Menikmati Sate Klopo, Sate Bumbu Serundeng Khas Surabaya

Menikmati Sate Klopo, Sate Bumbu Serundeng Khas Surabaya
info gambar utama

Indonesia memiliki beragam jenis kuliner di setiap daerahnya. Untuk rasa memang tak usah diragukan lagi. Tak ada makanan Indonesia yang tak nikmat. Salah satu kuliner khas Indonesia yang tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja tetapi juga dunia adalah sate.

Sate sendiri memang kerap dicari oleh banyak wisatawan asing ketika berkunjung ke Indonesia. Di Indonesia pun sate ada banyak jenisnya. Beberapa daerah memiliki jenis sate khasnya masing-masing.

Sate Parutan Kelapa Khas Surabaya

Sate Klopo, Sate Daging Sapi dengan bumbu parutan kelapa atau serundeng dan saus kacang dari Surabaya

Apakah kamu pernah mendengar Sate Klopo?

Jenis sate yang satu ini memang tak banyak yang tahu. Padahal Sate Klopo ini menjadi ikon kota Pahlawan alias Surabaya. Kuliner yang menjadi legendaris Kota Surabaya ini wajib dicoba sebagai penanda kamu pernah mengunjungi kota ini.

Bentuk sate ini kurang lebih mirip dengan sate pada umumnya, tapi ada hal yang menarik dari sate ini sehingga menjadi ciri khas dan daya tariknya sendiri. Penamaan sate yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur ini diambil dari bahasa Jawa sendiri yaitu klopo yang berarti kelapa. Sate Klopo terbuat dari bahan utama daging sapi yang dilumuri parutan kelapa yang sudah dibumbui.

Hal ini bertujuan agar sate memiliki aroma gurih dan wangi. Penambahan parutan kelapa ini juga bisa membuat sate tidak gampang gosong. Penyajian Sate Klopo ini juga berbeda dari sate yang berbahan dasar sapi biasanya disajikan bersama saus kecap, namun Sate Klopo ini biasa disajikan bersama dengan saus kacang ditambah taburan kelapa parut sangrai atau serundeng di atasnya, sehingga menambah cita rasa yang lebih nikmat.

Kuliner Sate Legendaris Sejak 1945

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, Sate Daging Sapi dengan bumbu parutan kelapa atau serundeng dan saus kacang dari Surabaya sejak 1945

Jika bertandang ke Surabaya kamu wajib mencoba Sate Klopo ini. Terdapat warung sate yang sangat legendaris di Surabaya, salah satunya adalah Sate Klopo Ondomohen. Disini merupakan tempat yang menjual Sate Klopo paling lama di Surabaya, karena sudah ada sejak 1945 dan masih bertahan hingga sekarang.

Cita rasa di tempat ini tak pernah berubah karena menggunakan warisan leluhur. Jika mengunjungi warung sate ini, siap-siap harus sabar mengantri karena banyak sekali orang yang ingin mencicipi Sate Klopo legenda ini.

Dan tahukan kamu bahwa Sate Klopo ini sudah ada sejak tahun 1945. Pertama kali sate ini dibuat oleh Ibu Asih, dan pada awal Bu Asih membuka warung ini ia mendapatkan resep sate madura dari mertuanya. Namun ia memberikan sedikit inovasi dengan menambahkan kelapa parut ke dalam bumbu sate itu, sehingga sate itu diberi nama Sate Klopo.

Di Surabaya tidak hanya warung Sate Klopo ondomohen saja yang harus dikunjungi, tapi masih banyak pilihan warung Sate Klopo lain yang ada di tiap sudut Kota Surabaya. Namun apabila ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut resep pembuatan Sate Klopo.

Baca juga sate khas Indonesia lainnya: Mencicipi Sate Klathak, Sate Kambing Jeruji dari Jogja

Resep Mudah Membuat Sate Klopo di Rumah

Resep Sate Klopo, Sate Daging Sapi dengan bumbu parutan kelapa atau serundeng dari Surabaya

Nah bagi kamu yang ingin mencoba mencicipi Sate Klopo khas Surabaya ini, berikut adalah resep simpel dan mudah untuk membuat Sate Klopo khas Surabaya

Bahan-bahan yang diperlukan

  • ½ Kg daging sapi
  • ½ Kelapa muda, parut
  • 3 Siung bawang putih
  • 4 Siung bawang merah
  • 3 Sdm ketumbar
  • 1 Sdt garam
  • 1 Sdt gula
  • 1 Ruas kunyit bakar
  • Minyak secukupnya
  • Tusukan sate
  • Saus kacang
  • Cabai iris
  • Bawang merah iris

Langkah-langkah pembuatan

  1. Potong dadu daging sapi
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, gula, kunyit.
  3. Tumis bumbu halus tersebut bersama parutan kelapa. Aduk rata hingga matang dan tercium aroma wangi.
  4. Balurkan bumbu tersebut pada potongan daging sapi. Diamkan selama 30 menit.
  5. Tusuk daging pada tusukan sate.
  6. Bakar sate diatas arang hingga kedua sisi berubah warna dan matang.
  7. Sajikan sate dengan bumbu pelengkap seperti saus kacang, irisan cabai dan bawang merah.

Itu dia resep pembuatan Sate Klopo yang bisa kamu coba dirumah. Sajikan Sate Klopo bersama nasi putih hangat dan taburan kelapa yang telah disangrai atau serundeng supaya tambah nikmat. Selamat mencoba ya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini