Pesona Telaga Ngebel di Bumi Reog Ponorogo

Pesona Telaga Ngebel di Bumi Reog Ponorogo
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Kawan GNFI sudah menjejak ke kota mana saja di Indonesia? Negeri kita memang kaya dengan keindahan alam yang memanjakan mata, termasuk provinsi Jawa Timur dengan pesonanya tersendiri. Jika tiba di Bumi Reog Ponorogo, rasanya kurang lengkap, belum menikmati pesona Telaga Ngebel.

Telaga Ngebel menjadi salah satu wisata populer di Ponorogo, cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan. Ketenangan dan keindahannya menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung. Telaga Ngebel terletak di dataran tinggi.

Saat berkunjung ke sana, terasa angin sejuk menyerang kulit, istilah Jawanya adalah bediding. Suhu di sana sekitar 20 derajat celsius. Selain itu, kawan GNFI akan disuguhkan deretan pepohonan pinus di sekitar Telaga.

Lokasi

Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang letaknya berada di perbatasan kabupaten Ponorogo dan Madiun. Telaga yang terletak di kaki Gunung Wilis ini, berada di daerah Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Dari pusat kota Ponorogo, kawan GNFI perlu menempuh jarak 30 KM untuk sampai ke telaga. Akses dan transportasi ke Telaga Ngebel cukup mudah.

Dari informasi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Telaga Ngebel di ketinggian 734 meter di atas permukaan laut. Wisatawan silih berganti mengunjungi telaga yang luasnya sekitar 150 hektar. Lebih luas 5 kali dibandingkan Telaga Sarangan yang terletak di Magetan.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Telaga Ngebel terbuka selama 24 jam, sebab pintu masuknya merupakan jalan utama warga desa. Namun jam operasionalnya buka dari jam 08.00 sampai 18.00. Jika ada petugas yang berjaga, maka pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000. Harga tiket tersebut berlaku mulai bulan Juli tahun 2022.

Dokumentasi pribadi
info gambar

Menikmati Aktivitas dengan Pesona Telaga Ngebel

Menyusuri sekitar Telaga Ngebel sambil menikmati udara segar pagi hari, dapat ciptakan mood positif untuk memulai hari. Jika kawan GNFI penikmat momen matahari terbenam atau sunset, dapat mengunjungi desa Pupus, sekitar lima kilometer ke arah timur dari Telaga Ngebel. Lokasi tersebut dikenal dengan nama Ngebel Sunset View Point. Menikmati momen mentari tenggelam perlahan, bisa menjadi healing tersendiri. Jangan lupa siapkan kamera!

Selain itu, kawan GNFI akan menemukan berbagai spot menarik untuk mengabadikan tiap sudut yang Instagramable di sekitar Telaga Ngebel. Salah satunya adalah patung naga yang kerap menjadi latar belakang foto para wisatawan. Tidak ketinggalan, jelajahi juga rumah pohon di sana.

Wisata Air

Wisata air menjadi andalan aktivitas pengunjung di Telaga Ngebel. Kawan GNFI bisa menyewakan perahu motor dengan beberapa paket yang ditawarkan. Harga sewa mulai Rp 75.000 hingga Rp 160.000 untuk mengelilingi Telaga Ngebel.

Menikmati Kuliner

Melepas penat menikmati pesona Telaga Ngebel di bumi reog Ponorogo semakin nikmat sambil bersantap. Ada sederatan warung makan yang bisa menjadi pilihan dalam menikmati kuliner. Salah satu kuliner andalan adalah menu ikan hasil budidaya warga sendiri. Jika musim durian tiba, akan banyak pedagang yang menawarkan durian.

Bermalam di Telaga Ngebel

Jika ingin menginap dan menikmati suasana malam Telaga Ngebel, Kawan GNFI tidak perlu khawatir. Tersedia berbagai penginapan dan homestay yang menawarkan aneka fasilitas yang ramah di kantong. Kawan GNFI bisa juga mencari hotel yang dekat dengan Telaga Ngebel.

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan kehadiran Kawan GNFI, semoga menambah semangat pengelola untuk semakin menggeliatkan pesona wisata daerah.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini