Eksplorasi Wisata Danau Sipin Jambi, Rekreasi Menikmati Eloknya Alam

Eksplorasi Wisata Danau Sipin Jambi, Rekreasi Menikmati Eloknya Alam
info gambar utama

Jika kamu sedang ke Jambi, jangan lupa untuk datang ke Danau Sipin. Danau yang terkenal dengan nama lain “solok sipin” ini memiliki pemandangan yang eksotik. Danau ini sangat cocok dikunjungi di sore hari karena di waktu tersebut wisatawan bisa melihat sunset yang indah sambil menikmati semilir angin yang berhembus. Jalanan di sekitar danau ini akan ramai oleh pengunjung, sehingga tidak jarang menimbulkan macet.

Pada bagian tengah danau ini, kamu bisa melihat keramba ikan yang sengaja disimpan oleh nelayan ikan di danau ini. Ada juga rumah panggung yang sering digunakan para nelayan untuk istirahat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Danau Sipin Jambi

Kamu dijamin tidak bosan selama di Danau Sipin karena di sana kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas. Adapun aktivitas-aktivitas itu adalah:

1. Berkeliling Danau

Ini adalah aktivitas pertama yang bisa dilakukan saat di Danau Sipin. Kamu bisa melakukan aktivitas ini dengan berjalan kaki mengelilingi wilayah di sekitar danau. Jika ingin berkeliling di tengah danau, kamu bisa menyewa perahu yang tersedia di sana dan membayar harga sewa sebesar Rp 5 ribu/orang. Sebagai saran, berkelilinglah di waktu sore supaya kamu bisa berkeliling sambil melihat sunset yang indah.

Saat menaiki perahu itu, kamu bisa melihat keramba ikan yang dimiliki nelayan di danau ini. Jika kebetulan bertemu salah satu pemilik keramba ikan di sana, kamu bisa membeli ikan yang mereka punya.

2. Mengikuti Ragam Budaya Masyarakat Setempat

Selain berkeliling dan menikmati pemandangan Danau Sipin, kamu juga bisa mengikuti ragam budaya masyarakat di sana, mulai dari mengikuti nelayan yang memancing di Danau Sipin sampai membatik dengan istri para nelayan di sana.

Jika mengikuti para nelayan, kamu akan diajak memancing berbagai ikan air tawar di Danau Sipin. Kamu juga akan diberitahu apa saja alat yang biasa mereka gunakan, bahkan diajari bagaimana cara memancing di sana.

Jika kamu ingin ikut membatik, kamu akan diajari batik khas masyarakat Danau Sipin yang berbeda dari yang lain. Batik di sana tanpa pewarna dan menggunakan kulit buah-buahan yang diracik sedemikian rupa sehingga batiknya jadi menarik.

3. Mengikuti Berbagai Festival Menarik

Di waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar Danau Sipin akan menyelenggarakan berbagai festival menarik. Jika kamu beruntung, kamu bisa mengikuti festival-festival tersebut, adapun beberapa di antaranya adalah:

  • Festival layang-layang.
  • Pameran bonsai.
  • Lomba perahu hias.
  • Pameran UMKM.
  • Lomba perahu karet.

Fasilitas di Danau Sipin Jambi

Selain perahu sewa, Danau Sipin juga punya beberapa fasilitas lain yang tersedia, yaitu warung makan, bebek air, dan area taman. Lokasinya yang tidak jauh dari perkotaan membuat wilayah di sekitar danau ini memiliki beberapa hotel yang bisa kamu sewa.

Alamat dan Rute Menuju Danau Sipin Jambi

Danau Sipin berada persis di Jalan Ade Suryani Nasution, Telanaipura, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361. Kamu bisa mendatangi danau ini dari beberapa titik rute, seperti Kantor Gubernur Jambi, Buluran, dan Sungai Putri.

Danau ini buka setiap hari selama 24 jam, namun sebaiknya datang di sore hari karena di waktu tersebut kamu bisa melihat sunset yang indah. Kamu tidak perlu membayar HTM saat berwisata di danau ini. Kamu hanya perlu membayar biaya parkirnya, yaitu Rp 3 ribu untuk parkir motor dan Rp 5 ribu untuk parkir mobil. Jika ingin menyewa perahu atau bebek air, kamu harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 5 ribu - Rp 25 ribu.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

Terima kasih telah membaca sampai di sini