Mengenal Lima Sungai Terpanjang di Asia Tenggara. Satu dari Indonesia

Mengenal Lima Sungai Terpanjang di Asia Tenggara. Satu dari Indonesia
info gambar utama

Asia Tenggara memiliki banyak sungai panjang, banyak di antaranya telah memainkan peran penting dalam perkembangan dan sejarah kawasan ini. Sungai-sungai di Asia Tenggara tak hanya berperan sebagai sumber penghidupan yang menyediakan air minum, irigasi, dan pertanian, namun juga telah membentuk karakter dan banyak budaya serta adat istiadat masyarakat sekitar sungai.

Berikut adalah daftar lima sungai terpanjang di Asia Tenggara:

  1. Sungai Mekong: Sungai Mekong adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara, membentang lebih dari 2.390 km dari sumbernya di Dataran Tinggi Tibet hingga muaranya di Laut Cina Selatan. Mengalir melalui enam negara di kawasan ini, termasuk Cina, Laos, Thailand, dan Vietnam, dan merupakan arteri transportasi dan ekonomi yang penting bagi kawasan tersebut.
  2. Sungai Ayeyarwady/Irrawady: Sungai Ayeyarwady/Irrawady adalah sungai terpanjang ketiga di Asia Tenggara, membentang lebih dari 2.170 km dari sumbernya di Himalaya ke muaranya di Laut Andaman. Mengalir melalui Burma (Myanmar) dan merupakan transportasi penting dan tulang punggung ekonomi bagi negara.
  3. Sungai Salween: Sungai Salween adalah sungai terpanjang ketiga di Asia Tenggara, membentang lebih dari 1.316 km dari sumbernya di Dataran Tinggi Tibet hingga muaranya di Laut Andaman. Mengalir melalui Cina, Burma (Myanmar), dan Thailand dan merupakan sumber penting pembangkit listrik tenaga air
  4. Sungai Chindwin: Sungai Chindwin adalah anak sungai terbesar dari Sungai Ayeyarwady di Myanmar (sebelumnya dikenal sebagai Burma). Itu berasal dari negara bagian Manipur di India dan mengalir lebih dari 1.207 km melalui Myanmar sebelum bergabung dengan Sungai Ayeyarwady/Irrawady. Sungai Chindwin adalah jalur transportasi dan ekonomi yang penting bagi wilayah ini, dan merupakan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan yang unik. Sungai ini juga merupakan tujuan populer bagi wisatawan dan penggemar wisata outdoor yang datang untuk merasakan keindahannya.
  5. Sungai Kapuas: Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. Dengan panjang total mencapai 1.143 km atau 68,39 persen dari total luas Provinsi Kalbar (146.807 km²), sungai ini mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kota Pontianak, yang melintasi 7 kabupaten lainnya. Yakni Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. Lebar sungai dari hulu ke hilir berbeda-beda, mulai dari 70-150 meter. Uniknya, Sungai Kapuas tidak pernah kering, bahkan saat musim kemarau. Itulah sebabnya, sungai ini juga disebut sungai permanen.

Semua sungai ini merupakan sumber air utama dan koridor transportasi di Asia Tenggara dan telah memainkan peran penting dalam perkembangan dan sejarah wilayah tersebut. Mereka juga rumah bagi banyak spesies tanaman dan hewan unik dan merupakan tujuan populer

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini