Pantai Jogan Gunung Kidul - Kerjasama Air Terjun dan Hamparan Laut Biru

Pantai Jogan Gunung Kidul - Kerjasama Air Terjun dan Hamparan Laut Biru
info gambar utama

Pantai Jogan merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Pantai ini diapit oleh Pantai Nglambor dan Pantai Siung di sisi timur, dan Pantai Timang di sisi sebelah barat.

Tatkala berada di sini, kalian tak akan menjumpai hamparan pasir putih ataupun pasir coklat, yang ada hanyalah tebing indah dengan hiasan air terjunnya.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Pengantin, karena konon katanya jika kalian mandi di bawah air terjun tersebut bisa cepat dapat jodoh.

Karakteristik Pantai Jogan

Keberadaan air terjun di bibir pantai Jogan menjadikannya lebi istimewa dari pantai-pantai lain yang berbaris rapi di garis pantai Gunung Kidul sepanjang 71 kilometer.

Untuk bisa menikmati guyuran air dari atas tebing tersebut, kita mesti beranjak ke bawah tebing.

Ada dua cara untuk turun, pertama dengan teknik canyoning alias rappeling di air terjun. Tentu diperlukan peralatan dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya.

Kedua, menapaki turunan licin yang basah. Untunglah tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh. Meski begitu, kehati-hatian adalah hal wajib karena jalur yang curam.

Setelah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita masih harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm.

Ini memang bukan koloni kepiting merah penghuni Christmas Island (yang dekat Jawa Barat tapi dimiliki Australia), namun melewatinya dengan kaki telanjang tentu bukan perkara sederhana.

Penduduk sekitar biasa mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, menjadi teman makan nasi hangat di kala musim hujan. Bila beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering.

Rute Menuju Pantai Jogan dari Pusat Kota Yogyakarta

Jika kalian berangkat dari pusat kota Jogja, kalian mesti menempuh jarak sekitar 79 km dengan estimasi waktu kira-kira 2 jam perjalanan.

Rute yang dapat dituju yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju jl. Panembahan Senopati 9, ketika tiba di perempatan jalan ambil ke arah selatan melewati Jl. Brigjen Katamso.

Kemudian tetaplah berada di jalur Pantai Selatan Jawa. Sebelum tiba di Pantai Jogan, kalian akan melewati Pantai Siung terlebih dahulu.

Pantai Jogan berada di sebelah kiri, dan ketika telah memasuki jalur Pantai Jogan, kondisi jalan tak begitu mulus alias jalannya masih berbatu.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Jogan

Jika ingin mengunjungi pantai Jogan, kalian mesti menyiapkan beberapa rupiah untuk membayar retribusi, diantaranya ;

  • Ketika menuruni tangga menuju aliran air terjun dengan membayar Rp. 4.000,-
  • Biaya parkir motor Rp. 3.000,-
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Tidak ada ketentuan jam operasional dari Pantai Jogan ini, artinya pantai ini dibuka selama 24 jam setiap hari.

Namun, mengingat jalan menuju lokasi belum dilengkapi lampu penerangan jalan maka sebaiknya kalian datang ketika hari masih terang.

Fasilitas Pantai Jogan

Fasilitas di Pantai Jogan masih belum banyak, bukan berarti tidak tersedia apa-apa. Fasilitas yang ada di Pantai Jogan diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot foto

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini