Memperingati Hari Memakan Apel Merah, Sudah Tahu Khasiatnya?

Memperingati Hari Memakan Apel Merah, Sudah Tahu Khasiatnya?
info gambar utama

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari memakan apel merah di Amerika Serikat. Apel merah yang dimaksud adalah jenis apel ‘Red Delicious’ berwarna merah, bukan jenis apel Fuji dengan garis-garis kuning di kulitnya. Apel merah ‘Red Delicious’ mempertahankan konsistensi kelezatan sejak abad ke 17 atau 1800-an hingga 1980-an ketika popularitasnya menurun. Setelah bertahun-tahun lamanya, para dokter mengonfirmasikan bahwa apel merah memiliki antioksidan tinggi pada tahun 2010. Meskipun tidak pasti asal-usul kapan ditetapkan hari makan apel merah, tetapi 1 Desember ditetapkan sebagai hari makan apel merah karena bertepatan dengan musim panen. Ada berbagai cara untuk mengikuti perayaan hari makan apel merah sebagai berikut.

  1. Memakan apel merah sebagai camilan sehat di kala jam istirahat makan siang. Jika bosan dengan cara yang biasa, apel merah bisa diolah menjadi beberapa makanan maupun minuman, seperti jus apel, selai apel, salad buah, dan kue pai apel. Dari sekian banyak olahan buah apel merah, kue pai apel menjadi favorit banyak orang saat perayaan hari makan buah apel merah.
Pai buah apel | unsplash.com (Priscilla Du Preez, 2020)
info gambar
  1. Membagikan apel merah kepada orang sekitar. Hal ini berkaitan dengan filosofi dan sejarah petani apel merah pada jaman dahulu. Filosofi dibalik perayaan memakan apel merah adalah sebagai bentuk kepedulian kesehatan bersama yang juga mengajarkan arti saling memberi antar sesama manusia.

Segudang Khasiat Apel Merah

Hari memakan buah apel juga mengajak semua orang memakan buah apel agar terhindar dari berbagai penyakit. Apel merah, yang mempunyai ciri khas kulit merah dengan rasa cenderung agak asam, sering digunakan sebagai cuka apel. Walaupun mempunyai rasa asam yang lebih dominan dibanding apel pada umumnya, tetapi apel merah mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Simak khasiat buah apel merah yang dikutip dari caloriebee.com berikut.

  1. Membantu melawan tumor kanker, termasuk tumor paru-paru, payudara, dan usus besar. Studi mengatakan bahwa ekstrak apel merah segar dapat menghambat pertumbuhan tumor pada kandungan fitokimia sebagai penghambat sel kanker payudara.
  2. Mengontrol kadar gula darah berlebih, terutama bagi penderita diabetes pada berbagai tipe. Studi yang telah dilakukan menyarankan mengonsumsi 3 apel dalam seminggu untuk mengurangi lonjakan maupun meningkatkan penurunan kadar gula darah pada tubuh.
Diabetes | unsplash.com (Mykenzie Johnson, 2020)
info gambar
  • Menjaga kesehatan jantung, yang membantu mencegah penggumpalan darah dan melawan hipertensi pada penderita kolesterol. Kandungan quercetin pada apel juga memiliki efek anti radang yang dapat membantu menyembuhkan peradangan arteri.
  • Mencegah asma agar tidak kambuh, para peneliti menyarankan mengonsumsi apel untuk membantu meredakan radang saluran udara dan masalah pernapasan lainnya.
  • Apel merah bagi jantung dan paru-paru | pexels.com (Karolina Grabowska, 2020)
    info gambar


  • Sebagai makanan otak, karena kandungan mineral pada apel dipercaya dapat meningkatkan aktivitas saraf otak, terutama merangsang sel-sel otak dalam menjaga sistem saraf. Bagi penderita alzheimer disarankan mengonsumsi apel untuk memperbaiki kerusakan pada saraf otak dan meningkatkan kinerja otak.
  • Apel Merah untuk kinerja otak | pexels.com (Oleksanr Pidvalnyi, 2019)
    info gambar
  • Sebagai antioksidan yang melindungi tubuh, dikarenakan tingginya kandungan beta karoten. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas, mencegah radang, antivirus.
  • Dapat menurunkan berat badan karena apel merah mempunyai serat tinggi dan kalori rendah cocok bagi yang sedang diet. Kebaikan apel merah juga dirasakan bagi kulit agar terlindungi dari kanker kulit, tetap sehat, dan awet muda.
  • Apel menurunkan berat badan | pexels.com (Annushka Ahuja, 2021)
    info gambar

    Meskipun asam, khasiat apel merah sangat menyehatkan bagi tubuh bagian luar tubuh maupun dalam tubuh. Inilah salah satu alasan ditetapkan adanya hari memakan apel merah untuk mengingatkan kepada semua orang betapa pentingnya mengonsumsi sebuah apel merah bagi tubuh. Perayaan hari memakan apel merah juga sebagai bentuk apresiasi masyarakat bagi petani apel merah untuk menjaga konsistensi apel merah dalam mendukung perekonomian petani. Bentuk apresiasi ini disalurkan secara baik oleh orang-orang dari negara beribukotakan Ankara, Turki, yang juga dikenal paling banyak mengonsumsi apel per orang di dunia. Segudang khasiat baik apel merah sayang untuk tidak dicoba, kan? Jika sudah pernah merasakan, bisa ceritakan khasiat yang telah dirasakan. Selamat mencoba!

    Referensi: National Today | Calorie Bee

    Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

    NU
    KO
    Tim Editor arrow

    Terima kasih telah membaca sampai di sini