Berwisata ke Telaga Biru Cicerem, Danau Sejernih Kaca di Jawa Barat

Berwisata ke Telaga Biru Cicerem, Danau Sejernih Kaca di Jawa Barat
info gambar utama

Wisata alam menjadi salah satu pilihan tujuan untuk menenangkan hati dan pikiran dari padatnya aktivitas. Belum lagi suasana tenang dan sejuk dapat menjadikan pikiran menjadi lebih damai. Terletak di bawah kaki Gunung Ciremai, Telaga Biru Cicerem dapat menjadi pilihan favorit destinasi wisata alam.

Telaga Biru Cicerem merupakan danau alami yang memiliki air yang jernih sebening kaca sehingga kamu bisa melihat isi danau sampai ke dasarnya.

Warna airnya yang berwarna campuran antara biru dengan hijau tosca sangat menarik perhatian wisatawan. Ditambah lagi terdapat ayunan yang bergelantung di bawah pohon, tepatnya di atas danau membuat tempat tersebut menjadi tempat yang paling diburu untuk berselfie ria.

Sejarah Telaga Biru Cicerem

Dibalik keindahan airnya yang jernih, Telaga Biru Cicerem memiliki kisah legenda yang tidak kalah menarik. Awalnya, terdapat salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di Desa Kaduele yang saat itu mayoritas warganya menganut agama Hindu.

Sang wali memiliki tongkat yang biasa ia bawa kemanapun ira pergi dan dengan keajaibannya sang wali memukulkan tongkat tersebut ke area tanah dan memunculkan mata air kecil yang keluar dari tanah atas izin Tuhan.

Dahulu danau tersebut dijadikan sebagai tempat bersuci atau wudhu dalam proses penyebaran agama Islam.

Warga juga memenuhi kebutuhan airnya dengan memanfaatkan air dari Telaga Biru Cicerem, dan menariknya air di danau ini tidak pernah surut walaupun musim kemarau tiba. Legenda ini banyak dipercaya oleh warga setempat dan dijadikan cerita yang dijaga keasliannya.

Wisata Alam Penuh Ketenangan

Jika kamu berkunjung ke Telaga Biru Cicerem kamu akan mendapati ketenangan dan aroma alam yang tercium. Hal ini dikarenakan di sekitar danau banyak terdapat pohon-pohon rindang yang membuat area danau menjadi sejuk.

Belum lagi banyak ragam ikan yang bisa kita lihat dengan mata telanjang di dalam danau yang memiliki kedalaman sekitar 5 m. Bebatuan yang terletak di dasar danau juga menambah keindahan tersendiri pada danau ini.

Spot Foto Menarik di Telaga Biru Cicerem

Untuk kamu yang menyukai fotografi, tentunya tempat satu ini sangat diburu karena keasrian alamnya yang masih terjaga. Belum lagi warna airnya yang biru membuat hasil foto kamu menjadi lebih estetik.

Di tempat ini, terdapat venue yang berbentuk love yang menjadi spot favorit para wisatawan untuk berkunjung. Mereka akan mengambil foto di spot ini yang dihiasi dengan background hijau dari pepohonan yang rimbun dan background biru dari pantulan air danau.

Selain itu, terdapat ayunan yang dipasang di atas danau yang menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Kamu bisa menggunakan ayunan ini untuk berselfie ria dengan background alam yang sangat menyejukkan.

Belum lagi jika ikan muncul ke permukaan air danau menjadikan hasil foto kamu menjadi lebih indah. Kamu bisa menggunakan jasa fotografer yang disediakan oleh pengelola Telaga Biru Cicerem dengan tarif yang cukup murah.

Aktivitas Menarik di Telaga Biru Cicerem

1. Berenang

Warna airnya yang biru kehijauan membuat para wisatawan tertarik untuk berenang di dalam danau ini. Terletak dibawah kaki pegunungan menjadikan air danau terasa lebih sejuk, apalagi jika kamu berenang di siang hari pastinya akan sangat menyegarkan.

Pengelola mengizinkan wisatawan untuk berenang dalam batasan yang telah disediakan. Terdapat pembatas yang dipasang di bagian tengah danau sebagai batasan berenang para wisatawan.

Walaupun cenderung tenang, namun akan sangat berbahaya jika kamu berenang ke tengah danau karena kedalaman bagian tengah danau bisa mencapai 18 meter.

2. Berkeliling danau dengan perahu

Selain berenang, kamu juga bisa berkeliling di sekitar danau dengan menggunakan perahu. Kamu akan diarahkan oleh pengemudi handal yang akan menemani kamu berkeliling danau.

Untuk kamu yang ingin melepas penat, aktivitas satu ini cocok untuk memanjakan pikiran. Berkeliling di danau berair jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun membuat suasana menjadi sejuk.

3. Memberi makan ikan

Di dalam telaga, kamu dapat melihat ikan-ikan yang berenang sampai ke permukaan. Ikan ini ditambahkan oleh pengelola untuk menambah keindahan danau. Tampilan ikannya sangat jelas mulai dari yang berwarna merah, oranye, kuning dan keemasan.

Kamu juga bisa memberi makan ikan-ikan disini dengan pakan ikan yang bisa kalian beli di tempat pengelola telaga.

Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Telaga Biru Cicerem berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Kuningan kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih satu jam untuk sampai ke lokasi.

Jika kamu berkunjung di hari kerja kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000 sedangkan jika kamu berkunjung di hari libur nasional kamu perlu membayar sebesar Rp 15.000 saja. Tempat ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB, kamu bisa datang ke tempat ini pada waktu-waktu tersebut.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini