Ayam Bumbu Anam, Kuliner Ayam Lebaran khas Palembang

Ayam Bumbu Anam, Kuliner Ayam Lebaran khas Palembang
info gambar utama

Pulau Sumatera selalu menawarkan kuliner rempah yang cita rasanya tidak pernah gagal. Mulai dari rendang sampai olahan ayam berbumbu kentalnya selalu membuat perut menari-nari. Salah satu olahan ayam yang populer di daerah Sumatera khususnya Palembang yaitu Ayam Bumbu Anam.

Ayam Bumbu Anam merupakan ayam yang direbus dan diberi kuah santan kental dengan bumbu beraroma kencur. Makanan satu ini menjadi ikon makanan lebaran masyarakat Palembang.

Makanan Wajib Hari Raya

Ayam Bumbu Anam lebih sering dikenal dengan opor ayam khas Palembang dan dijadikan sebagai makanan wajib saat hari lebaran umat muslim seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Tampilannya memang menyerupai opor ayam pada umumnya karena warna kuahnya yang kuning namun bumbu rempah-rempah yang digunakan berbeda.

Biasanya opor ayam menggunakan jahe dan daun sereh untuk bumbunya. Ayam Bumbu Anam menggunakan empon-empon sebagai bumbu utamanya. Bumbu inilah yang membuat kuahnya berwarna kuning agak kehijauan.

Ikon Kuliner Ayam Masyarakat Palembang

Tidak hanya pempek yang berasal dari olahan ikan yang sudah terkenal luas sebagai makanan khas Palembang, masyarakat Palembang juga memiliki makanan yang ikonik yaitu Ayam Bumbu Anam.

Makanan ini menjadi makanan yang populer di daerah Sumatera Selatan, khususnya Palembang. Jika kamu berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk mencicipi Ayam Bumbu Anam. Dijamin bikin ketagihan deh.

Dikonsumsi dengan Lontong

Di daerah asalnya, Ayam Bumbu Anam ini biasa disantap dengan menggunakan lontong sebagaimana rendang dan opor ayam yang juga disantap dengan lontong. Makanan satu ini memiliki rasa gurih dan asin yang sangat cocok jika dihidangkan bersama lontong ataupun ketupat.

Jarang dikenal masyarakat

Meskipun tampilan bumbunya yang mencolok berwarna kuning dan kental, menu satu ini ternyata masih belum banyak yang tahu. Masyarakat awam biasa menyebutnya dengan sebutan ayam kuning atau opor ayam. Namun, jika dicicipi bumbu ayam Anam lebih berlemak dibandingkan opor ayam.

Keberadaan Ayam Bumbu Anam sudah banyak tersedia di warung-warung makan dan tidak sulit untuk dicari. Masyarakat juga sudah mulai banyak mengembangkan olahan Ayam Bumbu Anam ini dengan menggunakan ayam kampung sehingga teksturnya lebih kenyal dan menghasilkan cita rasa yang gurih. Menu satu ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai jamuan utama pada acara-acara besar.

Resep Simpel Membuat Ayam Bumbu Anam

Untuk kamu yang belum punya kesempatan untuk terbang ke Palembang kamu juga bisa mengikuti resep simpel Ayam Bumbu Anam yang bisa kamu lakukan di rumah lho. Yuk simak resep dan langkah membuat Ayam Bumbu Anam ala rumahan.

Bahan yang diperlukan

Bahan dasar

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
  • 200 ml santan kentan
  • 1 l santan encer
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sdm minyak sayur untuk menumis



Bumbu halus

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt jintan

Langkah dan proses pembuatan

  1. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus dan jangan lupa tambahkan serai, daun salam dan lengkuas. Tumis hingga harum, kemudian masukkan santan encer, didihkan.
  2. Masukkan santan kental dan ayam yang sudah dipotong menjadi 8 bagian. Masak hingga ayam matang dan kuah setengah menyusut. Matikan kompor dan angkat.
  3. Ayam Bumbu Anam siap disajikan.

Itulah resep simpel membuat Ayam Bumbu Anam ala rumahan. Bagaimana apakah kamu tertarik mencobanya?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini