5 Makanan Khas Gorontalo Asli, Wajib Dicoba dan Lezat untuk Semua Lidah

5 Makanan Khas Gorontalo Asli, Wajib Dicoba dan Lezat untuk Semua Lidah
info gambar utama

Makanan khas Gorontalo merupakan informasi penting yang wajib untuk diketahui. Gorontalo adalah sebuah kota yang berada di Pulau Sulawesi tepatnya di Sulawesi Utara. Gorontalo memiliki julukan yang khas yaitu Kota Serambi Madinah. Hal tersebut membuat Gorontalo sangat menarik dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Selain karena keindahan wisatanya, kota ini juga menyimpan berbagai macam olahan makanan khas Gorontalo yang tidak bisa diremehkan perihal kenikmatannya. Ada banyak makanan yang bisa Anda coba ketika berkunjung, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Melansir dari laman BPKP Gorontalo, berikut ini adalah 5 makanan khas Gorontalo yang wajib untuk dicoba.

#1 Binte Biluhuta

Makanan khas Gorontalo pertama yang wajib Anda coba adalah binte biluhuta. Makanan ini mungkin masih asing di telinga Anda, maka dari itu Anda perlu untuk mencobanya. Binte biluhuta adalah makanan yang terbuat dari jagung putih ketan yang dicampur dengan parutan kepala, udang dan suwiran ikan cakalang. Setelah itu disiram dengan kuah berbumbu rempah yang merupakan khas dari Gorontalo.

#2. Es Brenebon

Kedua adalah es brenebon. Ini adalah minuman yang lezat dan termasuk juga dalam makanan khas Gorontalo. Es brenebon merupakan es yang terkenal dengan kacang merahnya yang jarang ditemui di es-es yang dijual di tempat lain. tujuan diberikan kacang adalah sebagai penghias sajian dan juga memberikan rasa manis yang alami dari es brenebon.

#2 Sate Tuna Gorontalo

Makanan khas Gorontalo selanjutnya yang bisa Anda coba adalah sate tuna Gorontalo. Jika sate-sate di tempat lain menggunakan daging sapi, kambing, atau ayam, di Gorontalo, mereka membuat sate dengan bahan dasar daging tuna. Tidak hanya sate, olahan tuna yang lain juga masih bisa Anda santap di Gorontalo, seperti sashimi tuna, tuna bumbu woku, dada tuna bakar, sup ikan tuna, dan lain sebagainya.

#3 Tili Aya

Makanan ini mungkin masih terdengar asing di beberapa telinga orang di luar Gorontalo. Namun, di Gorontalo, camilan ini cukup terkenal. Tili aya adalah camilan yang biasa digunakan untuk lauk atau pelengkap nasi dan makanan berat lainnya. tili aya dibuat dari bahan dasar gula merah, dicampur dengan beberapa butir telur, dan santan kelapa. Semua adonan tersebut kemudian dikukus dan siap untuk disantap.

#4 Ayam Iloni

Ayam iloni adalah sebuah makanan khas Gorontalo yang juga wajib untuk Anda coba. Ayam ini merupakan ayam panggang yang menggunakan bumbu khas. Ayam iloni memakai bumbu rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya. Bumbu rempah tersebutlah yang membuat ayam ini terasa lezat dan berbeda dengan ayam bakar pada umumnya.

#5 Ilabulo

Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo yang unik. Bentuknya mirip seperti pepes karena dibungkus dengan daun pisang. Namun, ilabulo bukanlah pepes. Makanan ini merupakan jajanan yang terbuat dari sagu dan hati ayam yang diolah dengan menggunakan santan. Ilabulo merupakan makanan yang cocok untuk disantap pada siang hari dan Anda tidak akan menemui makanan ini di tempat lain selain Gorontalo.

Demikian adalah 5 makanan khas Gorontalo yang wajib dicoba. Sebetulnya, masih banyak makanan khas Gorontalo yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan makanan di atas. Maka dari itu, pastikan jika Anda berkunjung ke Gorontalo, cobalah satu persatu makanan khas Gorontalo yang tidak kalah lezat dari makanan khas daerah lainnya di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini