Destinasi Wisata Klaten di Lereng Merapi Meraih Penghargaan API Award 2022

Destinasi Wisata Klaten di Lereng Merapi Meraih Penghargaan API Award 2022
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Ajang Pemilihan Pariwisata Terbaik Indonesia “Anugerah Pesona Indonesia (API)” kembali hadir di Tahun 2022. API Award merupakan momentum membangkitkan apresiasi terhadap potensi wisata daerah. Dalam penyelenggaraannya tahun ini, API Award tetap berkomitmen mendorong berbagai pihak, baik masyarakat, pemerintah, industri/swasta dan stakeholder terkait dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerah masing-masing. Pemilihan “Pariwisata Terbaik” ini dilakukan melalui voting berbagai nominasi yang masuk dalam kategori pemilihan melalui media sosial yang disediakan seperti Instagram, Facebook, YouTube dan SMS.

Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berhasil meraih penghargaan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Tak tanggung-tanggung, dua objek wisata alam Kabupaten Klaten berhasil meraih juara I dan juara III pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dua destinasi wisata yang meraih juara itu berada di lereng Gunung Merapi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kemalang.

foto : instagram.com/dolangirpasang
info gambar

Destinasi wisata pertama yang dinobatkan sebagai juara I adalah objek wisata Kampung Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Dimana meraih juara I pada kategori dataran tinggi. Objek wisata ini ternyata menyimpan pesona tersembunyi. Girpasang terpisahkan jurang dengan perkampungan lainnya di Tegalmulyo. Sebelumnya, satu-satunya akses menuju kampung itu hanya berupa anak tangga di tepian jurang yang dikenal dengan nama 1.001 anak tangga. Namun saat ini, Girpasang telah memiliki jembatan penyebrangan yang membentang sepanjang 120 meter, di atas jurang sedalam 150 meter. Pengunjung dapat menikmati pengalaman menantang untuk menuju kampung itu dengan melewati jembatan gantung dan juga merasakan sensasi meluncur dengan tali gondola di atas lembah Girpasang.

Selain menikmati keindahan alam kawasan Girpasang dan sekitarnya yang masih asri, pengunjung dapat menikmati kuliner di kawasan Girpasang dan sekitarnya. Warung-warung kopi mulai bermunculan.

foto : kompas travel
info gambar

Kemudian, destinasi wisata kedua di Kabupaten Klaten yang meraih penghargaan pada API Award 2022 adalah wisata Kali Talang Bikepark di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Destinasi wisata ini meraih Juara III pada kategori wisata olahraga dan petualangan.

Daya tarik utama dari area wisata ini yaitu pemandangan puncak dan kawah Gunung Merapi. Dari sini terlihat jelas kawah Merapi yang menganga hasil dari letusan pada tahun 2010, karena jarak area ini dari puncak Gunung Merapi hanya 4 km. Bagi Kawan GNFI yang tidak ingin mendaki, berkunjung ke Kali Talang menjadi sebuah pilihan untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi. Lokasi wisata ini berada di ketinggian 1.160 mdpl.

Selain untuk melihat pemandangan Merapi, di Kali Talang juga terdapat jalur khusus olahraga sepeda downhill. Model jalur ini yaitu enduro yang merupakan jalur lintas alam berupa tanjakan dan turunan tajam. Biasanya jalur ini digunakan komunitas pecinta sepeda yang menantang sambil menyaksikan pemandangan alam.

Kemudian, di sini juga terdapat area untuk berkemah namun hanya beroperasi pada akhir pekan. Pengelola melarang pengunjung untuk berkemah di luar waktu operasional. Alasannya karena di luar hari tersebut tidak ada yang mengawasi area itu. Larangan tersebut ada untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika aktivitas Gunung Merapi tiba-tiba meningkat.

Pencapaian penghargaan API Award 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI diharapkan tidak membuat pengelola objek wisata berpuas diri. Tetapi untuk memacu pariwisata di Kabupaten Klaten agar terus tumbuh dan berkembang sehingga mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah dan negara yang berdampak pada perekonomian warga.

Referensi:Klatenkab.go.id | Murianews.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini