Mengenal Apa itu Undangan Digital, Trending di Media Sosial!

Mengenal Apa itu Undangan Digital, Trending di Media Sosial!
info gambar utama

Beriringan dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat di Indonesia, kini seakan-akan semua hal dapat dilakukan di internet.

Pada era digital kini, kita sangat dimanjakan oleh dengan adanya akses internet yang tidak terbatas. Tentu, ini juga mempengaruhi keseharian manusia, yang mana seolah-olah tidak ingin ribet untuk melakukan suatu hal.

Seperti pada contohnya, undangan pernikahan digital website, ataupun undangan digital untuk acara lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai undangan digital yang kini marak digunakan.

Apa itu Undangan Digital?

Ilustrasi Undangan Digital | Foto: Acaranya.id
info gambar

Undangan digital adalah bentuk undangan non-fisik yang berupa video, gambar, ataupun website yang disebarkan secara online. Penyebaran undangan online ini biasanya melalui media sosial seperti WhatsApp, Telegram, dan sejenisnya.

Berbeda dengan undangan fisik yang memiliki jumlah tamu terbatas, dengan undangan digital kita bisa menambahkan jumlah tamu tanpa batas.

Tentu, kamu sudah tidak asing dengan jenis undangan yang satu ini. Pasalnya, sudah banyak penyedia layanan yang beriklan di berbagai media sosial.

Perbandingan Harga Undangan Digital WEB dengan Undangan Fisik

Berbicara soal harga, tentu menjadi faktor utama mengapa undangan digital kian kemari semakin menjamur. Perbedaan signifikan ini terlihat dari jumlah tamu undangan online yang tanpa batas. Tentu, ini menjadi kelebihan tersendiri dari undangan jenis ini.

Rata-rata, undangan fisik dibanderol dengan harga Rp1.000 per undangan. Ini berlaku kelipatan, jika tamu mencapai 200 orang, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp200.000.

Meskipun sebagian penyedia undangan digital ada yang membatasi tamu sesuai harga yang disediakan, kebanyakan layanan memberikan fitur tamu tanpa batas dalam sekali bayar.

Harga undangan digital website sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga Rp400.000, ini tergantung pada penyedia layanan dan fitur yang terdapat pada undangan online tersebut.

Apakah Undangan Digital Pantas untuk Disebarkan?

Undangan Pernikahan Digital | Foto: Naknikah.com
info gambar

Kini, banyak kaum milenial yang mengikuti trend dengan menggunakan undangan digital ini dalam berbagai acara, seperti pernikahan contohnya.

Sah sah saja jika undangan ini disebarkan oleh teman yang seumuran. Namun, sebaiknya tidak untuk tamu orang tua. Terlebih, jika kamu orang jawa yang terkenal dengan kesopanannya.

Untuk menghargai, alangkah baiknya menyebar dua model undangan (digital dan fisik). Yang mana, undangan fisik ini kamu kirimkan ke tamu yang lebih tua, terlebih untuk acara pernikahan.

Jangan sampai, adanya revolusi digital yang bisa kita rasakan saat ini melengserkan budaya, adat istiadat, etika, dan sejenisnya yang sudah ada jauh sebelum era teknologi masuk.

Mengetahui Deretan Fitur Undangan Digital

Undangan Pernikahan Online | Foto: Aqildigital99
info gambar

Kini, cukup banyak layanan yang membuka bisnis undangan digital, baik itu dalam bentuk website, video, maupun gambar.

Kali ini, saya akan membahas undangan digital website yang terkenal dengan adanya fitur lengkap, bahkan hingga transfer online. Apa saja fiturnya?

  • Opening: Biasanya berisi kata salam, dan nama tamu undangan.
  • Salam: Ucapan salam dari penyelenggara acara.
  • Foto Galeri: Terdiri dari 1-8 foto yang tampil.
  • Video: Jika untuk acara pernikahan, biasanya halaman video ini berisi love story.
  • Rundown Acara: Berisi susunan acara yang dijelaskan secara rinci.
  • Gift: Gift online baik berupa uang tanai melalui transfer, ataupun barang.
  • Kalender: Bisa menambahkan notifikasi kalender.
  • Maps: Mendapatkan petunjuk lokasi dari Google Maps.
  • DLL

Bagaimana? Apa kawan GNFI disini tertarik untuk menggunakan undangan digital?

Referensi: Vasiota | Fixioner

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini