Tercepat di Dunia, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Ternyata Buatan Indonesia

Tercepat di Dunia, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Ternyata Buatan Indonesia
info gambar utama

Pada hajat dunia kali ini, Tim nasional Indonesia masih belum mampu masuk dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kabar baiknya, Tim Garuda masih lolos ke Piala Asia 2023 nanti. Tampaknya, Indonesia lagi-lagi masih hanya harus menikmati siaran pertunjukan tim lainnya saja tahun ini.

Jadwal seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 pun akan dilakukan pada Minggu, 20 November 2022 pukul 16.00 WIB yang disiarkan langsung di Stadion Al-Bayt menjelang pertandingan pertama antara tuan rumah Qatar dan Ekuador.

Meski begitu sepanjang Kuallifikasi Piala Dunia tahun ini Indonesia patut berbangga. Ini karena akan ada "bumbu" Indonesia selama perhelatan ini diselenggarakan. Bola yang akan digunakan pesepak dalam acara ini ternyata Made in Indonesia.

Adidas resmi mengumumkan bola yang akan digunakan pada Piala Dunia 2022 dengan nama Al Rihla. Bola baru ini bahkan dilaporkan jadi yang tercepat di dunia saat berada di udara.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Bola Piala Dunia resmi ini merupakan bola ke-14 yang dirancang khusus untuk turnamen akbar tersebut. Al-Rihla sendiri dalam bahasa Arab artinya adalah 'perjalanan'.

Dibandingkan bola tercepat di edisi Piala Dunia Sebelumnya, Adidas mengklaim bahwa Al Rihla memiliki akurasi terbaik. Hal ini dijelaskan langsung oleh Direktur Football Graphihcs and Hardwear Adidas, Franziska Loeffelmann.

"Sepak bola menjadi lebih cepat dan semakin cepat. Akurasi dan stabilitas bola di udara menjadi sangat penting. Desain Al Rihla memungkinkan bola tetap terjaga stabilitasnya saat di udara," ungkapnya mengutip Bola.net.

Inti dari Al Rihla diciptakan selain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, bola ini akan mengikuti alur permainan yang cepat sambil tetap mempertahankan bentuknya. Diketahui sebanyak 20 panel bola digabungkan untuk membantu peningkatan aerodinamika sehingga memungkinkan pemain meningkatkan akurasi tembakan dan saat arah bola menukik atau berbelok tajam.

Selain itu, diketahui Al Rihla adalah model bola Piala Dunia pertama yang dibuat murni dari tinta dan lem berbahan dasar air. Dalam pernyataan resminya Adidas meluncurkan bola spesial ini sebagai tanda dimulainya tur global Adidas untuk membantu meningkatkan akses dan kesetaraan bagi komunitas sepak bola lokal.

Bola tercepat di dunia ini ternyata merupakan bentuk kolaborasi antara PT Global Way Indonesia di Kabupaten Madiun dengan Adidas. Perusahaan sepatu asal Jerman itu mempercayakan produksi Al Rihla ke sebuah pabrik di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madian.

Sejak kabar ini diungkapkan Adidas pada Juni 2022 lalu, pihaknya menyebutkan kalau pengiriman bola pertandingan Piala Dunia FIFA ini sudah mulai dikirim dari Madiun.

Pengiriman ekspornya pun diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sebanyak 50.000 bola pada pengiriman pertamanya kala itu.

General Manager PT Global Way, Jeftha Sunardi Wibowo, mengatakan perusahaan manufakturnya itu dipercaya untuk membuat satu juta bola pertandingan untuk perhelatan sepak bola dunia tahun ini.

"Produksi kita (kali ini) 100 persen untuk ekspor. Dan untuk produksi, kami memiliki dua lokasi yaitu Indonesia dan China, tapi yang terbesar di Madiun sebesar 60 sampai 70 persen (dari total produksi)," jelas Wibowo mengutip Bola.net.

Diketahui bola sepak resmi Al Rihla ini hanya dapat dibeli maluli laman resmi Adidas.com dan gerai ritel perusahaannya sejak 30 Maret lalu. Fakta kecil menarik lainnya, sebesar satu persen dari hasil seluruh penjualan Al Rihla akan diberikan kepada salah satu organisasi Common Goal.

Sumber: Bola.net, TheIndonesia.id

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini