Makin Tahu Manfaatnya, Makin Ingin Belajar Bahasa Asing

Makin Tahu Manfaatnya, Makin Ingin Belajar Bahasa Asing
info gambar utama

Dewasa ini, anak kecil hingga remaja sudah dipertontonkan animasi kartun maupun film berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dengan tujuan orang tua untuk memperkenalkan kosakata asing dalam mempersiapkan anak menghadapi arus globalisasi. Namun, masih ada sebagian anak yang masih belum mengetahui manfaat dari memelajari bahasa asing. Tidak masalah jika masih ingin mempertahankan bahasa daerah, tapi tidak ada salahnya juga untuk meningkatkan kemampuan linguistik dengan berbahasa asing selain bahasa daerah dan bahasa nasional yang telah melekat sejak kecil. Manfaat selengkapnya bisa dicermati berikut.

  1. Memperoleh Peluang Karier Lebih Baik
Karier | pexels.com (Andrea Piacquadio, 2018)
info gambar

Dengan mengetahui satu atau lebih bahasa asing, maka akan lebih dekat memperoleh peluang karier sesuai pekerjaan yang diimpikan. Kemampuan berbahasa asing dipergunakan saat melakukan komunikasi bisnis dan bermanfaat di lingkungan pekerjaan. Selain itu, pemberi kerja akan menilai kemandirian karyawan dalam mempelajari sesuatu dari kemampuan komunikasi berbahasa asing.

  1. Baik Bagi Kesehatan Mental
Mental Sehat | pexels.com (Riccardo, 2018)
info gambar

Studi menunjukkan bahwa belajar bahasa asing dapat meningkatkan performa otak dalam mengingat sesuatu, sehingga dapat mengurangi lupa dini. Hal ini dikarenakan untuk mengingat suatu kosakata asing dibutuhkan kinerja otak secara maksimal, sehingga otak semakin aktif bekerja dibandingkan berdiam diri. Mental yang sehat mampu menyerap informasi baru dan lebih bisa mengelola perasaan/mood dengan baik.

  1. Bertemu dengan Orang Baru dan Lebih Berani
Bertemu orang baru | unsplash.com (Toa, 2017)
info gambar

Bersosialisasi dengan orang baru, terutama dengan orang asing, merupakan harapan semua orang. Mempunyai kemampuan berbahasa asing dapat meningkatkan kepercayaan diri sendiri karena telah memperoleh dasar pembelajaran bahasa asing. Dengan begitu, berkomunikasi dengan orang asing semakin luwes dan juga memperoleh kosakata asing baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Sesering mungkin berkomunikasi dengan orang asing juga melatih keberanian untuk mengungkapkan sesuatu terlebih dahulu dan merespons pertanyaan atau pernyataan lawan bicara dengan tepat. Kesalahan merespons juga banyak ditemukan, sehingga tidak ada salahnya untuk menanyakan maksud apa yang lawan bicara ungkapkan. Semakin terus dilatih, maka nantinya akan menemukan cara yang tepat untuk merespons dari kesalahan sebelumnya.

  1. Kemampuan Belajar dan Stamina Tubuh Meningkat
Semangat Belajar | unsplash.com (Annie Spratt, 2020)
info gambar

Seperti dikatakan sebelumnya, otak yang diasah setiap hari dengan menyerap kosakata melalui membaca berita dari media asing dan berkomunikasi bersama orang asing dapat meningkatkan kemampuan belajar berbahasa asing secara tidak langsung dari segi teknik pembelajaran yang berbeda dan efisien sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu. Hal ini dapat menjadi teknik pembelajaran pada mata pelajaran maupun mata kuliah selanjutnya agar materi dapat mudah dipahami. Selain itu, berbicara bahasa asing membutuhkan performa fisik yang kuat dan stabil guna menyampaikan informasi dalam bahasa asing dengan baik. Semakin baik performa yang diberikan, maka stamina tubuh akan terbentuk dengan baik, baiknya dalam mengonsumsi makanan yang sehat nan bergizi.

  1. Memperluas Perspektif Baru
Melihat perspektif baru | unsplash.com (Joshua Newton 2017)
info gambar

Banyak topik pembicaraan yang bisa dibahas dengan orang asing, salah satunya adalah menceritakan demografis kota atau negara asal. Bisa tanyakan cuaca yang sedang dihadapi atau destinasi wisata yang bisa dikunjungi apabila nantinya berlibur ke negara mereka. Saling bertukar informasi satu sama lain dapat menghargai pendapat, memperluas perspektif, dan meningkatkan informasi baru tiap harinya.

  1. Mengerti Kosakata Sulit Pada Film atau Serial Drama
Nonton Netflix | unsplash.com (Mahrous Houses, 2021)
info gambar

Banyak sekali idiom yang digunakan pada film maupun serial drama yang harus disesuaikan kembali dengan peribahasa yang digunakan di Indonesia. Seperti “killing two birds with one stone” yang selaras dengan peribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Dengan pemahaman idiom bahasa asing yang bagus, menonton film maupun serial drama semakin nyaman dan paham apa yang dimaksud oleh aktor.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika mau meningkatkan kemampuan linguistik. Tidak terbatas pada umur karena semua orang bisa belajar segala bahasa, apakah itu dimulai dari bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris, atau pun bahasa yang sering digunakan pada drama maupun anime yakni Bahasa Korea atau Bahasa Jepang. Memperkaya bahasa tidak menyurutkan rasa nasionalisme, melainkan lebih bisa menghargai bahasa dan membuka wawasan baru dari belajar bahasa asing. Mulailah memunculkan ketertarikan dari diri sendiri, mencari referensi bacaan maupun tontonan yang menarik dan edukatif, serta menuliskan beberapa kosakata unik untuk dicari artinya di Google. Selamat belajar!

"The only person who is educated is the one who has learned how to learn and change."

-Carl Rogers-

Referensi: Instagram @studywithatab

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini