Geopark Karangsambung-Karangbolong, Dasar Samudera yang Tersingkap

Geopark Karangsambung-Karangbolong, Dasar Samudera yang Tersingkap
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Menjelajahi Geopark Karangsambung-Karangbolong di Kebumen, Jawa Tengah serasa menjelajahi dasar samudra tempat terbentuknya Pulau Jawa.

Pada kawasan seluas 543 km persegi ini, Kawan dapat mengeksplorasi proses terbentuknya batuan-batuan dasar samudra yang bercampur dengan batuan-batuan tepi benua. Proses tersebut merupakan hasil dari tumbukan lempeng Samudra Hindia Australia dengan lempeng Eurasia. Tumbukan lempeng tersebut lantas membuat batuan induk yang berada di dasar samudra terangkat kemudian tersingkap dalam kurun waktu jutaan tahun lamanya.

Berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi Nomor: 180/D5.1/PE.01.00/VIII/2022 30 Agustus 2022, menyatakan bahwa Geopark Karangsambung-Karangbolong terpilih sebagai Kandidat UNESCO Global Geopark. Diantara empat geopark lainnya, Geopark Karangsambung-Karangbolong menempati peringkat pertama karena keunikan lanskap dan potensi di dalamnya yang mendunia.

Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong ibaratnya adalah textbook-nya alam, karena disinilah berbagai macam geosite bersatu padu membentuk bentang alam yang tak ternilai harganya. Terbentuk atas tiga wilayah topografi yaitu utara dengan topografi yang tinggi tersusun atas batuan-batuan yang bervariasi, tengah dengan topografi yang lebih rendah tersusun atas dataran yang sifatnya endapan aluvial dan selatan yang tersusun unik karena karstnya.

Menjunjung tinggi nilai-nilai geodiversity, biodiversity dan culturediversity Geopark Karangsambung-Karangbolong tak hanya menyajikan keindahan bentang alam yang bervariasi, namun juga kekayaan budaya lokal dan keanekaragaman hayati. Tak heran, geosite yang ada di Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi destinasi wisata primadona yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Berikut ini adalah rekomendasi geosite yang Kawan dapat kunjungi selama berlibur untuk menikmati keindahan bentang alam geologi sekaligus mempelajari proses terbentuknya batuan yang dipercaya merupakan cikal bakal batuan induk pembentuk Pulau Jawa.

1. Puncak Wagir Sambeng

Puncak Wagir Sambeng | Foto: BRIN Indonesia
info gambar

Mempelajari bentang alam atau geomorfologi dapat diamati secara langsung di Puncak bukit Wagir Sambeng. Berada pada ketinggian 157 meter, Kawan dapat mengeksplorasi bentukan alam yang terjadi karena tenaga endogen dan eksogen sehingga membentuk geomorfologi yang unik.

Di bukit ini terdapat batuan rijang (chert) dan gamping merah yang berumur 60-80 juta tahun. Salah satu jenis batuan yang berasal dari lantai samudra dan dibuktikan dengan adanya fosil radiolaria yang menempel pada permukaan batuan.

2. Watu Kelir

Watu Kelir | Foto: PikiranRakyat.com
info gambar

Kawasan Watu Kelir menjadi satu contoh geosite yang unik yang hanya dimiliki oleh Geopark Karangsambung-Karangbolong. Pada area ini terdapat pertemuan dua jenis batuan yang berbeda yaitu batuan rijang dan gamping merah pada bagian bawah dan batuan lava bantal pada bagian atasnya.

Meski tak lazim, kedua jenis batuan tersebut menghasilkan keindahan geologi dan berbentuk menyerupai pagelaran wayang dengan seperangkat gamelan di atasnya. Keindahan Watu Kelir menyuguhkan spot foto yang menarik bagi Kawan yang ingin berbagi cerita di media sosial

3. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah | Foto: Hipwee.com
info gambar

Menikmati sunrise atau sunset sembari bersantai merupakan salah satu cara menikmati hidup.

Bukit Pentulu Indah menawarkan panorama yang menawan pada ketinggian 300 meter. Menyuguhkan pemandangan hijau dan teduhnya hutan pinus serta berlatar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing, menjadikan Pentulu Indah salah satu objek wisata dengan biodiversitas yang cantik dan indah.

Kawan dapat mengunjungi tempat ini untuk sekadar berfoto ataupun menikmati suasana alam bersama keluarga.

4. Waduk Sempor

Waduk Sempor | Foto: Mytrip123.com
info gambar

Berada pada wilayah topografi tengah kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, Waduk Sempor merupakan merupakan hamparan air beriak kecil dalam sebuah wadah alam buatan.

Dibalik fungsinya sebagai sarana irigasi teknis, Waduk Sempor menyimpan potensi keindahan wisata yang besar. Diapit oleh bukit-bukit geologis dan rimbunnya pepohonan semakin menambah kesejukan di area ini.

Kawan dapat menikmati keindahan Waduk Sempor sembari menyantap kuliner khas tempat ini yaitu mendoan.

5. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar | Foto: Tiket.com
info gambar

Merupakan salah satu potensi menakjubkan Geopark Karangsambung-Karangbolong yang terbentuk dari proses karstifikasi.

Merupakan geosite yang terbentuk dari batuan karst dengan panjang kurang lebih 200 meter. Goa Jatijajar memiliki banyak nilai-nilai yang dapat dipelajari, mulai dari nilai sejarah, arkeologi, sosial ekonomi hingga nilai ekologi.

Menyajikan keindahan diorama berupa stalaktit dan stalagmit yang mempesona, serta beberapa sendang yang menyimpan nilai mistis masyarakat lokal yang menarik untuk dipelajari.

Bagi Kawan yang ingin berpetualang di perut bumi, Goa Jatijajar tempatnya.

6. Pantai Menganti

Pantai Menganti | Foto: Penginapandieng.net
info gambar

Siapa yang tak kenal dengan pantai yang satu ini. Keindahan pasir putih dan bukit yang elok menjadikan Pantai Menganti disebut-sebut sebagai New Zealand-nya Indonesia.

Berada pada wilayah topografi selatan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, Pantai Menganti merupakan hidden gem yang eksotis.

Dikelilingi oleh bukit batuan columnar joint, menjadikan Pantai Menganti juga kaya akan geodiversitas.

Perpaduan antara pantai, pasir putih, bukit bebatuan dan batu karang di lepas pantai menjadikan panorama Pantai Menganti semakin elok dan menawan hati. Sehingga pantai ini menjadi salah satu geosite unggulan yang dimiliki oleh Geopark Karangsambung-Karangbolong.

Itulah beberapa rekomendasi geosite yang berada di kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong yang Kawan dapat kunjungi untuk hanya sekadar berwisata atau sembari mempelajari proses terbentuknya alam ini.

Geopark Karangsambung-Karangbolong menyimpan banyak sekali potensi menakjubkan yang tersusun atas potensi geologi, biodiversitas dan budaya lokal yang dimiliki oleh Kebumen sebagai salah satu anugerah luar biasa dari Tuhan.

Referensi:Geopark Kebumen

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini