Pantai Sepanjang - Membawa Sensasi Pantai Kuta ke Gunung Kidul

Pantai Sepanjang - Membawa Sensasi Pantai Kuta ke Gunung Kidul
info gambar utama

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai indah berpasir putih yang letaknya di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta.

Tidak jauh dari pantai Sepanjang, ia ditemani oleh beberapa rekannya bernama pantai Kukup, Drini, Watu Kodok, dan Sanglen.

Satu hal yang membuat pantai Sepanjang berbeda dari pantai Gunung Kidul lainnya adalah keindahannya yang mirip dengan Pantai Kuta Bali.

Penduduk setempat melukiskan suasana pantai ini bak Pantai Kuta Tempoe Doeloe. Maka kalau ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu, pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat.

Karakteristik Pantai Sepanjang

Seperti namanya, pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, dan juga pasir putih kecoklatan yang masih terjaga, serta hempasan ombak yang sedang.

Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat.

Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar.

Kalian masih mudah menjumpai berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata) yang bersembunyi di kokohnya karang-karang.

Kalian juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang tertanam. Tentu dengan berhati-hati agar tak tertancap duri landak laut.

Tak jauh dari bibir pantai, kalian akan menjumpai hamparan ladang yang digunakan penduduk untuk menanam kedelai. Pantai yang landai dan langsung diterpa ombak menyebabkan tak ada penduduk yang melaut.

Tak hanya itu, Pantai Sepanjang juga memiliki situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. "Banyu" berarti air dan "sepuh" berarti basuh atau membasuh.

Sesuai namanya, tempat yang tadinya berupa mata air ini digunakan untuk membasuh atau memandikan. Menurut cerita warga, konon para wali biasanya membasuh pusakanya di sini.

Rute ke Pantai Sepanjang dari kota Yogyakarta

Adapun rute untuk berkunjung ke pantai ini bisa dikatakan cukup mudah untuk ditempuh.

Jaraknya yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai ini dari pusat kota Yogyakarta ke pantai ini adalah 60,9 km. Jadi perjalanan menuju ke pantai ini mungkin memakan waktu sekitar 1 jam 25 menit.

Bagi kalian yang berada di kawasan pusat kota Jogja, ambillah arah menuju ke Jl. Kusumanegara kemudian belok kanan ke Jl. Gedongkuning dan belok kiri ke Jl. Wonosari.

Setelah itu teruskan ke Jl. Nasional III dan ambil arah kiri terus. Setelah itu belok kanan ke Jl. Playen – Gading/Jl. Tumpak Playen dan ambil arah kanan menuju ke Jl. Raya Panggang Wonosari

Setelah itu belok kiri di Jl. Pantai Sel. Jawa dan teruskan ke Jl. Raya Paliyan-Saptosari. Nah, dari Jl. Raya Paliyan-Saptosari ini, kalian akan menemukan banyak sekali pantai. Adapun pantai Sepanjang ini berada di kanan jalan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk mengakses ke area Pantai Sepanjang hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 setiap orang sebagai biaya retribusi.

Harga tiket retribusi ini sudah termasuk biaya untuk mengakses pantai lainnya di dalam area ini seperti Pantai Sundak maupun Pantai Krakal.

Selain itu, Anda harus dikenakan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Keunggulan dari pantai ini salah satunya yaitu jarak antara tempat parkir dan tepian pantai tidak jauh, kalian hanya perlu berjalan beberapa meter saja.

Tidak ada jam buka dan tutup sehinggan wisatawan bisa bebas berkunjung jam berapa saja sesuai dengan yang diinginkan.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini