengah.

Jawa Tengah memang terkenal dengan kulinernya yang identik dengan rasa manis bukan? Tapi siapa sangka ternyata ada juga kuliner jawa tengah yang memiliki cita rasa asam gurih, apalagi kalau bukan Garang Asem.

Garang Asem, Pedas Asamnya Ayam yang Dibalut Daun Pisang

Garang Asem, olahan ayam tradisional yang memiliki rasa asam pedas asal Jawa Tengah

Garang Asem merupakan makanan khas tradisional Jawa Tengah yang populer di Kudus, Semarang, Grobogan hingga Pekalongan. Nama Garang Asem di ambil karena makanan tersebut memiliki cita rasa pedas (Garang) dan asam (Asem). Namun ada cerita yang dipercaya bahwa nama Garang Asem diambil dari nama desa yang ada di Kudus yaitu Desa Garang. Oleh karena itu makanan ini sangat terkenal di Kudus dan banyak yang menjualnya.

Makanan yang satu ini berbahan dasar daging ayam yang kaya akan rempah dengan cita rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh dan pedas dari cabai serta gurihnya yang berasal dari santan yang dapat menggoyangkan lidah ketika mencicipinya. Dan uniknya Garang Asem dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dikukus selama berjam-jam.

Penggunaan daun pisang ini dipercaya dapat menjaga cita rasa asli Garang Asem ini. Meskipun terlihat sederhana, namun pembuatan Garang Asem harus menggunakan teknik yang baik. Jika tidak, maka Garang Asem yang disajikan dapat gagal.

Makanan Mewah untuk Bangsawan

Garang Asem, olahan ayam tradisional yang memiliki rasa asam pedas asal Jawa Tengah yang dibungkus daun pisang dahulu makanan bangsawan

Penggunaan rempah-rempah yang kuat dalam proses pembuatannya menjadikan Garang Asem memiliki harga menu yang paling mahal di beberapa rumah makan tradisional khas Jawa Tengah. Konon, dulunya Garang Asem ini adalah makanan mewah yang hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas atau bangsawan.

Hal tersebut dikarenakan daging ayam yang digunakan berasal dari ayam kampung yang harganya relatif mahal, sehingga masyarakat biasa hampir tidak dapat membeli untuk membuat Garang Asem. Namun sekarang, siapa saja dapat membuat dan mencicipi Garang Asem yang sudah seperti makanan sehari-hari.

Lalu ternyata terdapat perbedaan Garang Asem yang berasal dari Pekalongan. Berbeda dengan Garang Asem yang ada di Kudus atau daerah Jawa Tengah lainnya, di Pekalongan kuliner ini terbuat dari daging sapi yang diberi kuah bumbu kluwek dan diberi tambahan telur rebus.

Penyajian makanan ini juga berbeda dari yang biasanya. Bukan dibungkus dengan daun pisang melainkan Garang Asem langsung ditaruh dalam mangkuk dan disajikan, dan untuk rasanya lebih mirip seperti rawon.

Baca Juga Olahan Kuliner Ayam Lainnya: Ayam Taliwang Kuliner Khas Lombok dengan Sejarah Panjangnya

Resep Pembuatan Garang Asem

Garang Asem, olahan ayam tradisional khas Indonesia (resep, proses pembuatan, bumbu)

Nah, apabila kamu tertarik membuat Garang Asem, berikut ini adalah resep pembuatannya.

Bahan yang diperlukan

  • ½ Kg ayam kampung potong
  • 300 Ml santan
  • 6 Siung bawang merah
  • 3 Siung bawang putih
  • 3 Kemiri
  • 1 Jahe
  • Cabai sesuai selera
  • 15 Belimbing wuluh
  • 3 Tomat ijo
  • 1 Batang sereh
  • 3 Lembar daun salam
  • 1 Lengkuas
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap

Cara membuat

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, garam gula, penyedap dan jahe.
  2. Tumis bumbu halus tersebut bersama dengan daun salam dan sereh hingga wangi.
  3. Masukan santan dan terus aduk hingga mendidih. Kemudian masukkan ayam, tunggu hingga matang.
  4. Masukkan cabai, belimbing wuluh, tomat ijo yang telah diiris. Masak sebentar.
  5. Bungkus Garang Asem pada daun pisang. Kukus bungkusan Garang Asem selama kurang lebih 1 jam hingga matang dan meresap.
  6. Garang Asem dapat disajikan.

Bagaimana, sudah ngiler ingin langsung mencobanya? Jangan lupa sajikan Garang Asem ini bersama nasi putih hangat dan kerupuk untuk teman santap kuliner ini ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini