10 Danau Terdalam di Benua Asia, Tiga Berada di Indonesia

10 Danau Terdalam di Benua Asia, Tiga Berada di Indonesia
info gambar utama

Asia adalah benua dengan beberapa negara dengan wilayah yang besar, dan rumah bagi begitu banyak sungai dan danau. Benua seluas 44,5 juta kilometer persegi ini dibagi-bagi menjadi 49 negara. Rusia, meski sebagian wilayahnya masuk wilayah Eropa, namun sebagian besarnya berada di lempeng benua Asia. Rusia yang begitu luas, memiliki beberapa danau terbesar dan terdalam di dunia, yang berkembang secara alami ribuan tahun yang lalu.

Danau Baikal yang terletak di wilayah Siberia merupakan danau terdalam di Asia dan dunia dengan kedalaman 1.637 meter di bawah permukaan. Berbeda dengan danau pada umumnya memiliki kedalaman yang dangkal, Danau Baikal ini justru memiliki kedalaman hingga 1.632 meter, atau lebih dari empat kali tinggi Autograph Tower, gedung tertinggi di Indonesia yang setinggi 382 m.

Asia juga memiliki danau yang begitu luas, yang saking luasnya, seringkali disebut laut, yakni Laut Kaspia, yang memiliki luas 371.000 km2, atau hampir 3 kali luas pulau Jawa. Meski disebut laut, namun secara karakteristik, Kaspia adalah danau, karena terletak di tengah daratan dan sama sekali tidak terhubung ke lautan lepas.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, wilayah perairan masih tergolong laut apabila sebagian sisinya saja yang dibatasi daratan. Tapi Kaspia seluruhnya dikelilingi daratan, maka dia adalah danau. Tak hanya luas, Laut Kaspia juga dalam, yakni 1.025 m.

Indonesia sendiri memiliki beberapa danau yang dalam, dan bahkan dalam daftar 10 besar danau terdalam di Asia, ada 3 danau dari Indonesia. Berikut adalah daftarnya.


Mari kita bahas sedikit tentang danau-danau terdalam di Indonesia dalam daftar di atas.

1. Danau Matano

Danau yang berlokasi di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tersebut tercatat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara. Dengan kedalaman 590 meter, Danau ini masuk di peringkat 4 danau terdalam di Asia.

Danau Matano merupakan salah satu dari lima danau yang terdapat di dalam “Kompleks Danau Malili” yaitu: Matano, Mahalona, Towuti, Masapi dan Wawantoa. Danau Matano merupakan sebuah danau tektonik purba yang terbentuk dari aktifitas pergerakan lempeng kerak bumi pada akhir masa Pliosin sekitar 2-4 juta tahun yang lalu.

2. Danau Toba

Danau yang terletak di Sumatera utara ini terbentuk dari etusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di planet bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir.

Menurut para ahli, letusan ini berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia; dampak letusan menewaskan sebagian besar manusia yang hidup waktu itu dan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika, Timur Tengah, dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang. Tak hanya begitu luas, Danau Toba juga ternyata begitu dalam, yakni 505 m.

3. Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat. Danau ini ternyata juga cukup dalam, yakni sedalam 450 meter. Danau Poso lokasinya terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengahyang terbentuk belasan juta tahun yang lalu.

Menurut BRIN, Danau Poso adalah danau tektonik yang diduga terbentuk selama proses tumpukan antara lempeng timur dan barat penyusun Pulau Sulawesi yang berlangsung selama 12-16 juta tahun silam dan danau Poso berada pada satu komplek patahan dengan patahan Palu

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini