The Land of Ultimate Experience: Ketika Apapun Bisa Dinikmati di NTB

The Land of Ultimate Experience: Ketika Apapun Bisa Dinikmati di NTB
info gambar utama

Provinsi Nusa Tenggara Barat punya tagline alias slogan "The Land of Ultimate Experience". Ternyata inilah maknanya.

"The Land of Ultimate Experience" diperkenalkan NTB sebagai slogan mereka. Bukan sembarangan, slogan tersebut dibuat dengan makna penting di dalamnya.

Lantas, apa makna slogan tersebut? Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan jika makna di dalamnya terkait dengan beragamnya daya tarik yang dimiliki NTB hingga membuatnya begitu memikat untuk dikunjungi. Ia juga meminta semua pihak terus menggaungkan slogannya.

"Kalau orang ingin memaknai hidup, NTB adalah Land of Infinite experience yang artinya semuanya ada. Ada gunung, pantai, semua wisata ada di sini. Ada kuliner, desa wisata, atraksi tradisional. Ini yang perlu disampaikan. Tagline harus jelas, sehingga semua orang paham dan memaknai agar pesannya sama," kata Zulkieflimansyah seperti dilansir Antara.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir ini NTB memang sangat keras menggenjot sektor pariwisatanya. Beragam destinasi wisata ditawarkan kepada para wisatawan untuk dipilih, mulai dari wisata alam hingga wisata olahraga.

Contohnya adalah Gunung Rinjani yang tengah dioptimalkan potensinya untuk menarik wisatawan. Pemerintah bahkan tengah menggarap proyek kereta gantung Gunung Rinjani bersama investor China untuk memanjakan pengunjung yang datang ke sana. Selain itu, contoh lainnya adalah keberadaan Sirkut Mandalika yang digunakan untuk menggelar balapan kelas dunia seperti MotoGP dan World Superbike.

"Daerah wisata di NTB sesungguhnya sangat lengkap dan menawarkan berbagai jenis dan konsep wisata yang semua kalangan harus tahu NTB the Land of Infinite Experience, bahkan kusir cidomo pun harus tahu. Ini perlu diramu khusus dan serius dari atas sampai bawah, kita menghadirkan cita rasa yang sama," lanjut Zulkieflimansyah.

"The Land of Ultimate Experience" bisa diartikan sebagai penegasan bahwa NTB adalah tempat di mana pengalaman luar biasa bisa didapat. Zulkieflimansyah menekankan bahwa pengalaman luar biasa tersebut tersedia di berbagai penjuru NTB.

"Di NTB juga terdapat berbagai destinasi unggulan lainnya di Lombok, Sumbawa, Dompu, dan Bima, yang menarik dan mampu memberikan pengalaman tidak terlupakan sehingga wisatawan berbondong-bondong datang ke NTB," katanya.

Sejauh ini, langkah NTB menggenjot pariwisatanya membuahkan hasil yang cukup positif. Ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat ekonomi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada triwulan III 2022 tumbuh sebesar 7,10 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh sektor pariwisata. Lapangan usaha yang tumbuhnya paling signifikan pada triwulan III 2022 adalah penyediaan akomodasi dan makan minum yang kenaikannya sebesar 38,79 persen. Selain itu, catatan mengenai jumlah tamu menginap di hotel juga mengalami peningkatan sebesar 85,42 persen dan rata-rata tingkat penghunian kamar meningkat 19,64 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini