Bukit Teletubbies Bromo, Nikmati 5 Daya Tarik Indahnya Padang Savana

Bukit Teletubbies Bromo, Nikmati 5 Daya Tarik Indahnya Padang Savana
info gambar utama

Wisata Bromo tak hanya seputar mengunjungi Puncak Penanjakan atau Kawah Gunung Bromo saja, lho. Kawan bisa mengunjungi Bukit Teletubbies Bromo untuk menikmati indahnya hamparan rerumputan hijau. Bukit Teletubbies Bromo adalah tempat wisata padang savana yang bertempat di Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat banyak tanaman, mulai dari lavender, pakis, ilalang, dan tanaman lainnya yang menawarkan pesona keindahan alam Indonesia.

Awalnya, bukit ini memiliki nama Lembah Jemplang, tetapi hamparan rerumputan hijau yang mirip dengan serial Teletubbies ini membuat para pengunjung menjulukinya sebagai Bukit Teletubbies Bromo. Lalu, berapa harga tiket masuk dan bagaimana rute mengunjungi tempat ini? Simak dalam penjelasan berikut.

Daya Tarik Bukit Teletubbies Bromo

Meski hanya terlihat seperti hamparan hijau yang luas, Bukit Teletubbies Bromo menyediakan banyak daya tarik wisata yang bisa Kawan coba untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Namun, Kawan sebaiknya membawa sunblock atau kacamata karena dalam area wisata ini tidak terdapat pohon atau tempat yang teduh. Berikut ini yang bisa Kawan lakukan saat mengunjungi Bukit Teletubbies Bromo.

1. Melihat Hamparan Rerumputan Hijau di Bukit Teletubbies

bukit teletubbies bromo alias lembah jemplang
info gambar

Tak jauh dari kawasan Bromo yang memiliki pemandangan penuh pasir, terdapat hamparan hijau Bukit Teletubbies yang menawarkan keindahan alam yang sejuk nan indah. Tanaman yang tumbuh di sekitar bukit pun membuat pemandangan jauh lebih indah.

Saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan melakukan selfie atau berfoto bersama keluarga. Tempat ini sungguh indah, banyak orang yang tak menyangka bahwa Bukit Teletubbies ada di kawasan Bromo.

2. Memiliki Sunrise yang Indah!

Sebelum matahari terbit, Bukit Teletubbies dapat menjadi salah satu tempat untuk melihat cahaya oranye yang menyembul indah dari balik bukit. Para pengunjung dapat melihat keunikan gradasi warna hijau dari rumput bertemu dengan warna oranye dari matahari yang baru saja terbit.

Momen ini dapat menjadi destinasi wisata menarik untuk Kawan yang ingin berlibur ke kawasan Bromo. Jangan lupa abadikan momen indah ini menggunakan kamera. Namun, Kawan harus menggunakan jaket yang tebal karena udara sekitar tempat wisata cukup dingin.

3. Kawasan yang Sejuk dan Nyaman

Bukit Teletubbies Bromo (lembah jemplang)
info gambar

Para pengunjung tak perlu khawatir kepanasan saat mengunjungi Bukit Teletubbies. Tempat yang satu ini berada dalam kawasan pegunungan yang sejuk dan nyaman. Meski siang hari, udara tetap akan terasa dingin hingga menjelang sore.

Tempat ini cocok menjadi pelarian untuk Kawan yang sehari-hari melihat kawasan penuh asap kendaraan. Untuk Kawan yang berencana mengunjungi Bukit Teletubbies, jangan lupa untuk membawa jaket, kaos kaki, sarung tangan, dan syal.

4. Menunggang Kuda Mengelilingi Savana Bukit Teletubbies

Berkuda menjadi salah satu kegiatan yang paling disukai oleh para wisatawan Bukit Teletubbies. Kawan dapat mengelilingi Savana Bukit Teletubbies dengan menunggangi kuda untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Setelah berkeliling, Kawan juga dapat berfoto dengan kuda tersebut dengan latar belakang Bukit Teletubbies yang indah. Sungguh akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

5. Berkemah Di Bukit Teletubbies Bromo

Tak hanya berkuda atau menikmati keindahan alamnya saja, Kawan juga dapat berkemah di sekitar Bukit Teletubbies, lho. Dengan hamparan bukit hijau yang luas, Kawan akan melihat gemerlap bintang di malam hari. Momen berkemah ini akan menjadi liburan yang menyenangkan bersama kerabat atau keluarga.

Rute menuju Bukit Teletubbies Bromo

bukit teletubbies bromo
info gambar

Lokasi Bukit Teletubbies Bromo terletak di Sariwani, Sukapura, Gedong, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Dari pusat Kota Probolinggo, dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 2.5 jam dengan perjalanan sejauh 150 km. Jika dari Kota Malang, Bukit Teletubbies Bromo hanya berjarak 42 km dari pusat kota Malang.

Cara Pembelian Tiket ke Bukit Teletubbies Bromo

Sebelum mengunjungi Bukit Teletubbies Bromo, Kawan harus melakukan booking terlebih dahulu di situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan menyiapkan nominal Rp5.000 per satu pengunjung. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org, lalu pilih “Booking Sekarang. Kawan akan diarahkan menuju kolom peraturan, larangan, dan persyaratan kunjungan. Jika setuju, Kawan bisa mengisi checklist yang ada.
  2. Klik “Daftar”, lalu pilih tanggal dan bulan kunjungan.
  3. Pilih “Site” untuk memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi, pilih Bukit Teletubbies Bromo/
  4. Selanjutnya, pengunjung akan melihat kuota harian yang ada di tanggal pilihan.
  5. Setelah itu, Kawan akan diarahkan menuju “Form Booking” untuk mengisi waktu kedatangan, jumlah orang, jumlah kendaraan, hingga identitas ketua kelompok.
  6. Setelah selesai, Kawan akan melihat nominal yang akan dibayarkan, lalu klik “kirim”.
  7. Ketua kelompok akan mendapat nomor virtual account (VA) untuk pembayaran. Nomor ini dapat Kawan cek di email pendaftaran.
  8. Jika sudah membayar, Kawan akan menerima bukti pembayaran via email. Simpan bukti tersebut sebagai tanda bahwa Kawan telah membayarnya. Bukti ini akan diperlihatkan kepada petugas di lapangan.

Nah, itu dia daya tarik Bukit Teletubbies, lengkap dengan rute, dan cara pembelian tiketnya yang cukup mudah. Tertarik untuk mengunjunginya?

sumber: surabaya.kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini