5 Wisata Bukit Paling Populer se-Indonesia yang Wajib Dikunjungi Versi Traveliner

5 Wisata Bukit Paling Populer se-Indonesia yang Wajib Dikunjungi Versi Traveliner
info gambar utama

Tak terasa tahun 2022 akan segera berakhir, sudahkah memiliki rencana kemanakah sobat travel saat liburan akhir tahun nanti ? Tentunya liburan tanpa travelling bagaikan perangko tanpa lem, ada sesuatu yang kurang disana, terlebih lagi sejak adanya pandemi membuat aktivitas travelling menjadi sedikit tertunda.

Indonesia terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya. Tidak hanya gunung dan lautan tapi bukit juga menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer & menjadi pilihan saat berlibur bersama teman teman.

Bukit adalah bentang alam yang berada di dataran tinggi. Kata ‘Bukit’ menurut KBBI memiliki arti tumpukan tanah yang lebih tinggi daripada tempat sekelilingnya dan lebih rendah daripada gunung.

Bukit hijau dengan panorama yang membentang adalah pesona surgawi untuk para penikmatnya. Uniknya walau terlihat sama, ternyata setiap bukit memiliki panorama yang khas berdasarkan keasrian dan bentang alam yang ada disekitarnya.

Sebagai platform Travel & Culinary Blog, Traveliner menganalisa dan merangkum 5 bukit paling populer di Indonesia dengan ciri khas uniknya. Selain itu kami juga menyertakan informasi mengenai lokasi dan biaya yang harus dikeluarkan untuk sobat sobat yang hendak menjadikan bukit menjadi destinasi liburan.

Berikut adalah temuan utama kami :

Bukit Bintang
info gambar

Bukit Bintang

Bukit bintang menjadi bukti yang paling populer di Indonesia dengan rating 4,5 dan telah mendapat lebih dari 24.000 review. Bukit bintang ini berlokasikan di Jogyakarta, dan akan semakin ramai dikunjungi saat sore hingga malam hari.

Saat sore, sobat travel bisa menikmati indahnya sunset yang perlahan tenggelam di ujung kota. Saat malam pun sobat travel dapat melihat pesona cahaya lampu perkotaan dengan bintang bintang yang menghiasi kota Jogja.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, sobat travel bisa menghampiri restoran terdekat untuk menghabiskan malam dengan teman ataupun keluarga.

Uniknya bukit bintang ini menjadi satu satunya wisata bukit terpopuler yang tidak menyediakan tiket masuk. Sehingga perjalanan menuju bukit bintang ini pun cukup ekonomis, hanya perlu menyiapkan uang parkir dan menu makanan yang akan sobat travel makan.

Berikut detail lokasi Bukit Bintang :

Bukit Paralayang Watugupit
info gambar

Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit menjadi salah satu wisata bukit yang tak kalah populer dengan Bukit Bintang di kota Jogja. Seperti namanya keunikan dari bukit ini yaitu olahraga ekstrim yang patut sobat travel coba di bukit ini yaitu paralayang.

Bukit ini memiliki rating hingga 4,7 dengan total ulasan lebih dari 12.000 review melalui google review. Untuk sobat travel yang memiliki kecintaan terhadap olahraga ekstrim, bukit Paralayang Watugupit ini wajib untuk dikunjungi. Setelah menikmati paralayang, sobat bisa menikmati panorama sunset yang tenggelam di perairan selatan Jogja dengan keelokan pantai Parangtritis.

Berikut detail lokasi bukit Paralayang Watugupit :

Bukit Punthuk Setumbu
info gambar

Bukit Punthuk Setumbu

Rekomendasi bukit populer selanjutnya ialah bukit Punthuk Setumbu yang berada di sekitar Magelang. Bukit ini mendapat rating 4,5 dan telah mendapat lebih dari 8100 review melalui google review. Sesuai namanya, nama bukit ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu ‘Punthuk’ artinya gundukan atau bukit dan ‘Setumbu’ yang berasal dari kata ‘Tumbu’.

Dari atas bukit ini, sobat travel bisa melihat kemegahan candi Borobudur yang merupakan salah 1 dari 5 destinasi Super Prioritas oleh Kemenparekaraf. Selain itu candi Borobudur juga menjadi salah 1 ikon khas dari Magelang, Jawa Tengah.

Panorama sunrise dengan lautan awan dan siluet candi Borobudur serta 2 gunung di belakangnya yaitu gunung Merapi dan gunung Merbabu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi bukit Puthuk Setumbu ini.

Keindahan bukit ini juga sudah masuk dalam sebuah film dengan judul Ada Apa Dengan Cinta lho. Dalam film AADC bukit Puthuk Setumbu menjadi latar dari scene saat Rangga mengajak Cinta untuk menikmati sunrise

Berikut detail lokasi Bukit Setumbu :

Bukit Indah Simarjarunjung
info gambar

Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit ini biasa dikenal dengan nama BIS, barisan bukti yang mengelilingi danau Toba, salah 1 destinasi Super Prioritas oleh Kemenparekraf. Bukit ini mendapatkan review 4,3 dengan lebih dari 6700 review di google review.

Dari atas bukit Indah Simarjarunjung ini sobat travel dapat melihat barisan bukit yang mengelilingi danau Toba. Untuk sobat travel yang mencari wisata alam dengan spot kece, bukit Indah Simarjarunjung bisa menjadi list wisata sobat. Di bukit ini disediakan spot foto yang instagramable seperti ayunan, ataupun rumah pohon menambah keindahan dari panorama bukit ini tentunya.

Berikut detail lokasi bukit Indah Simarjarunjung :

Bukit Merese Lombok
info gambar

Bukit Merese Lombok

Salah satu bukit populer di daerah Nusa Tenggara Barat yaitu bukit Merese. Bukit ini telah mendapatkan rating hingga 4,7 dengan lebih dari 5400 review di google review. Bukit ini tak jauh dari destinasi Super Prioritas Indonesia, yaitu Mandalika.

Uniknya, lanskap dari bukit Merese ini dapat berubah-ubah menyesuaikan musim. Pada musim hijau, lanskap bukit berupa rumput hijau yang terlihat segar, sedangkan saat memasuki musim kering / kemarau lanskap bukit berubah menjadi rerumputan kering bewarna kuning kecoklatan.

Wisata alam ini ramai dikunjungi untuk menikmati sunrise maupun sunset yang langsung menghadap lautan Lombok yang cantik dan bersih. Untuk sobat travel yang ingin bermalam, di bukit ini sobat diperkenankan untuk camping dan menikmati keasrian alam serta berinteraksi dengan hewan ternak milik warga yang berkeliaran di alam bebas.

Berikut detail lokasi bukit Merese :

Itulah rekomendasi Top 5 destinasi bukti paling populer se-Indonesia versi Traveliner. Jadi bukit yang manakah yang akan menjadi list wisata sobat travel menjelang libur akhir tahun nanti ? Jadikan liburan akhir tahun menjadi lebih berkesan di wisata yang berkesan ya sobat!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini