Libatkan Kolaborasi Pentahelix Lewat Surabaya Bergerak Demi Lingkungan Bersih

Libatkan Kolaborasi Pentahelix Lewat Surabaya Bergerak Demi Lingkungan Bersih
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Surabaya selain terkenal sebagai kota pahlawan juga terkenal sebagai kota yang paling bersih di Indonesia. Walaupun disandang sebagai kota metropolitan kedua terbesar setelah Jakarta, Surabaya terus mengukir prestasi dibidang lingkungan. Mulai dari penghargaan Adipura Kencana 2019 sampai menjadi salah satu dari tiga kota di dunia yang mendapat penghargaan The Sustainable Cities and Human Settlements yang didukung secara penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan tersebut bisa terwujud karena Surabaya memiliki sistem pengolahan sampah terpadu yang sangat baik yang bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Baru baru ini, bertepatan dengan perayaan Hari Pahlawan pada 10 November 2022 Pemkot Surabaya meluncurkan program baru yaitu Surabaya Bergerak. Program ini merupakan kegiatan serempak melibatkan seluruh stakeholder Kota Surabaya untuk kebaikan bersama dalam keberagaman dan kearifan lokal. Gerakan sosial yang diinisiasi Suara Surabaya Media dan Pemerintah Kota Surabaya, dilakukan di kota Surabaya dan dibangun berdasarkan prinsip inklusif, kolaboratif, pro aktif, egaliter, kreatif, peduli, berlanjut, berorientasi pemecahan masalah dan tindakan konkret. Gerakan ini diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan masing-masing warga, dan bisa dilanjutkan ke aktivitas lain yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup warga Kota Surabaya dalam keberagaman. Sifat dasar gerakan ini adalah kesukarelaan dan inisiatif para pemangku kepentingan.

Surabaya Bergerak Hidupkan Tradisi Gotong Royong Warga. Sumber: Pemkot Surabaya
info gambar

Saat ini, kegiatan utama Surabaya Bergerak adalah membersihkan saluran air tersier yang ada di depan rumah warga. Jadi, sampah yang dihasilkan adalah sedimentasi hasil pengerukan dan pembersihan. Uniknya, program ini boleh diikuti oleh siapa saja selama berdomisili di Surabaya dan/atau yang peduli dengan lingkungan tempat tinggal Surabaya. Bagi Kawan GNFI yang berdomisili Surabaya dan tertarik untuk mengikuti kegiatan ini bisa mengisi formulir pendaftaran secara online ataupun offline. Peserta Surabaya Bergerak berbasis komunitas RT dan/atau RW di wilayah administrasi kota Surabaya. Untuk pendaftaran offline, Kawan GNFI bisa dilakukan di kelurahan-kelurahan wilayah Pemkot Surabaya.

Sebagai inovasi baru dari Pemkot, Surabaya Bergerak ini merupakan program pertama di bidang lingkungan yang melibatkan sinergi antara pemerintah dengan warga di tingkat paling bawah (RT/RW). Gerakan Surabaya Bergerak ini merupakan kolaborasi sinergi pentahelix (lima aparat) yaitu: Suara Surabaya Media, Pemkot Surabaya, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Komunitas Warga Surabaya. Setelah unit RT/RW mendaftar kegiatan tersebut, aparat Pemkot Surabaya akan datang ke lokasi setempat untuk melakukan kerja bakti bersama. Aparat Pemkot di tingkat kelurahan dan kecamatan akan mendampingi, mulai sebelum dan selama kerja bakti. Pendampingan ini juga sebagai bentuk komunikasi warga dan Pemkot Surabaya. Setelah kerja bakti selesai dilakukan, warga diwajibkan menentukan titik pengumpulan sampah sedimentasi yang dikemas dalam karung/glangsing. Kemudian, koordinasi bisa dilakukan via penghubung masing-masing kelurahan untuk dilakukan pengangkutan dan pembuangan. Di tahap ini, biasanya Pemkot juga akan menyediakan truk sampah gratis untuk mengangkut sampah hasil sedimentasi tersebut.

Untuk menyebarluaskan eksposur informasi tentang kegiatan Surabaya Bergerak, Pemkot bekerjasama dengan Suara Surabaya Media melalui penyebaran di media sosial. Para peserta kerja bakti bisa mengirimkan hasil foto atau video saat kegiatan berlangsung dan akan di liput di berbagai media sosial untuk meningkatkan awareness masyarakat Surabaya. Eri Cahyadi selalu Walikota Surabaya menyampaikan bahwa diperlukan sinergi antara Pemkot dan warga untuk menciptakan Surabaya sebagai kota yang bersih dan bebas banjir. Adanya semangat "Budaya Arek" dalam jiwa Arek-Arek Suroboyo dapat menjadi jawaban atas masalah sampah di Surabaya. Budaya ini dapat diterapkan dalam kegiatan kerja bakti dan gotong-royong. Kegiatan Surabaya Bergerak telah dilakukan sejak 13 November 2022. Kegiatan ni rutin di lakukan setiap hari Minggu pukul 06.00 pagi sampai dengan selesai atau sesuai kesepakatan warga.

Referensi:Surabaya Bergerak

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini