Wajah Baru Kota Kebumen

Wajah Baru Kota Kebumen
info gambar utama

Pemerintah kabupaten Kebumen tengah melakukan penataan jalan di pusat kota. Sejak Juni 2021 hingga sepanjang tahun 2022 ini, pemerintah kabupaten Kebumen telah melakukan penataan dan perbaikan jalan di jantung kota Kebumen.

Penerapan Sistem Satu Arah (SSA)

Pada minggu awal Juni, pemerintah kabupaten Kebumen telah menerapkan secara permanen Sistem Satu Arah (SSA) di 4 (empat) jalan Protokol di Kebumen, yang sebulan sebelumnya telah dilakukan uji coba. Empat jalan tersebut adalah Jalan Pahlawan, Mayjen Sutoyo, Kusuma, dan Kolopaking.

Saat ini beberapa persimpangan seperti perempatan, telah dipasang rambu lalu lintas. Selain itu juga dipasang lampu Alat Pengatur Lalu Lintas (APLL) di beberapa titik. Selain di perempatan, APLL juga dipasang disejumlah titik persimpangan, seperti di simpang Wonoyoso, simpang empat urip jalan Sutoyo, dan simpang empat pegadaian.

Kebumen | Foto: Solopos.com
info gambar

Pengubahan Nama Jalan

Setelah diberlakukannya Sistem Satu Arah (SSA) di jalan pusat kota, Bupati kabupaten Kebumen selanjutnya melakukan perubahan nama pada sejumlah jalan. Beliau menegaskan, perubahan nama jalan ini tidak dilakukan secara tiba-tiba. Melainkan sudah dilakukan kajian yang mendalam melalui FGD dengan menghadirkan sekaligus mendengar masukan dari para tokoh agama, tokoh masyarakat, para pelaku usaha dan stakeholder lain. Dari situ disepakati perlu ada perubahan nama jalan di beberapa ruas kota Kebumen.

Adapun Jalan di Kebumen yang diubah yaitu :

1. Jalan Pahlawan diubah menjadi jalan Sukarno-Hatta. Jaraknya dari ruas jalan Tugu Lawet sampai depan Kantor Pos Kebumen.

2. Putaran alun-alun Kebumen masuk Jalan Pahlawan, Jalan Mayjen Soetoyo dan Jalan Veteran, kini diubah namanya menjadi Jalan Merdeka sebagai simbol Kota Perjuangan.

3. Jalan R. Bodronolo merupakan jalan yang sebelumnya Jl. Raya Soka dari lampu merah Simpang Empat Mertokondo sampai lampu merah Simpang Tiga Jalan Ronggowarsito, Pejagoan.

4. Jalan KH. Ahmad Dahlan merupakan jalan yang sebelumnya Jl. Raya Soka, dari lampu merah Simpang Tiga Jalan Ronggowarsito sampai lampu bangjo Simpang Lima Giwangretno.

5. Jalan dr. R Moehiman Kromoatmodjo, merupakan jalan baru letaknya Simpang Empat pada jalan Sarbini sampai ke arah Stadion terus sampai Simpang Tiga Jalan Arungbinang.

6. Jalan Kutoarjo-Kebumen diganti dengan Jalan KH. Hasyim Asy’ari, letaknya dari SPBU Kota sampai lampu merah Kedungbener.

7. Jalan Kasaran diganti dengan Jalan Pondok Tamansari letaknya dari Simpang tiga Jalan Bupati terus melewati Pondok Pesantren Tathmainul Qulub Tamansari Kelurahan Tamanwinangun sampai dengan Jalan Kejayan.

8. Jalan Lingkar Selatan diubah menjadi Jalan Kebumen Raya, letaknya dari lampu merah Simpang Lima Giwangretno, Sruweng sampai lampu merah Kedungbener.

9. Jalan Mangga diubah menjadi Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto, letaknya dari Simpang empat SMP N 5 Jalan Soekarno-Hatta ke arah selatan sampai Jalan Kolonel Sugiyono.

Selain mengubah nama jalan, Bupati Kabupaten Kebumen, Arif juga mengumumkan sekaligus meresmikan nama pendopo rumah dinas Bupati. Pendopo rumah dinas Bupati yang sebelumnya belum bernama itu kini disebut Pendopo Kabumian.

Malioboro di Jalan Soekarno Hatta

Selanjutnya pada Selasa 23 Agustus 2022 Kabid Bina Marga DPUPR Kebumen Bachtiar Ahmad saat acara diskusi sekaligus jumpa pers di Momong Resto mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kebumen tengah melakukan penataan kota, khususnya di kooridor jalan satu arah, yakni Jalan Sukarno Hatta dan juga Jalan Mayjen Sutoyo. Nantinya kawasan Jalan Sukarno Hatta bakal dibuat seperti Malioboro.

"Konsepnya memang akan dibikin seperti Malioboro, nanti kita berikan ruang atau trotoar lebih lebar untuk pejalan kaki. Kemudian ada taman bunga, pohon, tempat duduk, dan tempat sampah, kita juga beri ruang untuk jalur pesepeda. Jadi terlihat lebih luas, dan lebih ramah," ujarnya.

Ia menyebut pengerjaan di Jalan Sukarno Hatta memakai anggaran APBD DAU dengan nilai kurang lebih Rp10,9 Miliar. Ada tiga segmen pekerjaan. Pertama Tugu Lawet-Pegadaian. Dua Pegadaian Bank Cimb Niaga. Tiga SMPN 5 sampai tugu PKK atau Kantor Pos. Ia juga mengatakan, target pengerjaan jalan Sukarno Hatta selesai pada Desember tahun ini.

Referensi:Kabupaten Kebumen | Kebumen Ekspres

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

QM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini