Menjelajah Pasar Bahagia yang Cara Membayarnya Hanya dengan Doa

Menjelajah Pasar Bahagia yang Cara Membayarnya Hanya dengan Doa
info gambar utama

Pasar lumrahnya merupakan tempat transaksi barang yang ditukar dengan uang sebagai alat pembayaran. Tetapi di Kabupaten Garut memiliki pasar yang unik yakni tak memerlukan uang untuk bertransaksi.

Hanya cukup dengan berdoa, para pembeli sudah bisa mengambil makanan yang tersedia di pasar ini. Inilah keunikan dari Pasar Bahagia yang diadakan di sekitar Masjid Pemuda Ashabul Kahfi, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut ini.

“Ini benar-benar unik dan sangat menarik. Masyarakat bisa mengambil makanan yang mereka inginkan tapi mereka tak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya,” ucap Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman yang dimuat Pikiran Rakyat.

Banyak yang Belum Tahu, Ada Tanaman Bernama Garut yang Serbaguna dan Bernutrisi Luar Biasa

Helmi menjelaskan bahwa warga sudah dianggap membayar makanan yang mereka ambil atau makan. Sementara itu doa yang harus mereka panjatkan pun bebas sepanjang doa yang sifatnya positif.

Dikatakannya, keberadaan Pasar Bahagia ini bukan hanya unik dan menarik tetapi juga sangat besar manfaatnya. Selain bisa memberikan bantuan kepada masyarakat, kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk lebih giat lagi dalam beribadah.

Kepedulian masyarakat sekitar

Helmi menyebut Pasar Bahagia bertujuan untuk membantu masyarakat miskin mendapatkan kebutuhan pokok secara gratis. Walau Pasar Bahagia hanya diselenggarakan pada hari Jumat.

“Yuk Peduli sudah memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Garut dan memang hari ini masyarakat sangat membutuhkan dengan makanan sehat,” paparnya.

Dirinya menuturkan kegiatan Pasar Bahagia merupakan acara yang menarik karena diawali dengan beberapa rangkaian ibadah, seperti Shalat Tahajud, Shalat Subuh Berjamaah, ceramah, kemudian diakhiri dengan kegiatan Pasar Bahagia.

Inilah Tiga Pasar Tertua yang Legendaris di Indonesia

Salah seorang panitia kegiatan, Nurwan mengatakan kegiatan Pasar Bahagia sudah tiga kali diselenggarakan oleh komunitas Yuk Peduli sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

“Alhamdulilah, setelah kemarin kita pasang spanduk, ternyata banyak juga masyarakat yang datang untuk belanja ke Pasar Bahagia Garut,” kata Nurwan.

Dirinya menjelaskan di pasar tersebut tersedia 11 macam sembako yang bisa diambil secara gratis, salah satunya yaitu sayur. Beberapa kebutuhan pokok lainnya juga tersedia untuk masyarakat.

Menarik banyak peminat

Nurwan menambahkan, pada awalnya pihaknya menargetkan masyarakat yang hadir sebanyak 200 orang, namun ternyata antusiasme masyarakat luar biasa sehingga kurang lebih 300 orang masyarakat hadir.

Dirinya pun berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut dan mendapatkan banyak dukungan dari semua pihak, sehingga masyarakat tetap bahagia bisa mendapatkan barang kebutuhan pokoknya secara gratis.

Mengenal 3 Pasar Tertua di Indonesia

“Harapan kami mudah-mudahan Pasar Bahagia ini bisa terus berlanjut, jadi kami bisa terus menjaga senyum abadi para ibu-ibu, jadi pas datang ke rumah bisa langsung masak enak, enggak usah memikirkan uang dari mana, dan yang penting dukungan dari Pak Wabup menjadi dukungan besar bagi kami bahwa kami menjadi bagian mensukseskan program pemerintah,” katanya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini