Komunitas Asia Berbahagia, Michelle Yeoh Catat Sejarah 95 Tahun Penghargaan Oscar

Komunitas Asia Berbahagia, Michelle Yeoh Catat Sejarah 95 Tahun Penghargaan Oscar
info gambar utama

Butuh 95 tahun bagi Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk mengakui seorang wanita Asia masuk dalam kategori aktris terbaik. Rekor hampir satu abad itu akhirnya terpecahkan pada tahun ini.

Aktris kelahiran Malaysia, Michelle Yeoh, pemeran dalam film Everything Everywhere All at Once yang berhasil mencuri perhatian Oscar. Untuk pertama kali dalam sejarah Michelle Yeoh mencatat sejarah untuk mendapatkan Nominasi Aktris Terbaik.

Tak hanya dalam film tersebut, Academy melihat bahwa pencapaian Michelle Yeoh dalam karya-karya sebelumnya juga patut dipertambangkan. Seperti film Crouching Tiger, Hidden Dragon, Tomorrow Never Dies, dan Crazy Rich Asians. Faktanya, penampilan Michelle Yeoh lebih sering mencuri perhatian sebagai peran pendukung.

“Ini memakan waktu yang lama. Tapi saya pikir ini lebih dari saya,” ungkap Yeoh kepada The Hollywood Reporter setelah nominasi diumumkan.

“Saat ini, terus-menerus, sepanjang waktu, orang-orang Asia bilang kepada saya, ‘Kamu bisa melakukannya. Kamu melakukannya untuk kami’. Selama ini mereka tidak dikenali, mereka tidak didengarkan,” ungkapnya lagi.

Aktris kelahiran Malaysia yang memulai karir internasionalnya lewat film-film Hong Kong ini juga sebelumnya mendapatkan penghargaan Aktris Terbaik di Academy Awards untuk penampilan yang sama sebagai Evelyn Wang di Everything Everywhere All at Once.

Pencapaian Yeoh kali ini mematahkan kritik tajam yang pernah dilayangkan kepada Academy Awards yang hanya menominasikan aktor kulit putih. Tahun ini beberapa aktor Asia juga berhasil mencuri perhatian Academy.

Salah satunya lawan main Yeoh, Ke Huy Quan dan Stephani Hsu. Serta ada Hong Chau dalam karnya The Whale. Ini menandakan jumlah tertinggi nominasi aktor Asia yang diakui Academy sepanjang sejarah 95 tahun.

Yeoh sendiri beberapa tahun ini memang menarik perhatian. Yeoh berhasil memecahkan rekor sendiri sebagai aktris perempuan Asia global yang patut diapresiasi. Pada jalur penghargaan musim ini, Yeoh juga berhasil sabet penghargaan Aktris Terbaik di Golden Globe.

Dia juga menerima penghargaan dengan kategori yang sama dari National Board of Review. Aktris yang fasih tiga bahasa ini juga membawa pulang penghargaan sejenis dari Saturn Awards dan Hollywood Critics Association.

Di ajang Gotham Independent Film Awards, Yeoh juga dinominasikan untuk penampilan utama yang luar biasa. Untuk selanjutnya, Yeoh menanti hasil setelah berhasil lagi dinominasikan sebagai Aktris Terbaik di Film Independent Spirit Awards yang akan diadakan pada 4 Maret mendatang.

Jadi “Icon of The Year 2022” Majalah TIME

Michelle Yeoh memang diakui sebagai tokoh pegiat film depan kamera yang ikonik selama bertahun-tahun. Terutama saat kejayaan film-film aksi Hong Kong, penampilan Michelle Yeoh selalu berhasil buat penasaran. Reputasinya sangat tinggi, namun butuh 59 tahun bagi Michelle Yeoh untuk mendapatkan peran utama pertamanya dalam sebuah film Hollywood.

Jejak karirnya yang panjang-setidaknya 40 tahun seperti yang dikatakan pihak Majalah TIME-Yeoh telah menjadi tokoh terkemuka di Asia selama bertahun-tahun. Pasang surut Yeoh dalam dunia film membuat sosoknya patut dipertimbangkan untuk sebuah ikon.

Majalah TIME bahkan menyebutnya sebagai “Sebuah Legenda”. Setiap peran yang dia mainkan, mulai dari geisha yang tenang hingga gadis Bond dalam filmnya Tomorrow Never Dies dianggap selalu berhasil meninggalkan kesan tersendiri dan mencuri perhatian para penikmat film.

Majalah TIME juga menyebutkan bahwa Yeoh adalah “Pahlawan Wanita Terhebat Dalam Sejarah”. Ini karena sepanjang karirnya selalu dipenuhi dengan blockbuster. Hal ini juga yang membuat Yeoh pantas mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award dalam ajang ASEAN International Film Festival 2013 lalu.

Buat Kawan GNFI yang mengikuti banget film-film Michelle Yeoh, bagaimana pendapatmu tentang ini? Fakta menarik lainnya, kita dan Michelle Yeoh satu rumpun loh karena pada dasarnya Yeoh berkewarganegaraan Malaysia, itu artinya kita masih sama-sama keturunan orang Melayu.

Mana film favorit Kawan GNFI dari Michelle Yeoh?

Sumber: People.com, HollywoodReporter.com, Seasia.co

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini