20 Oleh-oleh Solo Paling Hits dari yang Legend hingga Kekinian

20 Oleh-oleh Solo Paling Hits dari yang Legend hingga Kekinian
info gambar utama

Solo merupakan kota yang terkenal akan budayanya yang masih sangat kental, terutama di kawasan keraton. Bukan hanya itu, Solo juga memiliki sederet destinasi wisata hits mulai dari candi, Waterpark, aneka museum, hingga ragam wisata alam.

Ketika berkunjung ke Solo, tentu saja kurang afdol jika tidak membeli oleh-oleh Solo untuk keluarga dan sahabat tersayang. Nah, untuk hal ini Anda tak perlu bingung karena ada banyak sekali pilihan buah tangan mulai dari makanan, minuman, hingga produk awet seperti batik. Penasaran apa saja oleh-oleh Solo paling hits yang bisa Anda bawa pulang? Mari simak review selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi 20 Oleh-oleh Solo Paling Hits

Solo memang surganya tempat wisata, kuliner, sekaligus oleh-oleh. Setelah puas liburan, jangan lupa borong oleh-oleh terlebih dahulu untuk orang-orang tersayang. Berikut 20 rekomendasi oleh-oleh Solo yang bisa Anda jadikan pilihan.

  • Serabi Notosuman

oleh oleh solo

Serabi merupakan salah satu makanan khas Solo yang wajib Anda coba sekaligus dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Serabi Notosuman menjadi salah satu merek serabi yang paling terkenal dan legendaris di Solo. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh yang satu ini hanya dengan harga Rp2.500 per buah, sangat terjangkau, bukan?

  • Bakpia Balong

oleh oleh solo
info gambar

Berikutnya masih seputar makanan manis, bakpia balong bisa menjadi pilihan oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke Solo. Bakpia Balong memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakpia patok khas Yogyakarta. Isian bakpia balong juga sangat beragam seperti coklat, keju, kacang hijau, dan masih banyak lagi.

  • Kue Mandarijn Solo

Sedang mencari oleh-oleh dengan jenis kue dan roti di Solo? Jangan bingung, langsung saja meluncur ke Toko Roti Orion yang sangat legendaris di Solo.

Di sini terdapat menu khas yaitu kue Mandarijn solo yang sangat hits dulu hingga kini. Kue ini sejenis kue bolu lapis dengan warna coklat dan kuning mirip dengan lapis Surabaya.

Hadir dengan 3 varian rasa yaitu original, spesial, dan kismis, Anda bisa membawa pulang kue ini dengan merogoh kocek sebesar 95 hingga 220 ribu tergantung dengan ukuran yang Anda beli.

  • Pukis Badran

Pukis merupakan jajanan manis yang disukai sejuta umat. Di Solo juga terdapat pukis kekinian yang sedang hits yaitu pukis Badran. Untuk lokasinya, Anda bisa menemukan pukis Badran di Jalan Kenanga, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Pukis Badran memiliki varian rasa yang sangat beragam seperti coklat, keju, tiramisu, dan masih banyak lagi. Untuk harganya cukup terjangkau, yaitu 15 ribu untuk satu kotak dengan isi 3 pukis.

  • Solo Pluffy

oleh oleh solo

Ingin mencari oleh-oleh kue kekinian? Jangan bingung, Solo Pluffy bisa menjadi pilihan terbaik. Solo Pluffy adalah brand kue milik artis Jesicca Milla yang sedang naik daun di Solo.

Solo Pluffy merupakan cake tiga layer yang hadir dengan berbagai macam rasa seperti red velvet, choco crunchy, blueberry, dan lain sebagainya. Harga kue Solo Pluffy juga cukup terjangkau sekitar 58 hingga 65 ribuan saja.

  • Ampyang Khas Solo

Selanjutnya ada oleh-oleh dengan cita rasa manis dan tambahan sedikit pedas hangat dari jahe yaitu ampyang. Oleh-oleh yang satu ini terbuat dari bahan utama kacang tanah, gula merah, dan jahe. Harga ampyang khas Solo sangat beragam yaitu berkisar dari 4 hingga 50 ribu tergantung pada isi atau ukuran kemasan yang Anda beli.

  • Intip Solo

oleh oleh solo
info gambar

Bagi Anda yang sedang mencari makanan jadul legendaris khas Solo, maka intip Solo bisa menjadi pilihan. Intip adalah jajanan yang terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan kemudian digoreng. Topping siraman gula merah di atas intip membuat rasanya jadi lebih kaya yaitu gurih dan manis.

  • Roti Kecik Ganep

oleh oleh solo
info gambar

Roti Kecik merupakan produk andalan dari salah satu toko oleh-oleh legandaris di Solo yaitu Toko Roti Ganep Tradisi Solo. Roti Kecik terbuat dari beras ketan dan memiliki tekstur cukup keras dengan rasa manis dan gurih yang khas. Memiliki daya simpan yang lama, tak heran jika roti Kecik menjadi salah satu oleh-oleh wajib bagi para wisatawan jika ke kota solo.

  • Emping Melinjo

oleh oleh solo

Sekarang kita beralih menuju oleh-oleh Solo dengan rasa gurih yaitu emping melinjo. Jajanan yang satu ini terbuat dari biji melinjo yang dihaluskan, dijemur, dibentuk pipih kemudian digoreng. Di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Solo, Anda bisa mendapatkan emping melinjo mulai dari 15 ribuan saja.

  • Serundeng Kelapa

oleh oleh solo
info gambar

Serundeng kelapa merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Serundeng ini memiliki rasa sangat khas dan kaya akan bumbu seperti bawang merah, kunyit, dan lengkuas. Harga serundeng ini juga sangat terjangkau yaitu sekitar 15 hingga 30 ribu saja per bungkus.

  • Rambak Petis

oleh oleh solo
info gambar

Sedang mencari oleh-oleh Solo yang gurih dan renyah? Rambak petis bisa menjadi pilihan terbaik. Kuliner ini sangat cocok dimakan ketika bersantai sebagai camilan. Rambak khas Solo ini dibuat dengan bahan kulit sapi. Untuk cocolannya adalah sambal petis dengan rasa pedas, manis, dan gurih yang sangat nikmat.

  • Klengkam Solo

oleh oleh solo
info gambar

Masih dengan makanan bernuansa gurih, klengkam solo adalah oleh-oleh yang terbuat dari kentang. Jajanan ini memiliki bentuk yang tipis, tekstur renyah seperti keripik dengan rasa bumbu rempah yang khas. Anda bisa mendapatkan klengkam solo mulai dari 15 ribuan saja.

  • Rengginang Khas Solo

oleh oleh solo
info gambar

Makanan gurih lain yang juga sangat khas dan terkenal di Solo adalah rengginang. Jajanan ini terbuat dari beras ketan, dibentuk lingkaran, dan memiliki tekstur renyah. Harga rengginang khas Solo berkisar antara 15 hingga 25 ribuan per bungkusnya.

  • Kerupuk Karak

oleh oleh solo
info gambar

Kerupuk Karak merupakan camilan khas Solo yang unik dengan rasa yang khas. Kerupuk ini dibuat dari nasi yang telah dihaluskan dan diberi bumbu sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan renyah yang juara.

  • Mata Maling

Mata maling, oleh-oleh Solo dengan nama unik ini merupakan olahan kulit melinjo yang dibuat menjadi keripik dengan tekstur renyah dan memiliki rasa pedas manis.

Camilan yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh di Kota Solo dengan harga sekitar 10 ribuan saja.

  • Balung Kethek

Mendengar namanya tentu akan membuat Anda tersenyum-senyum sendiri jika mengetahui artinya. Ya, Balung Kethek memiliki arti tulang monyet. Tapi, jangan salah paham karena camilan ini justru terbuat dari singkong.

Teksturnya yang keras dan membuat orang yang memakannya seperti sedang menggigit tulang monyet lah yang membuat camilan ini dinamakan seperti itu.

Tersedia dalam rasa original, balado, keju, jagung manis, hingga ayam bakar, camilan ini dibanderol dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar 10 ribu hingga 15 ribu saja per bungkusnya.

  • Serbat Jahe

Berikutnya kita beralih ke minuman yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu serbat jahe. Minuman ini terbuat dari bahan dasar jahe dan dijual dengan 2 jenis berbeda yaitu bubuk dan tablet. Serbat jahe sangat cocok diminum saat cuaca sedang dingin seperti ketika musim penghujan tiba.

  • Batik Solo

oleh oleh solo
info gambar

Sekarang kita berpindah ke oleh-oleh yang awet yaitu batik khas Solo. Di Solo Anda bisa memilih apakah ingin membeli batik berupa kain atau yang sudah menjadi pakaian. Bagi Anda yang ingin melihat langsung proses pembuatan batik, silakan berkunjung ke Kampung Kauman atau Kampung Laweyan.

Jika ingin membeli batik yang sudah jadi dan berbentuk pakaian, Anda bisa mengunjungi Pasar Klewer. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis model pakaian batik dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Cendera Mata Barang Antik

oleh oleh solo
info gambar

Bagi Anda yang menyukai barang-barang antik, berkunjung ke Solo bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa mampir ke Pasar Triwindu yang menyediakan berbagai elektronik hingga pernak pernik antik. Usia barang-barang yang dijual di sini bisa puluhan bahkan ratusan tahun dan harganya sendiri bisa dinegosiasikan dengan penjual tergantung pada seberapa antik barang yang Anda pilih.

  • Kaos Khas Solo

oleh oleh solo
info gambar

Bila Bali punya Joger Bali dan Jogja punya Dagadu Jogja, Solo juga memiliki kaos dengan desain yang unik dan khas yang wajib Anda jadikan oleh-oleh. Kaos khas solo dapat Anda beli salah satunya di Pusat Grosir Solo dengan berbagai motif yang kental dengan budaya Solo yang khas

Itu dia rekomendasi 20 oleh-oleh Solo mulai dari camilan berupa makanan dan minuman hingga jajanan awet seperti batik dan kaos khas Solo. Melihat harganya, oleh-oleh di atas memiliki harga yang relatif terjangkau sehingga tidak akan membuat anggaran liburan Anda membengkak. Selamat liburan dan jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh Solo sebelum kembali ke rumah ya kawan GNFI!

Sumber : anekawisata.com | gramedia.com | salsawisata.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini