11 Restoran Indonesia di Daftar Michelin Guide Seluruh Dunia

11 Restoran Indonesia di Daftar Michelin Guide Seluruh Dunia
info gambar utama

Bagi diaspora Indonesia yang sedang mengalami homesick, atau wisatawan yang tiba-tiba merindukan citarasa masakan Indonesia di luar negeri, tidak perlu lagi khawatir. Michelin Guide telah menyusun daftar 11 restoran Indonesia yang wajib dikunjungi di seluruh dunia. Sayangnya, restoran otentik yang ada di Indonesia sendiri belum ada yang masuk daftar Michelin Guide.

Yuk tengok daftarnya!

Cumi Bali, Singapura

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Restoran yang beralamat di Jalan Tras ini menawarkan masakan tradisional Indonesia di ruang yang dihiasi artefak dan furnitur yang terbuat dari bambu. Nama restoran ini berasal dari menu andalan mereka yaitu cumi bakar utuh yang gurih dan kenya dengan nama menu yang sama, yaitu Cumi Bali. Salah satu yang membuat restoran ini istimewa adalah mereka membuat sendiri saus yang membaluri cumi utuhnya.

Biasanya pihak restoran akan merekomendasikan menu cumi ini dengan Nasi Kunyit. Nasi ini jadi salah satu menu otentik Indonesia dengan 11 bahan rempah khas Indonesia seperti daun pandan, kunyit, kayu manis, dan lainnya. Mirip dengan nasi kuning, namun ini lebih spesial karena lebih kaya akan rempah.

Tambuah Mas, Singapura

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Masih dari Negeri Singa, namun restoran Tambuah Mas ini sudah dibangun sejak tahun 1981 dengan spesialisasi menu makanan khas Padang, Jawa, dan Sulawesi. Makanan otentik Indonesia seperti gulai, rendang, tahu telor dadar, sampai sajian kepala ikan jadi menu andalan mereka.

Sejak tahun 1981, gedung restoran ini tak pernah berubah. Itu pula yang jadi alasan selanjutnya restoran ini kerap ramai antrian.

Untuk makanan penutup, jangan lupa pesan es serutnya yaa.

Lucky Indonesia, Hong Kong

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Restoran yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini spesialisasi makanan Jawa Tengah dengan sajian daging-daging panggang seperti daging domba, sapi, ayam, dan babi. Aroma smokey menu di restoran ini sangat khas. Biasanya pihak restoran akan merekomendasikan untuk mengkombinasikan daging-daging panggang itu dengan nasi kuning.

Yang suka seafood, mereka juga menyediakan Bandeng Goreng atau Bandeng Panggang dengan aroma smokey yang khas dan menggugah selera.

Pandan (Yuexiu), Guanzhou, China

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kepala Koki dan sebagian besar staf dapur di restoran ini adalah orang Indonesia. Michelin Guide bahkan menyebutkan bahwa makanan yang disajikan disini “asli Indonesia”. Tak hanya dibuat dari tangan asli Indonesia, semua rempah yang dibutuhkan juga katanya didatangkan dari Indonesia.

Menu andalan di sini mirip sate, hanya saja potongan daging ayamnya tidak ditusuk atau disate seperti biasa. Namun potongan daging panggang ini disajikan dengan saus kacang yang manis.

Selain itu ada sajian menu daging yang direbus dalam kuah kari bumbu santan yang khas otentik Indonesia buat restoran ini layak dapat cap Michelin Guide. Sang koki dan staf dari Indonesia akan memastikan daging yang disajikan tetap empuk dan gurih.

Sate House, Taipei

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Pemilik restoran ini adalah keturunan Tionghoa-Indonesia yang sudah menyajikan makanan khas Indonesia sejak tahun 1993. Rendang sapi, sate, dan ayam goreng kalasan selalu sold out dari restoran ini.

Sate House juga menawarkan tempe goreng untuk kudapan makan siang yang ringan. Tak hanya itu, restoran ini juga menerima layanan prapesan nasi kotak untuk perayaan dan acara khusus tertentu.

Spandershoeve, Belanda

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sejak tahun 1972, restoran ini konsisten menyajikan makanan asli Indonesia, namun dengan tidak ketinggalan tren menu yang sedang berkembang di Indonesia. Meski begitu pemilik restoran menjamin kalau campuran rempah-rempah yang disajikan masih otentik Indonesia sehingga kekhasan makanan Indonesia tidak akan hilang.

Blauw, Belanda

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Tak hanya makanannya yang otentik Indonesia, restoran ini seolah membawa pengunjung kembali ke masa lampau dengan menghadirkan tradisi, keaslian, kemurnian “street food” yang dibawa dari Indonesia ke Belanda.

Dekorasi restorannya menyajikan suasana gang-gang sempit di Indonesia dengan warna monokrom yang khas Indonesia. Salah satu menu andalan di sini adalah daging panggang dengan rempah dengan aroma yang khas.

Ron Gastrobar Indonesia, Belanda

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bisa dibilang, pemilik restoran ini tidak sepenuhnya “murni” menyajikan “Indonesian vibes”. Desain restoran yang cenderung otentik Belanda, memang lebih memberikan pengalaman menyenangkan menikmati suasana Eropa ketimbang Indonesia.

Namun Michelin Guide tentu tak serta merta memberikan capnya untuk restoran ini. Secara mengejutkan, Ron Blaauw dan Agus Hermawan tetap bisa mempertahakan ciri khas Asia Indonesia dalam setiap menunya.

Borneo Kalimantan Cuisine, Amerika Serikat

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Berada di pusat kota Alhambra, terselip dapur kecil yang menyandang nama pulau yang jadi salah satu pulau terbesar ketiga di dunia. Aroma sup kari buntut dan kebulan asap dari mie goreng membuat dapur kecil ini jadi magnet bagi siapapun yang sedang bersafari kuliner.

Belum lagi sate ayam yang dilumuri saus kacang jadi daya tarik tersendiri dan dicap “Indonesia banget” oleh para pengunjung Indonesia. Tak perlu ditanya soal keotentikan bumbu di dapur ini, rempah yang dipakai dipastikan sesuai yang digunakan asli di Indonesia.

Wayan, Amerika Serikat

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Fakta uniknya, restoran ini bukan dimiliki oleh orang Indonesia. Justru koki asal Prancis Cédric Vongerichten berhasil menciptakan restoran Indonesia yang memikat. Menu seperti sate dan berbagai makanan yang kerap menggunakan rempah buat Vongerichten berhasil membawa keotentikan makanan Indonesia di restorannya.

Menu favorit lainnya adalah iga babi empuk yang ditaburi biji wijen dengan cuka asam-cabai buat Michelin Guide tak ragu menjadikan restoran ini rekomendasi untuk siapapun yang ingin menu khas Indonesia.

Warung Siska, Amerika Serikat

Restoran yang terletak di California ini termasuk restoran paling baru yang mendapat predikat dari Michelin Guide. Restoran ini baru dibuka Juli 2021 lalu yang berkolaborasi antara diaspora Indonesia bersama sosok pengungsi Vietnam yang sudah lama tinggal di Jakarta.

Menu-menu Warung Siska terinspirasi dari budaya “warung” Indonesia yang memiliki tampilan berupa rumah makan di pinggir jalan kecil yang menawarkan berbagai macam masakan rumahan dengan harga yang sangat murah.

Sebuah paket kombo yang menarik untuk dicoba. Selain makanannya yang otentik Indonesia, Kawan GNFI juga sekaligus bisa merasakan suasana rumah khas Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

DY
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini